BERITA

Jenis Tanaman Air Penghasil Oksigen Untuk Kolam ikan

IDWARTA.com – Dengan adanya tanaman air penghasil oksigen didalam kolam ataupun akuarium. Tentu sangat berguna bagi makhluk hidup yang ada didalamnya. Selain untuk menambah nilai keindahan dalam kolam, tanaman air juga berperan penting untuk memberikan manfaat bagi penghuni dalam kolam tersebut.

Tanaman air dibagi menjadi empat kelompok yaitu tanaman terendam, tanaman mengambang, tanaman yang bisa muncul ke permukaan dan tanaman alga.

Tanaman terendam adalah salah satu jenis tanaman yang memberikan efek positif bagi kehidupan yang ada didalam kolam maupun akuarium. Tanaman terendam ini berperan sebagai penyaring polutan air dalam kolam.

Selain sebagai tanaman air penghasil oksigen, dengan adanya tanaman ini bisa menjadi tempat untuk berlindungnya para ikan. Dan juga dapat mengontrol pertumbuhan alga.

Jenis Tanaman Air

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman air penghasil oksigen untuk kolam atau akuarium dirumah anda.

Eelgrass atau lamun

Eelgrass atau lamun Jenis Tanaman Air Penghasil Oksigen

Eelgrass merupakan macam tanaman air berakar yang terendam. Tanaman yang satu ini biasa disebut lamun, seledri liar atau tapegrass. Mempunyai peran yang baik yaitu mampu menghasilkan oksigen didalam air yang mengalir. Serta memiliki bentuk daun layaknya seperti pita namun tipis mirip seperti seledri. Atau menyerupai seekor belut.

American Pondweed

American Pondweed adalah kelompok tanaman air penghasil oksigen mempunyai daun yang dapat mengambang atau bahkan bisa terendam.

Bushy Pondweed

Bushy Pondweed adalah kategori tanaman air yang memiliki daun berbentuk pita layaknya seperti semak-semak. Mempunyai warna hijau yang beragam seperti hijau muda ,hijau tua bahkan hijau seperti keunguan.

Egeria

Egeria adalah jenis tanaman air penghasil oksigen yang banyak sekali digunakan didalam akuarium maupun kolam ikan. Mempunyai bentuk daun yang unik layaknya seperti tombak hijau panjang. Sehingga sangat cantik dan menarik jika digunakan untuk hiasan dalam akuarium ikan peliharaan anda.

Coontail atau Hornwort

Coontail atau biasa disebut dengan Hornwort adalah golongan tanaman air penghasil oksigen yang tidak mempunyai akar. Memiliki warna daun hijau tua dan tumbuhnya secara berkelompok. Tanaman tersebut biasanya dipakai untuk media tempat bertelurnya siput serta ikan.

Elodea

Tanaman air elodea jika dilihat sekilas bentuknya mirip seperti tanaman air egeria.
Mempunyai daun yang berwarna putih dan hijau gelap serta bercabang banyak. Tanaman ini biasanya mengapung di air.

Dengan adanya tanaman elodea didalam kolam atau akuarium dapat membantu mencegah tumbuhnya alga yang berlebihan.

Parrotfeather

Parrotfeather adalah salah satu varietas tanaman air penghasil oksigen yang biasanya tumbuh di perairan yang dangkal. Mempunyai bentuk daun yang mirip dengan bulu burung beo. Yaitu tanaman air penghasil oksigen yang sangat bermanfaat untuk penghuni dalam kolam ikan atau akuarium.

Cabomba

Cabomba Varietas Tanaman Air

Cabomba adalah ragam tanaman air yang mempunyai bentuk daun mirip seperti kipas. Warna daunnya hijau muda dan bunganya berwarna putih. Merupakan jenis tanaman yang muncul ke permukaan air. Karena bunganya yang tumbuh ke permukaan.

Water Stargrass

Water Stargrass adalah spesies tanaman air penghasil oksigen yang mempunyai bentuk mirip seperti rumput dengan batang berwarna hijau gelap.Tanaman ini tumbuh bergerombol dan mengambang di air. Memiliki cabang yang tipis dan bisa tumbuh sampai 2 meter.

Jika dilihat, tanaman ini nampak seperti rumput dengan bentuk bontang dilengkapi dengan bunga berwarna kuning yang cerah.

Itulah beberapa Jenis Tanaman Air Penghasil Oksigen Untuk Kolam ikan atau akuarium sebagai hiasan dirumah anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *