IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 4, 2022

idwarta.com – Seiring perkembangan teknologi, ada sejumlah pekerjaan yang kemungkinan hilang di masa depan. Di beberapa sektor, robot akan menggantikan peran manusia.

BBC pada tahun 2019, mengutip analis Oxford Economics, melaporkan 20 juta pekerjaan manufaktur pada 2030 akan dikerjakan oleh robot. Laporan yang sama menyebutkan, daerah yang berpotensi digantikan robot adalah pekerjaan dengan keterampilan rendah, ekonomi lemah, dan tingkat pengangguran tinggi.

Berikut daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh robot, dikutip dari Computerhope, Jumat (14/10/2022):

Robot telah bekerja pada sebagian besar pekerjaan manufaktur besar. Perakitan mobil juga telah diserahkan pada komputer. Pemrograman robot juga lebih mudah dan tak perlu teknisi dengan keterampilan tinggi.

Munculnya mobil otonom juga berarti akan berpotensi menghilangkan pekerjaan supir bus, taksi, dan truk. Bukan tak mungkin, juga tersedia pada kendaraan berat seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan pertambangan atau konstruksi.

Pekerjaan operator telepon, telemarketer dan resepsionis akan hilang di masa depan. Ini sejalan dengan potensi teknologi voice recognition yang lebih canggih lagi di masa depan, dan menggantikan manusia dengan mesin.

Sejumlah toko sudah menggunakan self-checkout. Jadi pelanggan dapat membayar belanjaannya sendiri. Artinya pekerjaan kasir akan hilang. Manusia mungkin masih dibutuhkan namun untuk bagian pengawasan.

Kemajuan teknologi juga telah masuk ke dunia keuangan. Ini akan membuat orang hanya mengandalkan smartphonenya untuk bertransaksi lagi dan tidak perlu pergi langsung ke bank.

Robot akan menggantikan pekerjaan dari pengepakan, bertugas di ruang penyimpanan dan gudang. Amazon jadi salah satu perusahaan yang telah menerapkannya saat ini.

Saat ini mesin telah menggantikan teknisi farmsi di apotek. Robot bekerja untuk memisahkan dan menangani resep pasien.

Robot membantu pekerjaan dengan mencegah kesalahan saat bekerja. Penggunaanya juga hanya lengan robot, yang artinya hanya membutuhkan ruang kecil untuk bekerja.

Beberapa waktu lalu dlaporkan sejumlah firma hukum telah memperkerjakan pengacara e-discorvery dan robot riset untuk menggantikan paralegal dan staf lain. Robot bekerja untuk menyisir banyak dokumen dan dapat fakta yang relevan yang dibutuhkan.

Analis keuangan juga dilaporkan digantikan oleh komputer, yakni yang telah dirancang menganalisa dan menemukan pola serta tren pada data keuangan.

Teknologi otonom juga mungkin akan mengubah dunia penerbangan. Drone otonom sudah digunakan pada militer AS untuk melakukan pengawasan dan menyerang tanpa bantuan.

Bukan tak mungkin nantinya teknologi itu lebih canggih dan merambah penerbangan. Termasuk menggantikan pilot menerbangkan pesawat kargo.

Saat ini, sejumlah perusahaan menggunakan sistem untuk menggantikan bartender. Termasuk diantaranya layanan Briggo memperkerjakan robot membuat minuman populer bahkan belajar membuat minuman baru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”