Inilah kelebihan bisnis Digital print yang perlu anda ketahui
Berita

Ingin Tahu, Kelebihan dan Kekurangan Digital Print?

IDWARTA.com – Bagi anda yang belum mengerti apa itu Digital Print di dunia percetakan? Diketahui digital printing merupakan suatu inovasi teknik percetakan di era modern, khususnya dunia percetakan instan.

Dimana alat tersebut mampu mencetak berupa gambar dan teks berbasis digital, dan nantinya file itu bisa langsung dicetak secara instan menggunakan beragam media serta dikerjakan dalam waktu lebih ringkas.

Digital print juga bisa membantu keperluan untuk bisnis yang anda jalani, misalnya promosi melalui banner. Menariknya alat percetakan itu sudah menggunakan teknologi yang cukup canggih, sehingga memudahkan anda dalam urusan cetak mencetak, dibandingkan metode percetakan yang tradisional.

Bahkan hasil cetak digital print jauh lebih sempurna serta pengerjaan yang lebih cepat daripada percetakan tradisional. Maka tak heran para pebisnis pemula kini mulai bergeliat di bidang percetakan, yang konon keuntungan menjalankan bisnis digital print begitu menggiurkan.

Cara Kerja Digital Printing Yang Perlu Anda Ketahui

Biasanya pelaku bisnis mikro menginginkan digital printing terdekat untuk keperluan bisnis mereka. Lantas, sudah tahukah anda bagaimana kinerja dari sebuah digital printing?

Di sisi lain anda perlu memahami dulu tiga cara kerja antara Offset Printing, Screen Printing dan Digital Printing. Ketiganya memang sama-sama merupakan cara alternatif terbaik untuk proses percetakan, namun memiliki perbedaan di sistem cara kerja serta proses pembuatannya. Berikut penjelasan singkatnya untuk pemula.

  1. Offset Printing

Di sini anda perlu pertama kali memilih sebuah file gambar yang akan digunakan, selanjutnya pilih CTP atau pilih film dan terakhir barulah mesin baru media bekerja.

  1. Screen Printing

Langkah pertama yang anda perlukan ialah memilih film ataupun kalkir, kemudian berlanjut pada proses screen dan terkahir baru memilih sebuah media.

  1. Digital Printing

Untuk proses digital printing yang pertama anda lakukan hanya memilih file gambar yang diperlukan, selanjutnya tinggal memilih mesin yang disesuaikan serta pilih media yang akan digunakan nantinya.

Perlu anda ketahui dari ketiga metode dengan cara kerja yang beda, hanya digital print yang paling mudah serta cepat dan tentunya menghasilkan maha karya cetakan yang terbaik.

Kelebihan Menggunakan Digital Printing

Di era zaman yang modern ini semua teknologi yang diciptakan tentu tujuannya untuk mempermudah pekerjaan manusia agar lebih efisien. Tak heran barang modern memberikan banyak sekali manfaat, dengan kelebihan masing-masing.

Seperti halnya perangkat canggih yakni digital printing yang punya segudang kelebihan atau keunggulan yang pastinya menarik. Berikut ulasan mengenai kelebihan digital printing yang perlu anda ketahui.

  1. Dalam proses mencetak membutuhkan waktu yang relatif singkat.
  2. Cara kerja digital printing yang diklaim jauh lebih mudah dan praktis.
  3. Hasil cetakan digital print yang jauh lebih sempurna dan tajam hasilnya.
  4. Hanya membutuhkan satu tenaga kerja saja, sehingga lebih hemat biaya gaji karyawan.
  5. Biaya operasional yang relatif hemat.
  6. Cara sistem kerja yang lebih mudah, dan cocok untuk anda pebisnis pemula di dunia percetakan.
  7. Digital printing mampu mencetak dalam jumlah yang sangat banyak, serta tidak mempunyai batas minimal order atau pesanan.

Kelemahan Menggunakan Digital Printing

Selain kelebihan digital printing, ada juga kekurangan perangkat canggih tersebut yang perlu anda ketahui. Berikut informasi singkatnya.

  1. Di sisi kelebihan karena memiliki cara kerja yang lebih mudah dan praktis, serta menghemat waktu pengerjaan. Banyak pelaku bisnis yang mengincar ingin membuka usaha digital print. Maka bukan tidak mungkin persaingan usaha akan semakin signifikan lambat laun.
  2. Jika anda lebih memilih memakai hitungan satuan cost, bukan tidak mungkin produksi cetakan anda jauh lebih banyak dibandingkan percetakan sablon.

Itulah di atas penjelasan mengenai apa saja kelebihan digital print dan kekurangannya. Bagaimana anda tertarik untuk bisnis di bidang percetakan pakai digital print?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *