IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Kementerian Kominfo memastikan distribusi Set Top Box (STB) di Jabodetabek sudah selesai. Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia.

“Alhamdulillah temen-temen swasta rata-rata sudah selesai distribusi STB untuk keluarga miskin,” kata Geryantika kepada CNBC Indonesia, Senin (3/10/2022).

Ditemui beberapa waktu lalu, dilaporkan pemberian STB untuk masyarakat miskin berjumlah 63,4% dari 479.307 unit. Sementara itu saat ditanya soal kendala distribusi, Gery hanya menjawab Jabodetabek telah siap melaksanakan Analog Switch Off (ASO).

“Sesuai kriteria ASO seharusnya Jabodetabek sudah siap ASO,” ujarnya.

Kriteria kesiapan ASO yang dimaksud adalah adanya siaran televisi analog di wilayah yang akan dihentikan siaranya. Selain itu juga termasuk dengan siaran TV analog yang siap digantikan dengan siaran TV digital.

Kriteria terakhir yang harus dipenuhi adalah bantuan STB untuk rumah tangga miskin di daerah tersebut sudah didistribusikan.

Wilayah Jabodetabek dijadwalkan akan mematikan seluruh tayangan televisi analog pada 5 Oktober 2022 mendatang pukul 24:00 WIB. Ada 14 wilayah yang terdampak ASO di wilayah tersebut nanti, yaitu:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”