Ikan Cupang Hias Halfmoon
Berita

Inilah Jenis Ikan Cupang Hias, Cocok Dipelihara Dirumah Sebagai Obat Stres

IDWARTA.com – Perlu anda ketahui bahwa ternyata memelihara ikan dirumah dapat memberikan segudang manfaat. Selain dijadikan sebagai hiasan rumah, memelihara ikan juga dapat mengobati rasa stres. Ada banyak jenis ikan cupang hias yang dapat dijadikan sebagai ikan peliharaan.

Selain ikan koi, ada banyak jenis ikan hias yang dapat anda pilih. Namun akhir-akhir ini banyak orang yang sedang menggemari ikan cupang. Karena memiliki bentuk dan warna yang unik.

Ada banyak jenis ikan cupang misalnya seperti ikan cupang hias, ikan cupang liar dan ikan cupang aduan. Tentu setiap model ikan cupang memiliki warna dan bentuk yang berbeda. Sehingga membuat ikan ini semakin terkenal dan banyak digemari oleh semua kalangan.

Jika anda ingin memelihara ikan cupang, namun anda masih bingung memilih jenis ikan cupang hias ataupun liar. Yuk simak ulasan dibawah ini tentang beberapa jenis ikan cupang yang cocok untuk dipelihara dirumah.

Jenis Ikan Cupang

Ikan Cupang Hias Fancy

jenis ikan cupang fancy

Ikan Cupang Hias Fancy mempunyai warna sisik yang unik dan cantik. Warnanya terlihat 3D sehingga tampak seperti layaknya lukisan yang berenang didalam air.

Tampilan yang unik lainnya yaitu memiliki sirip dengan bentuk seperti pedang dibawah dagunya. Ikan cupang hias fancy dibanderol dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000 rupiah.

Ikan Cupang Hias Halfmoon

Ikan Cupang Hias Halfmoon

Halfmoon atau biasa disebut dengan cupang Big Ear. Jenis ikan cupang yang satu ini mempunyai sirip yang lebar dan memiliki bentuk layaknya bulan sabit.

Ikan cupang ini memiliki warna yang beraneka ragam misalnya seperti kuning, merah, biru pekat, ungu hingga warna yang terbilang paling langka. Harga ikan ini berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 500.000 rupiah.

Ikan Cupang Hias Serit

Ikan Cupang Hias Serit

Ikan cupang yang satu ini sangat cocok dipelihara didalam akuarium rumah sebagai pengobat stres. Karena memiliki warna yang sangat mencolok.

Selain itu, ikan ini mempunyai sirip yang berbentuk sobek-sobek layaknya seperti pasangan duri-duri. Sehingga terlihat sangat unik dan menarik. Harga ikan cupang tersebut terbilang cukup mahal karena langka dijual dipasaran.

Ikan Cupang Hias Double Tail

Ikan Cupang Hias Double Tail

Jenis ikan cupang hias double tail ini memiliki banyak sekali peminat. Karena tampilannya yang begitu indah dan mempesona. Memiliki sirip yang lebar dan tebal hingga susunan warna sisiknya yang menawan. Sehingga tak jarang orang ingin memelihara ikan yang satu ini. Harganya dibanderol mulai dari Rp 150.000 rupiah.

Ikan Cupang Hias Giant

Ikan Cupang Hias Giant

Ikan cupang hias giant merupakan jenis ikan cupang aduan. Karena memiliki bentuk badan yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan cupang lainnya. Memiliki warna yang unik serta bersifat sangat lincah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai ikan aduan. Harganya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 90.000 rupiah

Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat

Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan cupang aduan. Meskipun demikian tampilan warna dan bentuknya tidak kalah menarik dengan jenis ikan cupang hias.

Memiliki warna yang menyala tidak pucat serta bentuk siripnya yang kekar dan lurus menjadikan ikan cupang ini cocok sebagai ikan aduan. Selain itu, ikan ini memiliki gerakan yang sangat liar. Harganya berkisar mulai dari Rp 200.000 rupiah.

Ikan Cupang HMPK

Ikan Cupang HMPK termahal

Disebut HMPK karena ikan cupang ini merupakan hasil dari persilangan halfmoon dan plakat.

Meskipun sisiknya memiliki warna yang cenderung pucat atau tidak tajam, namun warna sirip ikan cupang ini memiliki warna yang kontras dengan tubuhnya. Sehingga sering mendapat pujian dari orang-orang penggemar ikan cupang.

Ikan cupang yang satu ini merupakan jenis ikan hias dan aduan. Harganya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 250.000 rupiah.

Ikan Cupang Sawah

Ikan Cupang Sawah

Selanjutnya yaitu ikan cupang sawah merupakan yang paling liar. Namun bisa dijadikan sebagai hiasan akuarium dirumah anda.

Semakin besar ukuran tubuhnya maka harganya juga semakin mahal. Harganya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000 rupiah.

Ikan Cupang Serawak

Ikan Cupang Serawak

Ikan cupang serawak mempunyai warna yang cukup sederhana dengan adanya garis-garis yang terlihat pada ekornya.

Ikan ini memiliki gerak yang cukup gesit dan lincah sehingga dikategorikan sebagai ikan cupang aduan. Harganya berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 200.000 rupiah.

Ikan Cupang Surga

Ikan Cupang Surga

Ikan cupang surga banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, seperti beberapa daerah di Indonesia misalnya Jawa, Bali dan Sumatra.

Ikan ini mempunyai warna sisik dan sirip yang lebih pucat. Namun karena populasinya yang susah ditemukan, sehingga membuat harga ikan yang satu ini cenderung semakin mahal.

Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer

Ikan cupang slayer merupakan salah satu jenis ikan cupang yang banyak digemari oleh semua orang. Mempunyai khas sirip yang lebih besar dan lebar pada bagian seluruh tubuhnya.

Ikan ini mempunyai warna yang cerah seperti merah, kuning ,hijau, orange dan warna lain yang masih banyak lagi. Cupang Slayer ini merupakan hasil dari persilangan serit dan halfmoon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *