IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 3, 2023

idwarta.com – unung Bismo adalah salah satu atap Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah dengan ketinggian 2.365 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Salah satu jalur pendakiannya yang dekat dengan Dieng adalah via Sikunang. Dikutip dari , Minggu (31/7/2022), waktu tempuh dari basecamp sampai puncak hanya 1 jam jalan kaki.

Itu karena sudah ada jasa ojek yang bisa mengantar pendaki sampai Pos 2, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

Namun, tentu saja pendaki harus memperhatikan buka-tutup jalur pendakian via Sikunang ini jika hendak mendaki Gunung Bismo.

Sebagai info, Basecamp Sikunang berada di Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jaraknya hanya sekitar 3,8 kilometer (km) dari Dieng.

Bismo via Sikunang tutup 24 Oktober 2022

Meski menyuguhkan jalur pendakian yang paling singkat ke puncak, nyatanya calon pendaki yang berencana naik via jalur Sikunang dalam waktu dekat harus bersabar.

Itu karena pendakian Gunung Bismo via Sikunang tutup sementara mulai Hari Senin (24/10/2022).

Info tersebut tercantum di akun Instagram resmi @gunungbismoviasikunang pada Rabu (20/10/2022).

Penutupan pun dilakukan tidak hanya satu atau dua hari saja, melainkan lebih dari satu minggu.

Pendakian baru akan dibuka pada Jumat (4/11/2022). Itu berarti penutupan dilakukan selama 11 hari.

Penutupan jalur pendakian juga dikonfirmasi salah satu pengelola Basecamp Bismo via Sikunang bernama Ibnu.

“Karena ada acara Pemilihan Kepala Desa dan pengajian akbar. Jadi otomatis acara tersebut mengganggu aktivitas di basecamp,” kata Ibnu kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Ia melanjutkan, untuk sementara pendaki bisa lewat jalur lain karena yang dipastikan tutup sementara hanya via Sikunang dan Ngandam.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”