Juli 4, 2020

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

IDWARTA.com- Membuka bisnis rumahan merupakan suatu kegiatan yang dapat menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan rumah sendiri sebagai tempat untuk penjualan. Dengan melibatkan orang-orang yang berada pada tempat tersebut sebagai pelaku bisnis rumahan. Meskipun berada di daerah pedesaan tidak menghalangi kalian untuk membuka bisnis rumahan.

Bisnis rumahan menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi masyarakat di desa. Bisnis yang paling banyak dilakukan di desa yaitu bisnis yang berbasis agrikultur. Bisnis agrikultur merupakan suatu proses yang dapat menghasilkan makanan, panganan, serat dan hasil lainnya didalam sektor pertanian yang dibutuhkan oleh manusia.

Jika ingin membuka bisnis rumahan harus terlebih dahulu memperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Karena jika salah memilih jenis bisnis rumahan maka dapat menyebabkan bisnis kalian bangkrut sehingga tidak memberikan keuntungan.

Dibawah ini ada beberapa ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang menguntungkan apa saja, yuk kita simak sebagai berikut.

1. Bisnis kuliner

ide bisnis rumahan modal kecil penjual gorengan

Bisnis rumahan yang pertama yaitu bisnis di bidang kuliner. Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling laku saat ini. Bisa dibilang bisnis kuliner ini tidak pernah surut bahkan terus berkembang.

Jika kalian memiliki keahlian dalam hal memasak, kalian bisa mencoba membuka bisnis kuliner di desa atau buka warung didepan rumah. Karena dengan modal sedikit bisnis kuliner ini sangat menguntungkan apalagi jika berjualan di tempat yang strategis misalnya seperti di pinggir jalan, komplek karyawan, dekat dengan perkantoran dan lain sebagainya.

Jika ingin bisnis kuliner kalian berhasil berikan cita rasa masakan yang terjamin dan berikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Apabila konsumen merasa puas dengan pelayanan, kemungkinan besar akan kembali lagi ke warung kalian dan menjadi pelanggan.

2. Toko kelontong

Biasanya di desa jika ingin membeli bahan-bahan pokok seperti keperluan sehari-hari atau sembako tempatnya lumayan jauh dari pemukiman penduduk. Dengan membuka bisnis kelontongan atau sembako di desa akan membantu mereka untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah.

Disamping itu, setiap orang pasti akan membutuhkan berbagai macam kebutuhan pokok sehingga bisa dibilang ini akan menjadi peluang bagi kalian yang ingin membuka usaha.

Berikan pelayanan terbaik kepada mereka yang membeli ditoko anda seperti murah senyum, sikap ramah dan lain sebagainya. Jika mereka merasa puas dan senang dengan pelayanan anda, kemungkinan besar mereka akan belanja kembali ke toko anda.

3. Menjual Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang banyak digemari semua kalangan harganya pun juga murah. Kalian bisa mencoba membuka bisnis rumahan dengan berjualan gorengan. Apalagi jika berjualan di sekolah atau di pinggir jalan bisnis ini bisa untuk menambah penghasilan kalian sehari-hari.

4. Budidaya sayuran

Ide bisnis rumahan selanjutnya yaitu budidaya sayuran. Sebagian besar yang bertempat tinggal didesa pasti memiliki lahan yang luas. Tanah di desa cenderung lebih subur sehingga sangat cocok untuk bercocok tanam. Kalian bisa memanfaatkan lahan disekitar rumah kalian untuk budidaya sayuran.

Budidaya sayuran yang bisa kalian coba misalnya seperti sayuran bayam dan kangkung. Jika sudah panen, kalian bisa menitipkan hasil panen pada pedagang sayuran yang keliling atau kalian bisa menjualnya dipasar dekat rumah.

5. Bibit tanaman buah

Jika kalian tinggal di pedesaan, kalian bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang luas dengan membuka usaha bibit tanaman buah. Karena sebagian besar orang-orang yang hidup di pedesaan biasanya mencari bibit-bibit tanaman untuk ditanam di pekarangan rumah.

Dengan merawat bibit tanaman buah, juga bisa kalian jual atau dipasarkan keluar daerah agar mendapatkan hasil yang lebih besar. Ini menjadi peluang bisnis kalian untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Bisnis peternakan ayam potong

ide bisnis rumahan modal kecil peternakan ayam potong

Ide bisnis rumahan selanjutnya yaitu bisnis peternakan ayam potong. Adanya lahan luas di pedesaan sehingga sangat cocok untuk usaha peternakan. Di desa sudah banyak sekali peternak ayam potong dengan skala yang besar.

Jika kalian hidup di pedesaan dan ingin membuka usaha peternakan ayam potong kandang ayamnya harus berada jauh dari kawasan penduduk. Sehingga bau dari kotoran ayam tidak tercium oleh tetangga.

Selain itu, keuntungan yang didapat dari bisnis peternakan ayam potong ini lumayan besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin membuka usaha peternakan ayam potong.

7. Budidaya jamur tiram

Jika kalian pandai mengelola budidaya jamur tiram, ini bisa mendapatkan omset yang lumayan besar. Apalagi bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah ditemui di desa misalnya seperti dedek atau kapur dan serbuk kayu. Sehingga modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak tetapi hasilnya lumayan menguntungkan.

Jika kalian belum berpengalaman didalam budidaya jamur tiram, terlebih dahulu kalian belajar tentang bagaimana cara budidaya jamur tiram yang benar agar supaya usaha kalian berhasil dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk hasilnya kalian bisa menjualnya ke pasar atau menjualnya langsung kepada penampung jamur tiram.

8. Budidaya ikan tawar

Lahan luas di desa bisa kalian manfaatkan sebagai peluang usaha termasuk salah satunya budidaya ikan tawar. Contoh-contoh ikan yang bisa kalian budidayakan misalnya ikan hias seperti ikan emas, ikan koki, ikan lohan. Ikan untuk lauk pauk seperti gurami, lele, nila, patin, ikan gabus, mujaer dan lain sebagainya.

Jika kalian ragu jenis ikan apa yang akan di budidayakan kalian bisa melakukan survey terlebih dahulu ke penampung atau restoran sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jika kalian belum berpengalaman tentang budidaya ikan tawar, kalian bisa mencari dan belajar dari berbagai sumber informasi mengenai cara budidaya ikan yang baik dan benar agar usaha kalian berhasil dan mendapatkan untung yang besar.

9. Peternakan ayam petelur

Selain peternakan ayam potong, kalian bisa mencoba dengan peternakan ayam petelur. Dengan adanya pekarangan luas di desa yang kalian miliki, kalian bisa membuat kandang untuk ternak ayam petelur.

Kebutuhan telur semakin hari semakin meningkat. Kalian bisa menjual hasil panen kepada penampung atau langsung dijual dipasar. Bahkan kalian bisa memasarkannya diluar daerah.

Jika kalian belum berpengalaman dalam hal budidaya ayam petelur, kalian bisa mencari informasi dan belajar bagaimana cara budidaya ayam petelur dengan benar agar usaha kalian berhasil dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

10. Peternakan ayam kampung

Selain beternak ayam potong dan ayam petelur kalian bisa mencoba usaha peternakan ayam kampung. Peluang jenis usaha ini sangat besar karena kebutuhan daging ayam setiap hari terus meningkat.

Misalnya seperti untuk memenuhi kebutuhan restoran atau rumah makan, untuk kebutuhan ibu rumah tangga dan bisa di ekspor juga lho. Jika dibandingkan ayam potong dengan ayam kampung kandungan gizinya lebih banyak ayam kampung.

Dengan memanfaatkan lahan yang ada kalian bisa mencoba usaha peternakan ayam kampung, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal kalian bisa mempelajari bagaimana cara beternak ayam kampung dengan baik dan benar.

11. Bisnis perkebunan

Ide bisnis rumahan selanjutnya yaitu bisnis perkebunan. Dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah kalian bisa mencoba membudidayakan berbagai macam jenis tanaman. Tetapi yang memiliki minat tinggi di pasaran. Misalnya seperti perkebunan cabai.

Jika kalian mempunyai hobi bercocok tanam, kalian bisa mencoba budidaya tanaman cabai. Karena usaha ini memiliki potensi besar di pasaran.

Apabila belum berpengalaman tentang budidaya cabai, bisa terlebih dahulu bertanya kepada ahlinya tentang kapan waktu yang tepat untuk panen cabai. Terkadang dipasaran harga cabai juga tidak stabil kadang cenderung naik kadang juga turun.

12. Usaha potong rambut

ide bisnis rumahan modal kecil usaha potong rambut

Usaha potong rambut merupakan jenis usaha yang bergerak dibidang jasa. Jika kalian memiliki keahlian memotong rambut, kalian bisa mencoba bisnis yang satu ini. Karena usaha potong rambut  lumayan menguntungkan, pasalnya semua orang tentu ingin mempunyai rambut yang rapi. Jadi usaha potong rambut ini selalu dibutuhkan oleh semua orang.

13. Bisnis pulsa

Sekarang ini semua orang pasti memiliki handphone mulai dari anak muda hingga orang tua. Sehingga tentu semua membutuhkan pulsa dan kuota untuk internetan.

Jadi, untuk kalian yang ingin membuka usaha, bisnis pulsa ini menjadi peluang usaha yang baik. Kalian bisa memulai dengan modal yang kecil. Apabila bisnis sudah mulai laris kalian bisa meningkatkan skala menjadi lebih besar.

14. Bisnis olshop ( online shop )

Ide bisnis rumahan yang terakhir yaitu bisnis olshop ( online shop ). Semakin canggihnya teknologi zaman sekarang ini, handphone bisa digunakan sebagai alat untuk penjualan melalui online shop.

Dengan online shop kita bisa memasarkan produk hingga seluruh dunia. Apalagi dengan adanya jasa pengiriman barang sehingga akan memudahkan mereka yang ingin belanja melalui online.

Kalian bisa membuka toko online shop di desa dengan menjual produk-produk seperti fashion, hasil pertanian dan lain sebagainya.

Tips Jika Kalian Ingin Membuka Usaha di Desa

 

  • Gunakan bahan baku yang mudah untuk didapatkan
  • Belajar dari orang-orang yang sudah berhasil dari usahanya
  • Lakukan survey terlebih dahulu ke pempung atau penjual di pasar
  • Perhatikan apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan penampung atau restoran

Itulah beberapa ide bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan yang bisa anda coba untuk memulai usaha di rumah. Usaha di barengi dengan doa dan niat yang kuat serta keinginan belajar yang tinggi agar meraih kesuskesan. Semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*