IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 4, 2022

idwarta.com – Tercatat, PDB ekonomi maritim pada tahun 2020 sebesar Rp1.212 triliun atau 11,31% dari PDB nasional. Angka itu turun dibandingkan tahun 2019 yang sebesar Rp1.231 triliun.

Meski turun, tutur Luhut, kontribusi ekonomi maritim pada tahun 2020 terhadap perekonomian Indonesia meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Dia bilang, kondisi ini membuktikan ekonomi maritim tetap tahan banting dengan kondisi krisis manapun.

“Meskipun nilainya turun, namun kontribusi yang mengalami peningkatan dari 11,25% 2019, menjadi 11,3% di tahun 2020, ini mengindikasi kemaritiman cukup kiat menghadapi krisis global seperti covid,” ucap dia.

Kendati begitu, Luhut menilai, angka tersebut belum sepenuhnya menggambarkan ekonomi maritim Indonesia. Menurut dia, potensi ekonomi Indonesia sangat besar.

Maka dari itu, Luhut tengah mengkaji kontribusi ekonomi maritim berbasi konsep baru dan mengadopsi konsep ocean account.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa mengetahui besaran PDB maritim berdasarkan pemahaman ini, PDB maritim kita perlukan sebagai media, selain yang akan kita pantau perkembangan setiap tahun,” katanya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”