Inilah 6 Fungsi Oli Mesin Pada Kendaraan Bermotor

  • Whatsapp
Peran Penting Fungsi Oli Mesin Kendaraan Bermotor

Sebagian pemilik kendaraan bermotor ada yang belum mengerti tentang fungsi oli mesin. Padahal iklan oli merek ternama sekalipun sudah bertebaran di berbagai media. Ada oli mesin khusus sepeda motor maupun mobil.

Lantas, apa sih fungsi oli mesin untuk kendaraan bermotor? Di bawah ini akan di jelaskan secara lengkap dan mudah di pahami. Agar anda sebagai pemilik kendaraan mengerti akan fungsi oli yang sangat penting bagi mesin.

Bacaan Lainnya

Fungsi Oli Mesin Yang Perlu Anda Tahu

Sebelum membahas ke topik utama, mari kenalan dahulu apa itu oli mesin? minyak pelumas mesin atau yang kerap di kenal dengan oli mesin merupakan sebuah zat yang berfungsi untuk melumasi mesin.

Selain itu macam atau jenis oli mesin ada dua, tergantung kebutuhan. Namun yang paling umum di gunakan untuk mengawetkan usia pakai mesin kendaraan itu sendiri. Di antaranya ialah jenis oli mineral dan oli sintetis (Sintetik).

Adapun fungsi oli mesin kendaraan sebagai berikut :

1. Mampu Mengurangi Gesekan

Seperti yang telah di ketahui fungsi oli mesin mampu mengurangi gesekan berlebih pada setiap komponen mesin. Sehingga gesekan antar komponen di dalam mesin bisa lebih aman, dan tidak mudah aus atau rusak.

Apabila pelumasan mesin bekerja dengan baik, maka performa mesin akan semakin optimal. Dan berlaku sebaliknya.

2. Sebagai Pendingin Suhu Mesin

Dengan adanya gesekan antar komponen mesin yang saling bekerja tentu akan berdampak cepat panas. Kehadiran oli mampu menurunkan panas berlebih pada mesin kendaraan. Lalu, bagaimana cara kerja oli sebagai pendingin mesin?

Adapun oli akan bersirkulasi melalui setiap bagian, serta menyerap panas yang di keluarkan oleh mesin itu sendiri. Bukan hanya dari gesekan antar komponen, ternyata panas juga bisa di hasilkan dari ruang pembakaran. Hal ini terjadi saat sistem kerja mesin mulai beroperasi.

Maka dari itu untuk meminimalisir panas yang berlebih, oli mesin hadir sebagai pendingin yang tepat selain radiator.

3. Mampu Mencegah Terjadinya Karat

Mesin kendaraan bisa berkarat atau korosi, ketika gesekan sering terjadi dan fungsi oli mesin tidak sempurna. Biasanya karat muncul di sebabkan oleh permukaan komponen dari logam yang terkena udara dan air.

Untuk itu peran penting fungsi oli mesin kendaraan bermotor bisa menjaga permukaan komponen yang terbuat dari logam, terhindar karat maupun korosi.

4. Sebagai Peredam

Di bagian komponen mesin yang punya gaya tekan cukup besar akan timbul suara. Seperti pada ball bearing, roda bearing dan roda gigi. Dengan begitu tentu tekanan yang di terima oleh komponen akan membuatnya lebih cepat aus dan rusak.

Maka hadirnya oli dapat menyerap getaran secara otomatis dan di sebar secara merata. Sehingga kondisi 3 komponen tadi menjadi lebih awet dan tetap prima saat bekerja.

5. Fungsi Oli Mesin Kendaraan Bisa Sebagai Perapat

Pasti anda bingung dari maksud fungsi oli mesin sebagai perapat. Penjelasannya adalah antara silinder dan piston perlu sifat kedap udara agar tenaga yang di hasilkan dari kompresi tidak mudah bocor.

Untuk itu oli sebagai perapat atau penyekat mampu mencegah kehilangan tenaga, meski sudah ada ring piston.

6. Oli Bisa Jadi Pembersih

Fungsi oli mesin juga bisa untuk pembersih saat melumasi berbagai komponen mesin. Adapun sirkulasi yang di hasilkan bisa membersihkan saluran agar tidak tersumbat oleh butiran logam maupun kotoran.

Dengan begitu nantinya tidak akan ada kotoran yang mengendap di dalam mesin kendaraan bermotor.

Kesimpulan

Itulah 6 fungsi oli mesin kendaraan bermotor yang perlu anda ketahui. Pastikan anda selalu ganti oli mesin secara berkala di bengkel resmi atau terdekat rumah. Agar pelumasan mesin selalu terjaga dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *