IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) meminta semua pemimpin negara anggota Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bicara dengan kepala dingin untuk memberikan solusi nyata berbagai persoalan global saat ini.

Ia menilai forum G20 mesti menghasilkan jalan keluar untuk tiga persoalan global, yaitu krisis ekonomi, keamanan, dan lingkungan.

Gunakan forum G20 di Bali to save our world, to save our planet. Turunkan ego masing-masing. Negosiasi dan perundingan adalah jawaban,” tulis SBY dikutip dari akun Twitter @SBYudhoyono, Selasa (11/10/2022).

SBY khawatir konflik Rusia dan Ukraina bakal kian memanas dan memicu penggunaan senjata nuklir.

Tak hanya itu, gangguan keamanan bisa sampai kawasan Asia Timur jika konflik militer terbuka antara Tiongkok dan Taiwan terjadi.

SBY lantas mengingatkan semua pimpinan negara anggota G20 untuk mengingat kembali situasi Perang Dunia II.

Ingat Perang Dunia II dulu, masalah besarnya ada di Eropa dan Asia. Haruskah kita biarkan terjadi lagi?” ujarnya.

Jika tidak ada solusi konkrit, SBY memprediksi masyarakat dunia bakal menghadapi krisis parah mulai dari ekonomi, kemanusiaan, hingga lingkungan.

Sementara pandemi Covid-19 masih ada, penyelamatan bumi dari pemanasan global akan gagal karena dunia tidak lagi peduli dan bukan prioritas,” tulisnya lagi.

Diketahui KTT G20 bakal berlangsung pada November mendatang di Bali.

Forum ekonomi itu berisi 20 negara anggota, termasuk Rusia, Ukraina, dan Amerika Serikat (AS).

Terbaru, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan Presiden Amerika Joe Biden dipastikan hadir pada acara tersebut.

Hal itu disampaikan pasca menerima kunjungan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

“Terima kasih atas konfirmasi kehadiran Presiden Biden pada KTT G20 bulan depan di Bali. Di tengah sulitnya situasi ekonomi global, G20 tidak boleh gagal. Untuk itu, Deklarasi Pemimpin G20 amat penting maknanya sebagai hasil KTT nanti,” ujar Ma’ruf melalui keterangannya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”