Berita

Jenis Ikan Koi Terbaik, Cocok Untuk Dibudidaya

IDWARTA.com – Selain bentuknya yang cantik, ikan koi dikenal sebagai ikan yang membawa keberuntungan. Ada beraneka ragam jenis ikan koi yang cocok untuk dibudidaya. Koi berasal dari dataran Tiongkok, sampai abad ke-17 petani dari Tiongkok membawa ikan koi ke Jepang untuk dijadikan sebagai budidaya bahan makanan.

Seiring dengan berjalannya waktu, ikan koi tidak hanya dijadikan sebagai budidaya makanan saja melainkan sebagai ikan hias karena memiliki bentuk dan warna yang indah. Selain itu, ikan koi juga membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

Memiliki tubuh dengan corak warna yang unik serta menarik menjadi ciri khas dari ikan koi tersebut. Inilah alasan kenapa ikan koi dijual dengan harga yang cukup tinggi namun bervariasi. Tentu sesuai dengan corak warna dan jenis ikan koi tersebut.

Ada beberapa jenis ikan koi terbaik, yang cocok untuk dibudidaya. Apa saja, yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

Jenis Ikan Koi

Koi Shiro Utsuri

Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri
Koi Shiro Utsuri (source img : bebeja.com)

Koi Shiro Utsuri mempunyai warna dasar putih disertai dengan corak berwarna hitam. Sehingga berkesan lebih misterius namun cantik.

Memiliki bentuk tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan koi lainnya. Layaknya mirip seperti bentuknya ikan mas. Harganya berkisar sekitar kurang lebih Rp 700.000 hingga Rp 800.000 rupiah.

Koi Ki Utsuri

Koi Ki Utsuri

Jenis ikan koi yang satu ini mempunyai warna dasar jingga kekuning kuningan dengan corak berwarna hitam dan menyebar merata pada seluruh permukaan tubuh.

Sirip dan ekornya berwarna hitam layaknya corak tubuhnya. Serta memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil. Harganya berkisar antara Rp 850.000 hingga Rp 900.000 rupiah.

Koi Tancho

Ikan Koi Tancho

Ikan yang satu ini memiliki warna dasar putih dengan corak bulat berwarna jingga tepat berada pada dahinya. Namun tidak hanya itu saja, ikan koi tancho ada juga yang memiliki warna dasar selain putih dan ada tambahan corak lain ditubuhnya.

Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling unik dan memiliki banyak peminat. Harganya berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000 rupiah.

Kumpay Slayer atau Butterfly

Kumpay Slayer atau Butterfly

Kumpay Slayer atau biasa disebut dengan butterfly karena mempunyai ukuran sirip yang panjang layaknya seperti kupu-kupu.

Jenis ikan koi ini memiliki corak tubuh berwarna perak dengan kombinasi berwarna jingga sehingga terlihat lebih menawan dilengkapi dengan sirip yang panjang.

Sehingga tidak heran jika ikan yang satu ini termasuk dalam jenis ikan koi termahal. Harganya berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000 rupiah.

Ochiba Shigure

Ochiba Shigure
Ochiba Shigure ( Source img : istanakoi.id )

Ochiba Shigure mempunyai tubuh berwarna dasar putih pucat dengan kombinasi corak berwarna jingga namun juga terlihat sedikit pucat.

Untuk jenis ikan koi ini tidak cocok dijadikan sebagai ikan hias melainkan cocok dijadikan sebagai pelengkap kolam ikan saja. Harganya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000 rupiah.

Chagoi

ikan koi Chagoi

Chagoi mempunyai tubuh berwarna lapisan kuning tipis dengan perpaduan warna abu, tanpa memiliki corak yang unik.

Jika dilihat dan dijadikan sebagai ikan hias kurang begitu menarik sehingga memiliki peminat yang sedikit . Oleh sebab itu, jenis ikan koi ini dibanderol dengan harga yang relatif murah yaitu berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 400.000 rupiah.

Soragoi
koi Soragoi terbaik

Soragoi mempunyai tubuh berwarna hitam keabu-abuan, layaknya seperti ikan koi hantu yang nampak begitu menyeramkan. Memang warnanya tidak seindah dan secantik ikan koi yang lainnya. Sehingga ikan ini cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap kolam ikan saja. Untuk harganya berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 600.000 rupiah.

Kumonryu

ikan koi Kumonryu

Kumonryu mempunyai tubuh berwarna dasar putih dengan kombinasi corak berwarna hitam. Sehingga jika dilihat terkesan lebih abstrak dan terlihat misterius. Ikan ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 600.000 hingga Rp 700.000 rupiah.

Goromo

Goromo

Goromo merupakan jenis ikan koi hasil dari persilangan antara koi asagi dan koi kohaku.
Jika dilihat koi ini memiliki ciri khas dengan perpaduan corak 4 warna yaitu hitam, jingga, ungu dan indigo. Untuk harganya berkisar antara Rp 450.000 hingga Rp 700.000 rupiah.

Shusui

ikan koi shusui

Shusui mempunyai warna dasar putih dengan corak berwarna hitam disepanjang punggungnya dan membentuk seperti tulang punggung. Sehingga nampak begitu unik dan menarik. Untuk harganya berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000 rupiah.

Ogon

ikan koi Ogon

Ogon mempunyai warna kuning keemasan yang begitu menawan, merupakan jenis Utsuri yang paling langka.

Meskipun tidak memiliki warna corak lain dan hanya satu warna saja. Namun jenis ikan koi yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 1.600.000 rupiah.

Showa Sanshoku

koi Showa Sanshoku
koi Showa Sanshoku ( source img : akuantik.id )

Showa Sanshoku mempunyai corak berwarna merah dan hitam, layaknya seperti corak yang terdapat pada lantai marmer. Sehingga coraknya terkesan saling berkaitan satu dengan yang lain, nampak begitu unik dan indah. Harganya berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.200.000 rupiah.

Asagi

Asagi koi ikan
Asagi koi ikan ( source img ; jualikankoi.co.id )

Asagi mempunyai corak tubuh berwarna biru yang hampir menguasai seluruh bagian tubuhnya.

Memiliki corak yang unik sehingga jenis ikan koi yang satu ini paling banyak digemari meskipun harganya cukup mahal. Yaitu berkisar antara Rp 1.100.000 hingga Rp 1.500.000 rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *