IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 4, 2023

idwarta.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan tujuh rekomendasi hasil audit Stadion Kanjuruhan yang dilakukan Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan.

Basuki menyebut dari tujuh rekomendasi tersebut, tiga di antaranya berhubungan langsung dengan kejadian kecelakaan yang terjadi. Rekomendasi itu nantinya akan menjadi pegangan untuk merevitalisasi stadion tersebut.

“Tujuh rekomendasi itu yang akan kita gunakan untuk kriteria terkait juga dari bapak Presiden untuk merehab dan merenovasi total Stadion Kanjuruhan ini,” kata Basuki dalam keterangan resmi, Jumat (14/10/2022).

Adapun tujuh rekomendasi tersebut meliputi tangga tribun yang tidak menuju langsung ke tempat duduk penonton, pintu stadion yang tidak ada jarak dengan anak tangga, hingga tidak tersedianya pintu darurat.

“Yang ada hanya pintu service yang tidak bisa diakses oleh penonton di tribun,” ujarnya.

Sementara itu, empat rekomendasi lainnya terkait dengan penerangan, kamar kecil, perimeter bangunan utama stadion dengan area parkir dan pagar pembatas. Basuki menegaskan, Kementerian PUPR akan kembali mendesain ulang revitalisasi stadion tersebut.

“Sehingga lebih bermanfaat dan terhindar dari musibah serupa,” ujarnya.

Basuki berharap proses pengerjaan redesain Stadion Kanjuruhan dapat diselesaikan antara 3 hingga 4 bulan dan dapat dimulai konstruksinya pada tahun 2023. Selain itu, juga akan dibangun monumen untuk mengenang para korban tragedi Kanjuruhan

Evaluasi teknis untuk Stadion Kanjuruhan dilakukan oleh Komite Keandalan Bangunan Gedung (KKBG) yang terdiri dari para pakar/ahli struktur bangunan, arsitektur, mechanical, electrical, plumbing (MEP), dan ahli mitigasi risiko kebakaran, serta unsur pemerintah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”