IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Perlu diketahui, jika bayi yang memiliki keterikatan yang baik dengan orang yang akrab dengannya, cenderung akan menangis, rewel, bahkan cenderung pendiam dan takut atau bersembunyi.

Ketakutan terhadap orang asing ini mulai terjadi di usia 4 hingga 5 bulan, dan biasanya perasaan ini lebih kuat saat anak menginjak usia 7 hingga 10 bulan.

Meskipun ini adalah hal lumrah pada perkembangan bayi dan anak kecil, tapi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar anak bisa akrab dengan orang asing, mengutip Raising Children, Selasa (27/9/2022).

1. Jangan mengabaikan ketakutan anak terhadap orang asing. Cara ini hanya akan membuat rasa takut anak jadi lebih parah.

2. Pegang tangan anak atau biarkan mereka duduk di pangkuan saat mereka bertemu orang baru.

3. Jika memungkinkan lebih dulu kenalkan orang asing di rumah. Ini karena rumah adalah tempat anak merasa paling nyaman.

4. Jika anak sangat kesal dan takut pada orang baru, cobalah hibur mereka dengan pendekatan yang lebih berbeda, seperti bermain bersama, atau jauhkan sedikit anak pada orang baru itu sampai merasa tenang, dan bisa dicoba kembali.

5. Bawalah barang yang membuat anak nyaman, seperti mainan atau selimut, saat anak menghabiskan waktu dengan orang baru tersebut.

6. Orangtua harus tetap tenang, dengan acara ini anak akan menangkap isyarat ini, karena anak akan merasa nyaman jika orangtua juga merasa nyaman.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”