Jenis Tanaman Monstera Si Janda Bolong

  • Whatsapp
Jenis Tanaman Monstera si Janda Bolong Indonesia

Jenis tanaman monstera yang mempunyai bentuk unik serta eksotis biasa di jadikan sebagai hiasan rumah agar terlihat lebih cantik. Di banderol dengan harga yang fantastis namun tidak menyurutkan minat masyarakat untuk membeli dan merawat tanaman satu ini.

Monstera atau biasa di kenal dengan sebutan janda bolong adalah salah satu jenis tanaman hias yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Bacaan Lainnya

Keunikan tanaman ini yaitu adanya lubang atau belahan pada daun yang menjadi ciri khas monstera. Lubang tersebut terbentuk adanya mutasi gen pada tanaman. Sehingga tanaman monstera tumbuh secara tidak normal.

Tidak heran jika di banderol dengan harga yang mahal.  Mempunyai daun berwarna hijau pekat mengilap serta lebar dengan bentuk seperti hati.

Monstera termasuk jenis tanaman merambat, akar pada batang memungkinkan tanaman ini untuk tumbuh menempel di pohon sekitarnya. Sampai kini di temukan kurang lebih sekitar 45 varietas monstera, beberapa di antaranya mempunyai nilai jual yang tinggi.

Jenis Tanaman Monstera

Berikut ini jenis tanaman monstera atau tanaman janda bolong yang dapat di jadikan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah kamu.

1. Monstera Borsigiana

Monstera borsigiana merupakan jenis yang paling banyak di minati untuk hiasan rumah. 

Mempunyai lubang yang lebih sedikit dengan ukuran batangnya lebih kecil serta berbentuk bulat. Sehingga sangat sesuai jika di letakkan di dalam pot tanaman hias.

Perlu di ingat, hindari tanaman ini dari paparan sinar matahari secara langsung. Lebih baik di letakkan di dalam rumah untuk dekorasi ruangan. Sedangkan harganya sendiri di banderol mulai Rp 150 ribuan.

2. Monstera Adansoni

Merupakan salah satu jenis tanaman monstera yang paling unik. Tanaman ini biasa di kenal dengan sebutan monstera topeng monyet. Adansoni merupakan tumbuhan merambat yang dapat tumbuh hingga mencapai 6 meter.

Perawatannya yaitu hindari terkena sinar matahari secara langsung. Hindari juga pada kondisi lingkungan yang terlalu kering dan berangin. Anda bisa menanamnya di luar ruangan yang tertutup kanopi. Sesekali semprot dengan uap air juga akan membantu daun cepat tumbuh dan berkembang.

Untuk harga monstera adansoni mulai Rp 100 ribuan.

3. Monstera Karstenianum

Monstera karstenianum atau biasa di kenal dengan sebutan monstera Peru karena memiliki bentuk sekilas seperti daun sirih. Tanaman ini cocok di jadikan sebagai hiasan di meja.

Tanaman hias unik yang satu ini memiliki harga yang lebih murah jika di bandingkan dengan jenis yang lain. Jenis ini biasanya tumbuh di lingkungan dengan kelembapan tinggi. Sehingga sangat penting untuk menyemprot daun secara rutin dan teratur.

Menurut beberapa lapak jual beli tanaman monstera karstenianum di banderol mulai Rp 130 ribuan.

4. Jenis Tanaman Monstera Obliqua

Monstera obliqua memiliki bentuk unik dan tergolong langka di pasaran. Jadi tak heran harganya di tafsir mulai Rp 300 ribuan.

Mempunyai bentuk daun mirip seperti monstera adansonii yaitu daun dengan lubang yang cukup besar yang di satukan dengan filamen kecil serta batang yang sangat tipis.

5. Monstera Acuminata

Jenis tanaman monstera yang satu ini tumbuh secara horizontal dan berkecambah di atas permukaan tanah. Ketika masih muda daunnya tebal dan berukuran kecil serta mempunyai bentuk bundar seperti hati.

Namun, ketika sudah tua daunnya terlihat seperti deliciosa. Tanaman merambat ini menggunakan akar penahan ageotropic, batang pohonnya bisa tumbuh hingga mencapai 20 meter.

Sedangkan harga tanaman ini kabarnya di labeli mulai Rp 150 ribuan.

Baca juga : Manfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Kesehatan.

6. Monstera Deliciosa Variegata

Monstera deliciosa variegata sangat banyak di temui di pasaran. Namun berbeda dengan deliciosa pada umumnya yang berwarna hijau, jenis yang satu ini mempunyai daun dengan warna putih mencolok.

Warna tersebut membuat tanaman ini sedikit sulit untuk menyerap sinar matahari. Jadi lebih baik hindari menanamnya di ruangan gelap atau minim pencahayaan.

Untuk harganya sendiri anda bisa beli mulai Rp 100 ribuan.

7. Varian Tanaman Monstera Minima

Jenis tanaman Monstera minima dapat tumbuh dan berkembang pesat hingga ketinggian mencapai 5 meter di alam liar.

Cara merawatnya juga cukup mudah karena mereka kuat dan bisa tumbuh di berbagai kondisi. Lebih baik letakkan monstera minima ini di tempat yang lembap agar daunnya dapat tumbuh dengan baik dan cantik. Selain itu banderol harga tanaman ini berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 350 ribuan.

8. Monstera Standleyana

Jika biasanya terdapat lubang pada daun monstera, namun tidak untuk jenis yang satu ini. Monstera standleyana tidak memiliki lubang sehingga terlihat seperti satin photos. Jenis ini juga memiliki harga yang lebih murah.

Tanaman ini sangat cocok bagi anda yang menyukai warna daun keperakan yang mencolok. Rawat tanaman monstera ini dengan benar karena rawan di hinggapi oleh kutu putih.

Jenis tanaman monstera standleyana termasuk kategori cukup mahal, sebab berlabel mulai Rp 350 ribuan.

9. Monstera Punctulata

Spesies tanaman tersebut di temukan di Amerika Tengah bagian selatan Meksiko. Monstera punctulata mempunyai batang muda yang berbentuk pipih dan apabila ketika tua akan berubah menjadi kecokelatan. Jenis tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 15 meter di alam liar. Harga monstera Punctulata cukup murah mulai Rp 100 ribuan.

10. Monstera Epipremnoides

Monstera epipremnoides biasa di sebut dengan istilah Swiss Chesee Plant. Karena mempunyai bentuk daun yang besar dengan rongga layaknya seperti keju swiss.

Ketika sudah tua, lubang daun akan mulai menghilang dan berubah menjadi bentuk daun yang menyirip. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 3 meter. Jenis tanaman ini tidak termasuk langka dan anda bisa dengan mudah menemukannya di pasaran. Harganya sendiri mulai Rp 200 ribuan.

Baca juga : Jenis Tanaman Pakis Hias dan Beragam Manfaat Untuk Kesehatan.

11. Jenis Tanaman Monstera Dubia

Jika di lihat sekilas tanaman ini hampir mirip seperti Satin photos. Mempunyai daun yang lebar dan batangnya yang menempel kuat di pohon lainnya berfungsi untuk melindungi daun dari terpaan angin yang kencang.

Ketika masih muda bentuk daunnya terlihat utuh. Akan tetapi ketika sudah tua, daunnya akan tumbuh lebih besar dan membelah. Sedangkan harga Mosntera Dubai di bilang paling termahal di antara lainnya, yaitu berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 900 ribuan.

Akhir Kata

Pada umumnya monstera menyukai tempat yang lembap dan tanah yang kering. Jadi, pastikan tanaman tersebut tidak terkena sinar matahari langsung. Semprot daun dengan air secukupnya secara teratur agar dapat tumbuh dengan indah.

Sebelum anda membeli monstera dengan harga yang fantastis, pastikan anda terlebih dahulu mengetahui jenis tanaman monstera tersebut agar tidak tertipu. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 5 =