Bahaya Mie Instan
Kesehatan

Inilah 10 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Yang Perlu Anda Ketahui

IDWARTA.com – Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan. Yang perlu sobat idwarta ketahui. Memang mie instan itu nikmat sekali apalagi varian mie instan goreng maupun rebus. Dan cara memasak mie instan juga relatif mudah dan tata cara memasaknya di balik kemasan. Selain itu praktis penyajiannya dan merupakan makanan yang umum di Indonesia. Apalagi bagi para anak kos, anak nongkrong di angkringan dan lain sebagainya. Namun dibalik makanan cepat saji itu, ada beberapa bahaya bagi kesehatan bila mengkonsumsinya terlalu sering.

Meski mie instan cepat saji dan praktis, ternyata tidak mampu menggantikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di sisi lain bumbu mie instan buatan itu mengandung beberapa bahan kimia bahkan ada pengawetnya. Hal ini yang membuat mie instan cukup bahaya bila dikonsumsi berlebihan.

 

Bahaya Makan Mie Instan Bagi Kesehatan Tubuh

Menyantap makanan mie instan atau cepat saji memang enak saat udara dingin. Terlebih bisa mengenyangkan perut yang lapar sesaat. Berikut di bawah ini 10 bahaya mengkonsumsi mie instan, bagi kesehatan yang perlu sobat idwarta ketahui.

1. Resiko Terkena Kanker

Salah satu bahaya mengkonsumsi mie instan adalah resiko terkena kanker. Hal ini disebabkan sistem pencernaan yang dipaksa untuk mencerna makanan cepat saji yang telah diproses selama berjam-jam. Selain itu kabarnya dapat mengganggu kadar gula darah. Bahkan kandungan bumbu buatan dari bahan kimia beracun serta pengawet makanan.

Bahan BHA dan TBHQ sering digunakan pada makanan dalam kemasan. Hal ini bisa membuat makanan tersebut menjadi lebih awet selama berbulan-bulan. Namun kedua bahan tersebut ternyata memiliki sifat karsinogenik. Sehingga mampu memicu terjadinya kanker.

2. Keracunan Makanan

Mengapa demikian? sebab kandungan MSG dalam mie instan ada beberapa orang tidak tahan. Sehingga mereka yang mengkonsumsi mie instan akan merasakan keracunan. Gejala yang dialami antara lain pusing, sesak nafas dan mual. Namun gejala itu akan hilang sendirinya setelah 3 jam berlalu.

3. Sel Jaringan Otak Bisa Rusak

Perlu sobat idwarta ketahui bila terlalu sering makan mie instan, apalagi dijadikan makanan utama. Hal ini sama saja anda menumpuk zat-zat kimia berbahaya pada tubuh sehat anda. Alhasil mampu merusak sel jaringan otak secara perlahan. Gejala awalnya penurunan tingkat konsentrasi dan daya ingat. Selanjutnya bisa berujung stroke alias kelumpuhan.

4. Berisiko Keguguran Bagi Ibu Hamil

Makan mie instan memang enak, tapi bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan. Karena bahan kimia berbahaya yang terdapat pada mie dan bumbunya. Dapat mempengaruhi perkembangan janin. Resikonya bisa mengalami keguguran. Cukup miris bukan?

5. Ganguan Metabolisme dalam Tubuh

Efek jangka panjang terlalu banyak konsumsi mie instan bila mengganggu metabolisme dalam tubuh sehat anda. Dipicu adanya zat kimia beracun seperti zat pewarna, zat aditif dan pengawet makanan cepat saji tersebut.

6. Kerusakan Beberapa Organ Tubuh

Diketahui kandungan dalam mie instan salah satunya propylene glycol. Bahan tersebut merupakan anti-beku agar mie instan mampu menjaga kelembapan tidak menjadi kering. Zat kimia itu bila dikonsumsi berlebih akan berdampak buruk pada organ tubuh meliputi hati, ginjal, dan jantung. Selain merusak organ tubuh juga menurunkan tingkat sistem kekebalan dalam tubuh anda.

7. Obesitas Alias Kegemukan

Makan mie instan secara terus menerus bisa mengalami obesitas (kegemukan). Disebabkan kandungan lemak dan natrium cukup besar pada mie instan. Alangkah baiknya mengurangi jumlah konsumsi mie instan, misalnya cukup 1 bulan sekali atau seminggu sekali saja.

8. Efek Kandungan MSG Pada Mie Instan

MSG (Monosodium Glutamate) merupakan zat kimia yang mampu meningkatkan rasa mie menjadi lebih enak. Disamping itu bila anda alergi MSG tentu akan mengalami nyeri, panas dibagian dada dan wajah menjadi kemerahan.

9. Kandungan Mie Instan Tinggi Akan Natrium

Perlu anda ketahui mie instan cepat saji memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Sehingga efek yang sering dialami adalah hipertensi, kerusakan ginjal, stroke dan penyakit jantung. Sebaiknya menghindari makan mie instan agar anda lebih sehat.

10. Salah Satu Makanan Junk Food

Mie instan diklaim sebagai salah satu junk food. Yang tidak bernutrisi sebagai pemenuh kebutuhan dalam tubuh. Sebagian besar kandungan mie cepat saji itu ialah karbohidrat tanpa adanya mineral, serat dan vitamin. Selain itu kandungan lemak jenuh dan lemak trans juga banyak. Sehingga dikatakan mie instan padat kalori. Maka berdampak negatif bagi tubuh apabila mengkonsumsinya berlebihan.

Nah, itulah 10 bahaya mengkonsumsi mie instan bagi kesehatan anda.

Cara Mudah Memilih Mie Instan Yang Sehat

Bila sobat idwarta ingin makan semangkuk mie instan. Pilihlah mie yang terbuat dari biji-bijian, sehingga terdapat serat dan bisa mengenyangkan.

Ada cara lain yakni memilih mie instan rendah sodium. Biasanya dijual disupermarket dengan berbagai merek pilihan.

Mengkonsumsi mie instan dengan menambahkan beberapa bahan sehat. Diantaranya sayuran sawi, tomat dan telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *