IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 1, 2022

idwarta.com – Beberapa orang mungkin berpikir kalau membekukan makanan dalam freezer bisa membuat makanan lebih awet.

Lokasi ini dianggap lebih baik dibanding menyimpannya di rak lain dalam lemari es .

Namun, apakah benar begitu?

Ternyata, jawabannya tidak juga.

Menurut chef di Institite of Culinary Education, Palak Patel, tidak semua makanan bisa disimpan dalam freezer karena bisa menyebabkan rasanya berubah.

Patel menambahkan, umumnya semua makanan yang mengandung susu atau tinggi kandungan air tidak akan terasa enak jika dibekukan.

Lalu, ia juga mengingatkan bahwa semua makanan yang telah dicairkan setelah disimpan dalam freezer sebaiknya tidak dibekukan kembali karena membuatnya tidak layak lagi dimakan.

Bukan hanya itu, kebiasaan ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan lho.

Menurut profesor di Institute of Food and Agricultural Sciences di University of Florida, Amy H. Simonne, Ph.D., membekukan makanan tidak akan menghapus jejak bakteri dan virus di dalamnya.

Hal ini membuat kontaminasi silang dan penyakit bawaan makanan lainnya lebih mudah terjadi.

Ia juga menambahkan, bakteri yang tumbuh pada makanan setelah kita meninggalkannya sebentar juga akan terus memengaruhi kualitas makanan saat kita memasukannya ke freezer.

Untuk itu, sebaiknya kita mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dimasukan ke dalam freezer, seperti lima makanan berikut ini.

  • Susu

Menurut Patel, makanan yang mengandung susu, krim, atau kaya akan turunan susu bisa rusak jika dibekukan.

Pasalnya, lemak dalam produk yang mengandung susu akan terpisah jika dibekukan.

Bahkan, beberapa produk turunan susu bisa menggumpal karena dalam proses produksinya kebanyakan telah diemulsi.

Hal yang sama juga berlaku pada wadah yang berisi prosuk susu, meski mentega dapat dibekukan di freezer selama sembilan bulan.

Namun, tidak perlu khawatir jika kita ingin menyimpan makanan seperti sup krim di freezer.

Sebab, kandungan krim di dalamnya cenderung sedikit, sehingga kualitasnya bisa terjaga.

  • Mayones

Selain produk susu, mayones dan makanan yang mengandung mayones juga tidak boleh disimpan dalam freezer.

Konsistensi produk mengandung mayones akan berubah jika disimpan dalam freezer, seperti terlalu lunak atau menjadi kenyal seperti spons.

  • Cream Cheese

Sama seperti produk susu lainnya, lemak dalam cream cheese juga bisa terpisah, membuatnya jadi berair setelah dikeluarkan dari freezer.

Untuk itu, baik cream cheese maupun makanan yang mengandung cream cheese separti saus atau cheese cake tidak boleh dibekukan.

  • Mentimun

Selain produk susu, sayuran dengan kandungan air tinggi seperti mentimun juga tidak bisa disimpan dalam freezer.

Menurut Patel, karena kandungan airnya yang tinggi, membekukannya hanya akan membuat mentimun tidak layak makan.

Hal ini terjadi akibat andungan air di dalamnya akan membeku, meluas, dan membentuk kristal. Hasilnya, mentimun akan melunak dan tidak bisa lagi dimakan.

  • Tomat

Menurut Patel, meski saus berbahan dasar tomat dapat dimasukkan ke freezer karena telah dimasak, itu tidak berlaku untuk tomat segar.

Sebab, membekukan tomat segar utuh atau masakan yang masih mengandung irisan tomat segar akan mengubah tekstur daging dan kulit tomat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”