IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Idealnya, proses diet dilakukan sesuai dengan saran atau rekomendasi ahli nutrisi, dokter, atau tenaga ahli lain. Hal ini karena diet akan efektif jika disesuaikan dengan pola hidup dan kebutuhan tubuh.

Maka berikut beberapa tanda paling umum yang harus Anda kenali ketika sudah saatnya berhenti untuk melakukan diet.

1. Fluktuasi Berat Badan Konsisten

Mengutip dari laman LifeHack , ketika berat badan yang Anda miliki terus naik dan turun secara konsisten, hal ini bisa jadi tanda bahwa diet yang Anda lakukan tidak terlalu berhasil. Naik dan turunnya berat badan ini bisa jadi menjadi bentuk ‘protes’ tubuh atas penyesuaian pola makan yang Anda sedang terapkan.

Mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau pihak yang merekomendasikan diet ini, agar mendapatkan pencerahan terkait kondisi tersebut.

2. Aturan Terlalu Banyak, Terlalu Ketat

Memang, dalam menjalankan diet, apapun jenisnya, akan terdapat sederet aturan yang harus ditaati agar diet tersebut dapat bekerja dengan baik. Namun ketika daftar aturan yang harus ditaati ini semakin panjang, mungkin Anda perlu memikirkan ulang diet tersebut.

Mengapa? Sebab ketika Anda gagal menaati aturan diet yang diberikan, akan muncul perasaan bersalah di dalam diri. Ingat, diet tak sekedar membatasi makan, namun juga soal mengontrol kondisi emosional dan psikis. Ketika diet justru membuat Anda tertekan, saatnya berhenti dan cari cara lain.

3. Total Kalori Terlalu Rendah

Pada banyak skenario diet dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dilakukan dengan menurunkan tingkat kalori, atau memberikan ambang batas yang jelas untuk asupan kalori per hari. Tapi tahukah Anda tubuh seseorang juga memerlukan kalori dalam jumlah tertentu untuk dapat berfungsi optimal?

Jumlah kebutuhan kalori ini wajib diketahui dengan pasti, sehingga batas kalori yang ditetapkan saat diet tidak berada di bawahnya. Ketika hal ini terjadi, maka tubuh akan kekurangan asupan kalori, dan efeknya bisa terjadi pembakaran otot di dalam tubuh dan bukan lemak.

4. Makanan yang Sama Setiap Hari

Diet dengan makanan yang sama setiap hari, adalah diet yang membosankan dan sangat berat dilakukan. Tubuh memiliki banyak kebutuhan nutrisi agar dapat berfungsi optimal, dan nutrisi tersebut tidak akan diperoleh hanya dari makanan yang sama, setiap hari, setiap waktu.

Variasi makanan diperlukan agar setiap kebutuhan nutrisi ini bisa dipenuhi. Alih-alih mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari, lebih baik fokus pada jumlah kalori dan variasi jenis makanan yang dikonsumsi agar tubuh bisa tetap segar dan diet berjalan baik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”