IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Cara Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya – Ponsel menjadi salah satu perangkat penting yang digunakan untuk mendukung semua aktivitas semua orang mulai dari berkomunikasi, kegiatan transaksi jual beli, hingga melakukan pembayaran secara online melalui mobile banking atau e – wallet.

Dengan ukurannya yang kecil seringkali Anda tentu pernah lupa atau bahkan kehilangan ponsel tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini tersedia fitur temukan perangkat saya yang bisa melacak hp yang hilang.

Perlu diketahui bahwa dengan adanya fitur atau mode temukan perangkat bisa membantu untuk menemukan lokasi ponsel saat kelupaan dalam meletakkan atau bahkan ponsel yang telah dicuri.

Selain itu Anda bisa melakukan berbagai cara dengan adanya metode tersebut yang bisa dilakukan pada semua jenis perangkat seperti, ponsel Android atau iOS, dimana telah tersedia fitur tersebut, Nah untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasannya berikut ini! 

Beberapa Cara Mudah Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya

Agar Anda tidak panik saat mengalami kehilangan ponsel, yuk simak penjelasan langkah – langkah berikut dalam melakukan pelacakan dengan mudah!

1. Menemukan Perangkat dengan IMEI

Opsi pertama untuk menemukan perangkat yang hilang bisa melalui IMEI (International Mobile Equipment Identity) dimana merupakan nomor seri identitas dari tiap ponsel yang telah diproduksi secara legal dan terdiri dari 15 digit yang berbeda untuk setiap ponselnya. Namun Anda perlu menggunakan bantuan dari aplikasi ketiga yaitu IMEI Tracker – Find My Device untuk perangkat yang hilang.

Baca juga : Aplikasi Pelacak Hp dengan imei

Dalam proses pencarian Setidaknya Anda harus tahu atau mencatat nomor IMEI dari perangkat tersebut dengan masuk ke dalam menu About Device dan cek nomor IMEI yang tertera, atau bisa melalui menu panggilan *#06#.

2. Menggunakan Fitur Find My Mobile untuk Pengguna Samsung

Bagi Anda pengguna samsung jika mengalami kehilang perangkat maka bisa menggunakan aplikasi bawaan dari ponsel, yang bernama Find My Mobile. Untuk menggunakannya pastikan Anda sudah terhubung dengan internet lalu masuk ke akun samsung, berikut langkah – langkahnya.

  • Tahap pertama Anda bisa membuka browser di ponsel lainnya dengan link berikut https://findmymobile.samsung.com/
  • Setelah itu login ke akun samsung milik Anda yang telah terhubung dengan ponsel nantinya lokasi perangkat akan muncul beberapa menit kemudian.

3. Cara Menemukan Perangkat Saya dengan Nomor HP

Selain itu Anda juga bisa menggunakan fitur temukan perangkat saya dengan menggunakan nomor HP, berikut langkah – langkahnya.

Baca Juga : Aplikasi Pelacak Hp dengan Nomor Telepon

  • Tahap pertama jangan lupa buka browser pada perangkat   lainnya dan masuk pada link https://www.find-my-phone.org
  • Kemudian isikan nomor ponsel Anda yang hilang tersebut dan lakukan pembayaran sebesar 0,99 USD dengan kartu debit online atau kartu kredit.
  • Setelah itu masukkan nomor ponsel lainnya agar bisa mendapatkan pesan dari keberadaan lokasi ponsel yang hilang.

Baca juga : 3 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor HP

4. Cara Menemukan Perangkat Saya dengan iOS   

Bagi Anda para pengguna iOS yang ingin menemukan perangkat yang hilang bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Langkah pertama buka browser di perangkat iPhone  lainnya dan masuk ke link https://www.icloud.com/find lalu silahkan isi AppleID beserta password Anda.
  • Setelah itu situs tersebut akan mendeteksi lokasi perangkat iOS Anda yang hilang, selain itu Anda juga melapor dengan memilih menu Mark As Lost. Karena opsi tersebut akan otomatis mengunci ponsel Anda namun tetap akan tersambung pada aplikasi Find My milik Apple.

Nah itulah beberapa cara penggunaan fitur temukan perangkat saya yang bisa melacak perangkat yang hilang, semoga bermanfaat.