IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 7, 2023

idwarta.com – Gambar kucing berwarna oranye kerap menjadi perbincangan warganet saat Presiden Joko Widodo mengunggah karikatur di akun media sosial resminya baik di Twitter @ jokowi maupun Instagram @jokowi.

Pasalnya, kucing berwarna oranye hampir selalu tampil di karikatur yang diunggah presiden.

Warganet menyebut kucing tersebut dengan sebutan ” kucing oren ” atau “si oren”. Selain soal selalu tampil, warganet juga membahas soal pose kucing oranye yang selalu unik.

Misalnya, dalam karikatur ucapan Hari Pangan Sedunia, kucing oren tampak asyik memancing di atas perahu.

Lalu dalam karikatur ucapan Selamat Hari Maulid Nabi Muhammad SAW beberapa waktu lalu, si kucing oranye tampak sedang duduk di meja makan sambil berdoa.

Pada Senin (24/10/2022) hari ini, kucing oranye kembali menghiasi karikatur ucapan Selamat Hari Dokter Nasional dari Presiden Jokowi .

Menariknya, kali ini kucing oranye tampak sedang tidur santai sambil memakai masker mentimun di area mata.

Kucing tersebut digambarkan berada di ruang perawatan rumah sakit bersama para pasien.

Saat ditanya soal kemunculan si kucing oranye di setiap unggahan presiden itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberikan penjelasannya.

Menurut Bey, ilustrator yang membuat karikatur untuk feed media sosial Jokowi memang sering memantau perkembangan terkini di masyarakat.

Salah satunya fenomena kucing berwarna oranye yang viral saat pandemi Covid-19.

“Itu karena terinspirasi saat pandemi ada kucing-kucing (kucing oranye), banyak kucing. Hal-hal tertentu itu yang dirangkum dari kejadian-kejadian yang ada. Kemarin ada Rehan juga kan karena lagu ‘Lupakan Rehan’ yang viral itu,” ujar Bey di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin.

“Intinya yang bersangkutan (ilustrator) angat update dengan hal-hal kekinian, isu terkini maupun perkembangan apa saja yang ada di media sosial dan masyarakat,” lanjutnya.

Menurut Bey, khusus untuk karikatur hari ini, ilustrator juga mengumpulkan sejumlah hal-hal yang pernah viral menjadi satu bingkai gambar.

Antara lain layang-layang bergambar penjual cilok, kemudian kucing oranye dan jajanan pisang goreng dimakan saat panas yang menjadi viral.

Bey mengungkapkan, sang ilustrator pada dasarnya memang sengaja menggunakan hal-hal unik dalam gambarnya untuk menarik perhatian masyarakat.

Tujuannya agar publik ingat dan tahu soal hari-hari penting nasional atau momen penting nasional.

“Untuk menarik perhatian masyarakat. Supaya ada atensi terhadap hari-hari besar nasional, maupun momen-momen tertentu. Semisal hari ini Hari Dokter Nasional, lalu pernah juga Hari Tani Nasional. Intinya agar masyarakat aware terhadap hari-hari peringatan nasional atau momen penting lainnya,” jelas Bey.

Saat ditanya lebih lanjut sosok yang menjadi ilustrator karikatur Jokowi, Bey menyebutkan yang bersangkutan engga dipublikasikan.

“Tidak mau dipublih. Yang bersangkutan sangat senang sudah diberikan kesempatan membuat ilustrasi di feed-feed presiden,” tambahnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”