IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Gaun ‘cat semprot’ yang dipakai Bella Hadid di show Coperni Paris Fashion Week 2022 sukses menghebohkan dunia fashion.

Dari material yang tak disangka-sangka, berhasil menjadi gaun off shoulder yang membalut tubuh penggunanya dengan begitu indah.

Tak hanya pengunjung Paris Fashion Week saja yang terpukau namun juga seluruh dunia dengan beredarnya video tersebut di media sosial.

Beberapa menyebut jika busana itu tak hanya keindahan fashion semata namun juga kecanggihan teknologi di dunia mode sekarang.

Mahakarya itu adalah buah kerja keras Manel Torres selama bertahun-tahun sampai akhirnya menciptakan bahan bernama Fabrican itu di tahun 2003.

Teknologi tersebut merupakan serat cair yang digabungkan dengan polimer, biopolimer, dan bahan pelarut lebih ramah lingkungan yang yang langsung mengering saat terkena permukaan apa pun.

Cara kerjanya ini membuat bahan tersebut mampu menciptakan lapisan kain non-anyaman, kini disebut kain Spray-on.

Torres yang belajar soal fashion design mengawali idenya dari jaring laba-laba lalu berusaha mengembangkannya dengan melanjutkan studinya di Imperial College London, yang memang terkenal dengan inovasinya.

Setelah sukses menemukan material yang tepat, ia kemudian mendirikan Fabrican Ltd dan mengeksplorasi teknologinya untuk pakaian, perawatan kesehatan, otomotif, pengemasan, dan produk bangunan.

Kain Spray-on tersebut juga dapat diaplikasikan menggunakan teknologi aerosol, penyemprot industri, robot, dan pencetakan 3D.

“Bisa digunakan untuk membuat pakaian inovatif yang bisa dicuci, dipakai kembali bahkan terintegrasi dengan alat diagnostik yang bisa memantau kesehatan pemakainya,” demikian keterangan resmi dari Coperni, brand Perancis yang akhirnya menampilkan bahan ini di panggung mode dunia.

“Tekstur kain dapat diubah sesuai dengan serat (sintetis dan alami, seperti katun, linen, poliester atau nilon serta daur ulang) dan bahan pengikat yang digunakan, serta cara penyemprotannya,” tambah rilis resmi tersebut.

Untuk Paris Fashion Week 2022ini, Manel Torres bekerja sama dengan desainer fashion Arnaud Vaillant dan Sébastien Meyer guna mewujudkan visinya.

Alhasil, jadilah gaun putih Bella Hadid yang dianggap sebagai masa depan dunia fashion.

Wanita berusia 25 tahun ini disebut menjadi satu-satunya model yang dipertimbangkan untuk bekerja sama dalam proyek ini.

Kemolekan tubuhnya bukan alasannya melainkan karena adik Gigi Hadid ini dikenal dengan ketertarikan yang tinggi pada teknologi, bukan hanya fashion.

Terbukti, ia baru saja merilis NFT bertajuk CY-B3LLA untuk bergabung dengan metaverse.

“Dia menyukai percakapan semacam ini [dengan desainer dan teknologi,]” kata Vaillant.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”