7 Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan
Kesehatan

Jangan Anggap Enteng, Bahaya Terlalu Banyak Tidur

IDWARTA.com – Secara umum, tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh agar jadi bugar lagi. Terutama saat tidur di malam hari, untuk bisa beraktivitas keesok harinya. Kurang tidur bisa membuat kita sulit berkonsentrasi, menurunkan daya analisis, menghambat kreativitas, sampai memicu timbulnya penyakit-penyakit tertentu
Siapa sih, yang tidak menikmati tidur? Berbaring di kasur yang empuk, sambil memeluk guling, ditambah pula dengan AC bersuhu dingin bikin kita nyaman dan rasanya ingin terus tidur saja, dibanding harus bekerja atau beraktivitas.
Namun, jika kita mengikuti kata hati dan terus tidur melebihi jam tidur normal yang direkomendasikan oleh para ahli, ternyata ada banyak bahaya yang bisa mengancam.
berikut

7 BAHAYA TERLALU LAMA TIDUR

1. Obesitas

Terlalu banyak tidur akan membuatmu mengalami obesitas atau kegemukan.
Hal ini terjadi karena kamu langsung tidur setelah makan dan tidak memberikan tubuh terlebihdahulu untuk mencerna makanan.

2. Depresi

Kebanyakan kasus yang mempelajari masalah ini, bahkan para ahli menyebutkan 15% penderita depresi suka tidur terlalu lama.
Beberapa di antaranya menyatakan penderita depresi cenderung tidur lebih lama daripada orang normal. Maka tak heran, tidur terlalu lama juga bisa memperburuk masalah depresi orang tersebut.

3. Sakit Punggung

Perlu di perhatikan orang yang tidur terlalu lama , biasanya cenderung bisa lebih sering menderita sakit punggung, kecuali bila tidur di kasur khusus yang disesuaikan dengan kondisi tubuhnya.
Namun, bila Anda merasa tidak nyaman dan takut keadaan semakin buruk, sebaiknya Anda segera periksakan diri Anda ke dokter.

4. Mudah Pikun

Terlalu banyak tidur akan membuatmu cepat pikun karena fungsi otak tidak berjalan dengan baik.
Tidur baik untuk memperkuat kemampuan mengingat. Namun, kalau Anda tidur lebih dari 9 jam per hari, Anda justru akan merasakan dampak sebaliknya.
Fakta membuktikan tidur berlebihan atau terlalu lama akan mampu memperlambat fungsi sel otak, sehingga memperlihatkan tanda-tanda kepikunan.

5. Malas

Terlalu banyak tidur membuatmu malas dan produktivitasmu terganggu dan menurun. Jika malas sudah menyerang, kamupun akan melakukan aktifitas dengan berat hati.
Jika sudah beegini tentunya kamu bisa mengalami strees bahkan depresi karena merasa terpaksa dalam melakukan sesuatu.

6. Meningkatkan Resiko Kematian

Entah kurang tidur ataupun terlalu banyak tidur keduanya nyatanya bisa meningkatkan resiko kematian muda. Hal ini karena keseimbangan tubuhmu tidak berjalan dengan baik sehingga berbagai penyakit bisa saja datang yang ahkirnya resiko mati muda pun kian meningkat, oleh sebab itu tidur slama 8 jam per hari saja tidak kurang dan tidak lebih.

7. Kepala Pusing

Terlalu banyak tidur pun akan membuat kepala kita pusing karena otak terlalu banyak istirahat sehingga kerjanya melambat. Jika terus menerus dilakukan maka tak heran kamu akan sering merasa pusing kepala, seluang apapun waktumu sebaiknya jangan dihabiskan untuk tidur, lebih baik berkreasi agar waktu bermanfaat.
Cara Tidur Baik Untuk Kesehatan

Bagaimana caranya agar tidak tidur terlalu lama?

Mungkin awalnya sedikit sulit, tapi kalau Anda mulai secara perlahan, Anda pasti bisa menjalaninya. Yup, bila Anda mulai berlatih tidur tepat waktu atau tidur sehat selama 7-8 jam per hari, tubuh Anda pun akan terbiasa dengan jam tidur tersebut dan akan terbangun sendiri setelah 8 jam.
Para ahli merekomendasikan Anda untuk bisa mengatur jam tidur dan jam bangun Anda pada waktu yang sama setiap hari. Mereka juga merekomendasikan Anda untuk mengurangi konsumsi kafein dan alkohol menjelang waktu tidur.
Sangat di rekomendasikan berolahraga secara teratur dan membuat kamar tidur Anda nyaman, bisa membuat tidur Anda lebih enak dan berkualitas, serta membantu Anda tidur dengan waktu normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *