Cara Hilangkan Penyakit Panu pada Kulit
Kesehatan

Inilah 10 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dan Aman

IDWARTA.com- Penyakit panu atau biasa disebut dengan tinea versicolor merupakan jenis penyakit kulit yang sebagian besar orang pernah mengalaminya. Penyakit panu disebabkan karena tumbuhnya jamur pada kulit, biasanya tumbuh pada area leher, tangan, bahu, punggung dan bidang wajah. Jamur yang menyebabkan tumbuhnya penyakit panu biasa disebut candida albicans.

Selain karena penyebab jamur, panu bisa tumbuh karena kita kurang menjaga kebersihan tubuh. Yang menjadi masalah yaitu jika panu tumbuh di area wajah, karena membuat penampilan manjadi tidak percaya diri. Namun jangan khawatir, cara menghilangkan panu bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Gejala awal penyakit panu yaitu tumbuhnya bercak putih pada bagian kulit, ini berati harus segera langsung diatasi. Karena panu jika dibiarkan dan tidak langsung diobati akan bisa menular dan menjalar ke bagian tubuh lainnya. Tidak hanya itu saja, jika seorang terkena penyakit panu pada waktu berkeringat akan terasa gatal-gatal karena jamur tersebut.

Cara menghilangkan panu bisa menggunakan obat anti jamur yang banyak di pasarkan di apotek terdekat. Namun, jika menggunakan obat-obatan tentunya memiliki resiko karena kandungan bahan-bahan kimia yang terkandung pada obat tersebut dan beresiko terhadap kesehatan kulit.

Ada cara menghilangkan panu yang tidak beresiko yaitu menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya sangat aman untuk kulit. Mari kita simak cara menghilangkan panu dengan cepat dan aman menggunakan bahan-bahan alami dibawah ini.

10 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dan Aman

 

1. Menggunakan Daun Pare

Daun pare memiliki rasa yang pahit sehingga jarang sekali digunakan untuk campuran masakan olahan sayur. Namun, siapa sangka ternyata daun pare bisa digunakan untuk mengobati penyakit panu.

Caranya yaitu tumbuk daun pare sampai halus kemudian campur dengan kapur sirih. Lalu oles-oleskan pada bagian kulit yang terkena panu, untuk hasil maksimal lakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Menggunakan Belerang

Belerang merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit panu.

Caranya yaitu ambil belerang secukupnya kemudian tumbuk sampai halus, lalu tambahkan secukupnya perasan air jeruk nipis dan minyak kelapa murni, campur semua bahan hingga merata. Setelah itu, oles-oleskan pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan sehari dua kali pada waktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu untuk memasak yang wajib tersedia di dapur yang sering kali kita temui di pasar. Namun ternyata selain untuk bumbu memasak, bawang putih juga dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan panu secara alami.

Caranya sangat mudah yaitu siapkan satu siung bawang putih kemudian belah menjadi dua bagian. Pada bagian inilah terdapat getah yang berfungsi untuk menyembuhkan atau menghilangkan penyakit panu. Setelah itu oleskan secara merata pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan satu hari dua kali pada waktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Garam dan Lengkuas

Sejak zaman nenek moyang kita yang terdahulu lengkuas sudah dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan panu. Lengkuas memiliki kandungan senyawa amilum, flavonoid dan kuersetin yang mampu mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan karena bakteri dan jamur.

Caranya yaitu ambil satu lengkuas dan belah menjadi dua bagian. Pada belahan tersebut taburi dengan garam lalu gosok-gosokan pada bagian kulit yang terkena panu sampai berwarna agak kemerahan dan terasa perih. Lakukan pengobatan ini satu hari tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan Jeruk Nipis dan Belerang

Kandungan mineral dan vitamin C yang tinggi yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bakteri maupun jamur terutama pada panu.

Caranya yaitu tumbuk belerang sampai halus kemudian campur dengan perasan air jeruk nipis. Lalu oleskan secara merata pada kulit yang terkena panu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan pengobatan ini secara rutin minimal satu hari dua kali pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

6. Menggunakan Sari Cuka Apel

Sari cuka apel juga sangat berperan penting didalam pengobatan terhadap penyakit panu.

Caranya yaitu campurkan sari cuka apel dengan secangkir teh. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin minimal satu hari dua kali pada waktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Menggunakan Lidah Buaya

Selain untuk kesehatan rambut, lidah buaya ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit panu. Lidah buaya juga berfungsi untuk mencegah iritasi yang terjadi pada kulit yang di akibatkan karena ruam.

Caranya yaitu ambil satu batang lidah buaya kemudian belah menjadi beberapa bagian, yang di butuhkan yaitu gel atau lendirnya. Setelah itu oleskan gel tersebut pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal minimal satu hari dua kali.

8. Menggunakan Getah Daun Jarak

Getah daun jarak juga dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan panu secara alami.

Caranya sangat mudah yaitu ambil daun jarak secukupnya dan gunakan getahnya untuk dioleskan pada bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan secara rutin satu hari dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil sangat efektif digunakan untuk mengatasi segala masalah yang terjadi pada kulit termasuk panu. Tea tree oil bisa di dapatkan di apotek terdekat.

Cara menghilangkan panu menggunakan tea tree oil yaitu cukup oleskan minyak ini pada bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan satu hari satu kali saja secara rutin dalam dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Menggunakan Buah Belimbing

Selain buahnya yang segar, ternyata buah belimbing juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit panu. Kandungan vitamin C yang tinggi yang terdapat pada buah belimbing dapat membunuh bakteri atau jamur penyebab tumbuhnya panu.

Caranya cukup mudah yaitu haluskan terlebih dahulu buah belimbing kemudian campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Setelah itu oleskan secara merata pada bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan pengobatan ini secara rutin minimal satu hari dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan panu akan sembuh total.

Banyak sekali cara menghilangkan panu yang bisa kita lakukan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang sudah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *