IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 4, 2023

idwarta.com – Sekelompok mahasiswa Bicol University College of Engineering di Filipina menuai perhatian karena kreativitas mereka dalam menciptakan helm anti nyontek.

Saat menjalani ujian tengah semester beberapa waktu lalu, mereka diminta untuk mengenakan penutup kepala agar tidak mengintip kertas ujian rekannya.

Mary Joy Mandane-Ortiz, seorang profesor teknik mesin di kampus tersebut mengatakan memberikan syarat tersebut untuk mengajari mahasiswanya soal integritas dan kejujuran.

Ia mengatakan permintaan awalnya yakni membuat desain “sederhana” dari kertas.

Tak disangka, para anak muda itu merespon dengan berbagai peralatan buatan sendiri yang terbuat dari kardus, kotak telur, jemuran baju dan berbagai bahan bekas lainnya.

Ada juga yang mengenakan taplak meja, tas raket, topeng Halloween hingga helm sungguhan untuk membatasi pandangannya.

Potret suasana ujian yang semarak itu kemudian menyebar ke media sosial dan menjadi viral dalam sekejap.

Profesor Mandane-Ortiz mengatakan helm anti menyontek itu sebenarnya terinspirasi ide serupa di Thailand pada 2013 lalu.

Saat itu, para mahasiswa di Bangkok menjalani ujian dengan mengenakan ‘penutup telinga’, yang juga bertujuan menghindari tindakan menyontek.

Namun kali ini, para mahasiswa teknik di Kota Legazpi, Filipina itu diminta berinovasi lebih.

Pasalnya mereka harus membuat tutup kepala dalam waktu lima menit saja, dengan sampah apa pun yang ditemukan di sekitar kampus.

Atas berbagai kreasi helm anti menyontek ini, Prof Mandane-Ortiz memuji ide kreatif para mahasiswanya itu.

Ia juga mengatakan jika banyak di antara mereka berhasil menyelesaikan tes lebih awal dan tidak ada yang ketahuan menyontek tahun ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”