Jenis Tanaman Pakis Hias Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Terdapat banyak sekali jenis tanaman penghasil oksigen siang malam yang dapat di tanam sendiri di rumah, salah satunya yaitu tanaman pakis. Ada beberapa jenis tanaman pakis hias dan manfaatnya yang dapat anda pelihara sendiri di rumah.

Dengan adanya tanaman hias yang di jadikan sebagai dekorasi sehingga menjadikan rumah menjadi lebih indah. Ya, salah satunya tanaman pakis bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat tampilan rumah anda menjadi berbeda.

Memelihara tanaman hias merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Apalagi bagi anda yang memiliki banyak waktu luang di rumah tentu bisa anda coba merawat tanaman sebagai kegiatan baru yang menarik.

Selain itu, merawat tanaman hias dapat di jadikan sebagai hiburan dan menghilangkan rasa stres sekaligus akan membuat hunian anda menjadi lebih indah dan asri.

Dari sekian banyak jenis tanaman hias salah satunya yaitu tanaman pakis yang mempunyai bentuk menarik. Cara merawat tanaman ini pun juga cukup mudah dan tidak membutuhkan penanganan ekstra serta tanaman ini dapat hidup dalam waktu yang lama.

Jenis Tanaman Pakis Hias

Tanaman yang memiliki nama latin polypodiophyta. Tanaman pakis merupakan tanaman yang tumbuh dan berkembang menggunakan spora.

Selain sebagai tanaman hias siapa sangka ternyata tanaman tersebut mempunyai banyak sekali manfaat misalnya seperti untuk obat-obatan bahkan untuk mengurangi jumlah polutan yang ada di dalam tanah.

Ada banyak jenis dan juga variasi. Setiap jenisnya mempunyai ciri khas tersendiri serta kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Berikut ini beberapa jenis tanaman pakis hias yang dapat membuat ruangan rumah anda menjadi lebih asri dan segar.

1. Pakis Haji

Tanaman pakis haji merupakan salah satu tanaman yang terkenal di Indonesia. Jika di lihat sekilas mirip seperti tanaman palem dan apabila di rawat dengan baik akan tumbuh sangat besar.

Pakis haji memiliki ukuran yang cukup besar dan batangnya dapat di konsumsi karena kandungan pati yang sangat tinggi.

2. Pakis Kangaroo Paw

Jenis pakis kangaroo paw berasal dari Australia. Lalu kemudian tanaman tersebut di ekspor ke Indonesia dan mulai di budidayakan agar dapat berkembang dengan mudah. Sehingga tanaman pakis berhasil tumbuh di Indonesia karena kondisi iklimnya yang hangat. Meskipun tanaman ini akan lebih baik jika anda tanam di dalam rumah.

Mempunyai warna yang berbeda dari jenis tanaman pakis lainnya  yang mana daunnya memiliki warna yang lebih cerah serta dapat memantulkan cahaya.

3. Pakis Buaya

Diberi julukan pakis buaya karena memiliki bentuk daun yang menyerupai kulit buaya. Meski demikian, pakis buaya membutuhkan perawatan ekstra agar supaya dapat hidup dan berkembang dengan baik.

Tanaman ini tidak dapat bertahan pada cuaca dan udara yang dingin sehingga membutuhkan tempat yang hangat seperti di dalam rumah. Pastikan tidak menaruh tanaman ini di dekat jendela karena dinginnya angin malam akan menjadikan tanaman ini layu dan tidak bisa tumbuh subur.

4. Pakis Cinnamon

Pakis cinnamon merupakan jenis tanaman pakis yang dapat tumbuh hingga besar sehingga memerlukan tempat penanaman yang luas. Jangan sampai menanamnya pada pot dengan ukuran kecil karena tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal dan kekurangan asupan gizi.

Berbeda dengan jenis lainnya, pakis cinnamon bisa bertahan hidup terhadap cuaca panas dan sinar matahari. Jika anda menanam tumbuhan ini pada tempat yang panas, jangan lupa selalu rutin menyiramnya supaya terhindar dari kekeringan yang dapat menyebabkan daun berubah warna menjadi kecokelatan.

5. Pakis Lady

Tanaman Pakis Lady Yang Cantik Untuk Penghias Ruangan Rumah

Pakis lady memiliki susunan daun yang rapi yang dapat tumbuh subur dan menjadi lebih tinggi sesuai dengan kondisi tanah. Agar dapat tumbuh dengan subur pakis lady membutuhkan tanah yang kaya akan humus. Pastikan terlebih dahulu sebelum menanam pakis lady untuk menggemburkan tanah dan memberinya pupuk.

Anda juga bisa menanam pada halaman depan rumah secara berjajar dan membentuk pagar hijau. Tumbuhan pakis lady yang terawat dengan baik sehingga tumbuh menjadi subur dapat dijual dengan harga tinggi.

Baca juga : Jenis Tanaman Monstera Yang Banyak Digunakan Sebagai Tanaman Hias Dalam Rumah.

6. Pakis Boston

Salah satu jenis tanaman pakis yang terkenal yaitu pakis boston atau biasa di sebut dengan pakis pedang. Agar bisa tumbuh dengan baik jenis pakis ini membutuhkan tempat dan lingkungan yang hangat. Pastikan apabila menanamnya tidak terkena sinar matahari secara langsung supaya dapat tumbuh dengan baik dan daunnya memiliki warna yang cerah.

Hindari menanam dan meletakkan pakis pada tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung karena tanaman ini dapat mati. Pastikan tanahnya memiliki kelembapan yang pas tidak terlalu becek karena pakis bisa menjadi cepat busuk.

7. Pakis Staghorn

Jenis pakis ini tidak tumbuh pada tanah dan mengeluarkan akarnya, tetapi tumbuh dengan menggunakan tanaman lain sebagai rumahnya. Tanaman ini tumbuh seperti layaknya tanduk yang indah nan megah.

Pakis staghorn sering kali di anggap sebagai salah satu bentuk karya seni karena memiliki nilai keindahan yang sangat baik. Anda dapat menanamnya di dalam rumah atau tempat yang teduh karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak cahaya.

8. Pakis Maidenhair atau Suplir

Biasa disebut dengan pakis suplir merupakan tanaman kompleks yang mempunyai banyak daun dan terurai jatuh layaknya seperti rambut yang indah.

Namun tanaman ini tidak tahan terhadap sinar matahari langsung sehingga harus di tanam di tempat yang teduh dan terhindar dari panas. Apabila berada di tempat panas dan terlalu lama maka daun pakis akan terbakar dan tidak bisa tumbuh kembali.

Manfaat Tanaman Pakis Untuk Kesehatan

Selain di jadikan sebagai salah satu jenis tanaman hias, tanaman pakis ternyata juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

1. Menguatkan Tulang

Kandungan zinc dan protein tinggi pada tanaman pakis mampu membantu menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

2. Menyehatkan Paru-Paru

Kandungan flavonoid yang terdapat pada tanaman pakis sangat baik untuk membantu menyehatkan paru-paru dan saluran pernapasan.

3. Mengatasi Rematik

Kandungan vitamin B dan thiamin yang terdapat pada tanaman pakis dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat rematik dan baik untuk syaraf.

Akhir Kata

Itulah beberapa jenis tanaman pakis hias dan manfaatnya. Ternyata selain digunakan untuk mempercantik rumah, tanaman pakis juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pastikan menanam pakis di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Selalu rutin  siram dengan air dan pupuk yang cukup agar pakis dapat tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *