IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Bloomberg dan Forbes mendapuk CEO Tesla Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia saat ini. Dari mana asal hartanya yang menyentuh US$240 miliar itu?

Ternyata rahasianya adalah kepemilikannya pada perusahaan mobil listrik Tesla. “Saya memiliki [saham perusahaan] sebesar 20% yang menjadi sangat berharga,” ujarnya beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari CBS News, Senin (3/10/2022).

Harga saham Tesla memang meningkat signifikan. Dalam lima tahun terakhir harga saham TEsla telah naik lebih dari 1.100% karena investor menilai Tesla memiliki masa depan yang baik. Pendapatan Tesla juga meningkat dari US$12 miliar pada 2017 menjadi US$54 miliar pada 2021.

Elon Musk juga diketahui memiliki saham perusahaan pembuat roket luar angkasa SpaceX dan Boring Company, perusahaan infrastruktur transportasi super cepat.

“Saya membangun kedua perusahaan ini dan sangat sulit sekali membangun keduanya,” terang Elon Musk. “Saya juga tidak menjual saham perusahaan itu.”

Menurut Bloomberg Billionaire Index, harga kekayaan Elon Musk sempat menyentuh US$340 miliar. Itu terjadi pada November 2021. Saat itu harga saham Tesla mencapai tertinggi sepanjang masa menyentuh US$41,5 per saham.

Berikut sumber pundi-pundi kekayaan Elon Musk:

Saat ini Elon Musk memiliki 14,9% saham Tesla. Ia banyak menjual sahamnya pada 2022 terutama karena untuk tagihan pajak atas opsi saham yang berakhir pada Agustus 2022 dan mengakuisisi saham Twitter, meski saat ini dia berniat mundur dari proses akuisisi tersebut.

Di Tesla, Elon Musk tidak mendapatkan gaji, namun ia mendapat opsi pembayaran saham jika mencapai target kinerja tertentu perusahaan. Forbes menghitung opsi pembayaran saham Elon Musk bernilai US$176 miliar.

Menurut Bloomberg, SpaceX berkontribusi pada kekayaan Elon Musk. SpaceX memiliki valuasi US$125 miliar pada Juni 2022, Elon Musk dikabarkan memiliki 44% saham perusahaan.

Boring Company memberikan Elon Musk kekayaan senilai US$3,3 miliar. Elon Musk juga memiliki kekayaan US$3 miliar dari Twitter setelah menguasai 9% saham media sosial ini. Elon Musk juga dilaporkan memiliki uang tunai mencapai US$17 miliar yang disiapkan untuk mencaplok Twitter yang kemudian dibatalkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”