Cara Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula
Tips

Inilah 10 Tips Cara Memelihara Ikan Koi Dengan Benar Bagi Pemula

IDWARTA.com – Mempunyai kolam ikan sendiri dirumah memang menjadi hal menyenangkan. Selain untuk hoby, tentu juga dapat dijadikan sebagai hiburan dan obat stres. Tetapi jika anda sebagai pemula, yang pasti harus mengetahui terlebih dahulu tentang cara memelihara ikan koi.

Koi merupakan salah satu ikan hias yang berasal dari Jepang. Memiliki banyak jenis corak dan motif yang indah dan menawan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka pecinta ikan hias.

Namun memelihara ikan koi tidak asal-asalan. Karena jika tidak meliliki ilmu dan pengetahuan yang cukup yang ada malah ikan koi menjadi tidak sehat dan mati.

Pastikan anda sudah mengerti dan memahami tentang bagaimana cara memelihara ikan koi dengan benar dan tepat. Untuk anda sebagai pemula yang ingin mengetahui cara memelihara ikan koi, yuk kita simak penjelasan berikut ini.

10 Tips Cara Memelihara Ikan Koi Dengan Benar Bagi Pemula

Memilih Kolam Ikan Yang Sesuai

Kolam Ikan Koi Yang Sesuai

Cara memelihara ikan koi yang pertama yaitu siapkan terlebih dahulu kolam ikan. Pastikan kedalaman kolam minimal 50 cm. Tetapi lebih baik anda membuat kedalaman 1 meter agar supaya bisa menampung air lebih banyak untuk setiap ikan.

Lebar kolam tidak mempunyai ukuran yang dipatok, asalkan ikan memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. Jadi ikan tersebut dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Gunakan material jenis apapun untuk membuat kolam ikan.

Untuk Mengisi Kolam Gunakan Air Yang Bersih

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan kedalam kolam.

Pertama rendam kolam terlebih dahulu dengan air selama beberapa hari sebelum ikan dimasukkan. Ingat, jangan memasukkan air bersamaan dengan ikan. Hal ini dilakukan karena untuk mencegah ikan mati karena mungkin senyawa kimia di permukaan kolam masih menempel.

Setelah direndam selama kurang lebih seminggu kemudian kuras dan ganti dengan air yang baru. Untuk memastikan kondisi kolamnya sudah aman coba masukkan satu ikan saja. Jika dirasa sudah aman, barulah masukkan semua ikan kedalam kolam.

Memasang Filter Air

Model Filter Air Kolam Koi Minimalis

Ketika memelihara ikan koi, menjaga kebersihan dan kualitas air itu sangat penting. Maka disarankan untuk memasang filter air.

Filter air ini berperan untuk menyaring kotoran halus dan mengurai racun bekas proses pencernaan ikan. Sehingga kebersihan air kolam akan tetap terjaga dengan baik.

Membeli Bibit Ikan Koi Sehat

Hal yang tidak kalah penting didalam tata cara memelihara ikan koi selanjutnya yaitu membeli bibit ikan koi yang sehat. Bibit ikan yang sehat hanya memerlukan beberapa hari untuk beradaptasi dengan kolam baru.

Jangan tergiur dengan harga bibit ikan yang murah namun kualitasnya tidak baik. Bibit ikan yang tidak sehat membutuhkan perawatan yang ekstra dan tentu tidak mudah bahkan resiko matinya cukup besar.

Memberikan Pelet Yang Berkualitas

Memberikan makanan tambahan dengan pelet yang mengandung kadar protein tinggi juga menjadi hal penting dalam budidaya ikan koi. Pelet yang berkualitas yaitu pelet yang mengandung protein lebih dari 30 persen dan kandungan lemak 5 persen.

Caranya yaitu rendam terlebih dahulu pelet didalam air selama 1 menit sebelum memberikannya kepada ikan. Agar supaya pelet tersebut mudah dicerna oleh ikan dan tidak menghambat saluran pencernaan.

Melengkapi Kolam Dengan Tanaman Air

Selain untuk menambah nilai keindahan dalam kolam, memberikan tanaman air juga bermanfaat untuk menjadikan sumber nutrisi alami ikan koi. Jenis tanaman air yang bisa anda gunakan misalnya yaitu duckweed atau alga.

Jangan Terlalu Sering Memberi Makan

Jangan terlalu sering memberikan makan ikan koi. Perlu anda ketahui bahwa saluran pencernaan ikan koi itu pendek. Sehingga ikan koi tidak bisa mencerna makanan dengan cepat dan terlalu banyak.

Selain itu, memberi makanan ikan koi yang berlebihan dapat mengakibatkan meningkatnya ammonia didalam kolam. Berikan makanan yang secukupnya saja untuk mencegah ikan koi kelebihan makanan.

Sebaiknya untuk kolam dengan ukuran 1,5 meter persegi yang diisi ikan maksimal, anda cukup memberikan makan per hari 100 gram.

Memberi Nutrisi Tambahan Pada Ikan Koi

Memberi nutrisi tambahan pada ikan koi bermanfaat untuk membantu pertumbuhan ikan dengan baik. Setiap dua minggu sekali anda bisa memberinya ikan udang yang kecil. Atau bisa juga selada, wortel dan kacang polong.

Cek Temperatur Kolam Dengan Rutin

Hal penting yang termasuk dalam cara memelihara ikan koi dengan baik yaitu mengecek temperatur kolam dengan rutin. Karena ini akan berpengaruh terhadap metabolismenya.
Selain itu juga mempengaruhi frekuensi pemberian pelet.

Apabila suhu air hangat, metabolisme ikan akan cenderung meningkat sehingga pemberian pelet harus dikurangi. Suhu normal kolam ikan koi yaitu antara 24 hingga 26 derajat celcius.

Bersihkan Filter Air Dan Kolam Ikan

Seharusnya setiap berapa minggu sekali kuras dan bersihkan permukaan kolam ikan. Dan jangan lupa bersihkan juga filter airnya agar supaya dapat berfungsi dengan baik.
Berbeda dengan ikan yang lainnya, ikan koi membutuhkan lingkungan yang bersih untuk hidupnya. Sehingga sangat perlu memperhatikan kebersihan kolam.

Ciri–Ciri Ikan Koi Tidak Sehat
Ciri Ikan Koi Sehat dan Berkualitas

Cara memelihara ikan koi selanjutnya yang perlu anda ketahui yaitu dapat mengenali ciri ikan koi yang tidak sehat. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri ikan koi tidak sehat.

Perhatikan letak ikan, jika ikan cenderung lebih menyendiri dan terpisah dengan temannya maka itu salah satu ciri ikan tidak sehat.

Perhatikan gerak ikan, apakah lincah atau tidak. Jika tidak lincah dan tidak bersemangat itu merupakan salah satu ciri ikan tidak sehat.

Perhatikan nafsu makan. Anda bisa mencoba dengan memberikan pelet pada ikan tersebut.
Apabila anda menemukan ciri ikan koi seperti diatas, maka segera ambil dan pisahkan dikolam yang lain hingga kondisinya normal kembali.

Sebaiknya pisahkan didalam bak tersendiri. Dan jangan memberinya makan selama proses pemisahan tersebut. Sebagai penggantinya anda bisa memberikan obat supaya nutrisi pada ikan koi tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *