Contoh Spam di Facebook yang Perlu Anda Ketahui

  • Whatsapp
Contoh Spam di Facebook

Stupid Pointless Annoying Message atau SPAM adalah bentuk pesan di berbagai platform media sosial yang mengganggu pemilik akun. Ada banyak contoh spam di Facebook yang tampil di platform sosial media tersebut, baik yang berasal dari blogger maupun para pemilik bisnis online.

Selain dapat di laporkan oleh pemilik akun, Facebook juga mempunyai sistem keamanan otomatis yang dapat menghentikan tindakan spam. Sehingga, beberapa pesan yang terindikasi sebagai spam akan terhapus atau hilang secara otomatis. Mari simak beberapa contoh spam di Facebook bawah ini!

Bacaan Lainnya

Contoh Spam di Facebook

Melihat Spam di Facebook

Berikut ini ada beberapa contoh spam yang berasal dari blogger, pemilik bisnis online, dan lainnya:

1. Pesan Berisikan Link Artikel atau Produk dalam Jumlah Banyak dalam Satu Waktu

Akibat ingin mencapai traffic yang tinggi, biasanya para blogger membagikan link artikel melalui platform facebook. Begitu juga dengan para pemilik bisnis online, mereka cenderung membagikan link produk terbaru atau promo di Facebook. Mungkin akun Anda akan mendapatkan notifikasi beruntun, komentar postingan, atau beranda Anda penuh dengan postingan link artikel atau produk.

Pesan yang berisi link artikel atau produk dalam jumlah banyak dalam satu waktu ini tergolong contoh spam di Facebook. Anda bisa untuk melaporkan akun blogger atau pemilik bisnis online bersangkutan, agar pihak Facebook dapat menindaklanjutinya. Bahkan pihaknya bisa beri peringatan akun Facebook.

2. Mendapatkan Tag secara Berlebihan

Saat nama akun Anda di tag pada postingan orang lain, otomatis postingan mereka akan tampil pada beranda Facebook Anda. Jika beranda penuh dengan postingan tersebut, artinya akun Anda telah terkena spam. Karena mereka memberikan tag secara berlebihan terhadap akun Anda yang membuat postingan Anda atau postingan teman Anda yang lain tenggelam.

3. Menerima Komentar Singkat yang Berulang

Umumnya contoh spam di Facebook oleh para pemilik bisnis menawarkan jasa atau produk mereka melalui kolom komentar di postingan Facebook Anda. Jika komentar tersebut hanya satu masih tergolong aman. Tetapi, jika sudah terlalu banyak dan mulai meresahkan, artinya komentar tersebut adalah spam. Terutama komentar dengan kata-kata singkat yang sama secara berulang dalam jumlah banyak.

4. Masuk ke dalam Group yang Tidak Anda Kenal

Biasanya pemilik bisnis online atau para blogger cenderung membuat sebuah group Facebook dan menambahkan sejumlah akun tanpa izin. Jika akun Anda tiba-tiba masuk ke dalam sebuah group yang tidak Anda kenal, sebaiknya segera keluar.

Karena pasti akan sangat tidak nyaman berada dalam group yang tidak Anda inginkan untuk bergabung ke dalamnya. Anda juga bisa melaporkan pemilik group ke pihak Facebook, karena dia sudah termasuk spammer.

5. Page Facebook Penuh Postingan Akun Lain

Bagi Anda yang memiliki Page di Facebook dan menemukan banyak postingan dari akun lain. Terutama dari akun lain yang sama secara berturut-turut. Postingan tersebut pasti akan membuat Anda kesal sebagai pemilik Page.

Biasanya pemilik bisnis online yang cenderung melakukan cara tersebut untuk mempromosikan produk dan mendapatkan pelanggan baru. Meskipun tidak berniat jahat, namun cara tersebut pastinya cukup meresahkan Anda. Silahkan untuk mengeluarkan pemilik akun tersebut dari Page Anda, agar dia tidak bisa memposting apapun pada Page milik Anda.

Baca Juga: Cara agar facebook tidak rawan spam

Baik, seperti itulah beberapa contoh spam di Facebook yang wajib Anda ketahui. Supaya Anda bisa menentukan langkah selanjutnya untuk menindaklanjuti perilaku spam dari pemilik akun Facebook tersebut. Sehingga, Anda akan merasa lebih nyaman dan aman dalam menggunakan media sosial.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − fourteen =