Juli 4, 2020

Intip, 10 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

IDWARTA.com –¬†Musim hujan telah tiba. Hujan sudah mulai mengguyur pada sebagian besar wilayah di Indonesia. Cuaca dingin ketika hujan biasanya akan menimbulkan beberapa penyakit misalnya seperti demam, flu, batuk dan lain sebagainya.

Pergantian musim kemarau ke musim hujan terkadang membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit. Hal tersebut terjadi karena tubuh harus menyesuaikan atau beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Mungkin reaksi tubuh seseorang berbeda-beda. Ada mereka yang beberapa kali kehujanan tetapi tidak berdampak buruk pada tubuh mereka. Ada juga yang baru pertama kali kehujanan besoknya langsung sakit demam. Ini berarti saatnya kita mulai menerapkan tips menjaga kesehatan saat musim hujan supaya terhindar dari penyakit.

Yuk kita simak apa saja tips menjaga kesehatan saat musim hujan agar terhindar dari penyakit dan aktivitas kalian sehari-hari tidak terganggu.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

 

1. Mencuci tangan dengan sabun

Tips menjaga kesehatan saat musim hujan yang pertama yaitu mencuci tangan dengan sabun. Menjaga kebersihan itu sangat penting dan menjadi kunci utama didalam menjaga kesehatan. Terutama sebelum makan jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu.

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang selalu bersentuhan dengan berbagai macam benda. Tangan juga sebagai sarang bakteri dan kuman. Bisa jadi kalian terkena flu karena tidak menjaga kebersihan tangan.

Tangan yang bersih belum tentu bersih dari kuman, bisa jadi kuman dan bakteri masih menempel. Jadi, jangan lupa selalu cuci tangan menggunakan sabun disinfektan agar semua kuman dan bakteri benar-benar hilang dari tangan.

2. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup juga dapat membantu mendetoks tubuh dari racun-racun dan menjaga kekebelan tubuh dari penyakit.

Biasanya saat musim hujan kita hampir tidak merasakan haus sehingga jarang atau sangat sedikit minum air putih. Padahal kebutuhan cairan didalam tubuh kita itu sama dan harus tetap terpenuhi baik saat musim kemarau atau musim hujan.

Apabila terjadi kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi sehingga daya tahan tubuh pun akan menurun. Jika cairan didalam tubuh terpenuhi maka daya tahan tubuh akan meningkat. Sebaiknya kita cukupi mineral dalam tubuh dengan minum air putih sehari minimal 1,5 liter.

3. Menjaga pola makan

Saat musim hujan tiba tentu cuaca akan menjadi lebih dingin dari biasanya sehingga akan membuat perut terasa cepat lapar. Dan rasanya ingin makan lagi dan lagi.

Tetapi jangan sampai kebablasan lho. Jika terasa lapar jangan langsung makan dalam porsi banyak meskipun sudah kenyang. Karena proses metabolisme tubuh saat dingin akan menjadi lebih lambat dari biasanya. Jika kalian akan terus-terusan makan justru dapat menimbulkan bahaya yaitu terjadi obesitas.

Asupan makanan harus tetap dijaga jangan makan sembarangan. Makan dengan gizi yang seimbang. Jika asupan nutrisi dalam tubuh terpenuhi maka daya tahan tubuh pun akan meningkat. Sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

4. Gunakan pakaian tebal dan hangat

Udara yang dingin ketika musim hujan akan menyebabkan kedinginan. Jika kita membiarkan tubuh yang kedinginan apalagi saat melakukan aktivitas diluar rungan akan membuat tubuh rentan terkena penyakit seperti flu.

Maka dari itu ketika musim hujan gunakan pakaian yang tebal agar tubuh tidak merasa kedinginan dan menjaga tubuh supaya tetap hangat.

5. Selalu sediakan payung dan jas hujan

Tips saat musim hujan selanjutnya yaitu selalu sediakan payung dan jas hujan kemanapun kalian akan pergi karena kedua benda ini sangat penting.

Jangan tertipu dengan cuaca. Bisa jadi pagi hari matahari bersinar cerah dan kita tidak tahu sore hari akan turun hujan atau tidak. Bisa jadi sore hari akan turun hujan dan kalian akan terjebak hujan sampai malam karena sudah menganggap bahwa tidak akan turun hujan.

6. Menjaga kebersihan lingkungan

Jika hujan deras, biasanya bersamaan dengan air yang mengalir akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang akan berhenti di depan halaman rumah ini bisa menyebabkan penyakit.

Tips menjaga kesehatan saat musim hujan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan sekitar rumah agar supaya terbebas dari penyakit.

7. Mandi setelah kehujanan

Tips menjaga kesehatan saat musim hujan bisa dengan mandi setelah kehujanan. Meskipun ini terdengar aneh tetapi kenyataannya mandi setelah kehujanan dapat membantu menghilangkan infeksi, kuman dan bakteri pada tubuh.

8. Banyak mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi

Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit flu dan masalah pencernaan.

Contoh makanan yang mengandung serat tinggi misalnya pisang, apel, pir, alpukat, wortel, bayam, brokoli dan lain sebagainya.

9. Menutup mulut ketika bersin

Ketika kalian ingin bersin atau batuk sedangkan disamping kalian ada banyak orang maka tutuplah mulut menggunakan sapu tangan atau tisu. Dengan melakukan tips ini maka akan mengurangi penyebaran bakteri dan virus.

10. Gunakan alas kaki

Tips menjaga kesehatan saat musim hujan yang terakhir yaitu selalu gunakan alas kaki saat akan keluar rumah. Karena cacing dan jamur dapat masuk ke tubuh melalui kaki.

Selalu pastikan kaki kalian dalam keadaan bersih dan gunakan alas kaki seperti sandal. Jika sepatu basah saat dikantor, selalu sediakan sandal yang kering. Dan gunakan alas kaki seperti sandal saat akan keluar rumah ketika hujan.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan yang bisa kalian coba dan terapkan. Memang musim hujan rawan sekali terhadap penyakit, tetapi tidak perlu khawatir jika kita selalu menjaga kesehatan dengan baik. Semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*