10 Jenis Tanaman Sirih Gading dengan Corak Daun Tercantik dan Langka

Belakangan ini banyak yang mencari referensi tentang rekomendasi jenis tanaman hias yang mampu mempercantik ruangan rumah. Beberapa jenis tanaman sirih gading dengan corak daun eksotis, bisa jadi pilihan alternatif terbaik.

Bagi orang awam pasti cukup asing dengan tumbuhan sirih gading. Tanaman ini merupakan salah satu jenis dengan daun merambat atau semi epifit yang dapat di tanam dalam ataupun luar ruangan rumah.

Sekilas tentang tumbuhan ini berasal dari marga Epipremnum, yang mana terkenal sekali dengan khas corak daun cantik dan bervariasi warnanya.

Nah, dari pada semakin penasaran. Yuk intip 10 jenis tanaman sirih gading yang paling banyak di cari oleh konsumen pecinta tanaman hias di Indonesia.

Jenis Tanaman Sirih Gading Terfavorit dan Populer

1. Sirih Gading Kuning

Diketahui tanaman sirih gading kuning merupakan salah satu spesies tumbuhan berbungan dari keluarga Araceae. Menariknya tumbuhan ini dapat tumbuh dengan subur di daerah iklim sedang.

Dan mampu tumbuh secara baik terutama di kawasan hutan tropis maupun sub tropis di seluruh dunia. Mulai dari Asia Tenggara dan Australia Utara.

Seperti nama yang telah di gunakan yaitu sirih gading kuning, sehingga ciri khas daun berwarna kuning cerah dan cantik. Ukuran daun biasanya cukup kecil dan dapat tumbuh banyak dalam satu tangkai.

Dengan begitu cocok sekali sebagai tanaman hias di dalam pot. Adapun cara menanam dan merawat tumbuhan sirih gading kuning relatif mudah sekali, cukup sirami dengan air secukupnya dan jangan sampai media tanahnya menjadi lembab.

2. Jenis Tanaman Sirih Gading Silver

Untuk jenis sirih gading silver ini terbilang cukup langka sulit ditemukan dan harga yang relatif mahal di bandingkan dengan jenis sirih gading lainnya.

Sesuai dengan namanya, ciri khas tumbuhan ini memiliki dominan warna silver pada daunnya, serta di tambah corak hijau yang menawan dan menyegarkan.

3. Sirih Gading Ungu

Jenis Tanaman Sirih Gading Ungu

Selain warna daun silver dan kuning, ternyata ada sirih gading berdaun warna ungu. Corak yang begitu khas ini menjadikan tumbuhan ini beda dengan lainnya. Bahkan di yakini sirih gading ungu bisa untuk obat bau badan dan diabetes. Sehingga bisa di katakan sebagai tanaman antibiotik alami.

Cara penggunaan untuk di jadikan obat cukup mudah, rembus beberapa daun sirih gading ungu setidaknya 4-5 lembar. Setelah itu diamkan, dan minum ketika sudah mulai hangat air rebusan daun sirih tersebut.

Namun sayangnya sirih ungu ini hanya bisa tumbuh di wilayah beriklim lembab dan dingin seperti halnya di daerah dataran tinggi. Inilah yang membuat tanaman ini begitu langka, sebab hanya bisa di budidaya di daerah tertentu.

4. Sirih Gading Hijau

Untuk jenis tanaman sirih gading hijau ini beda dengan lainnya, sebab memilki ukuran daun relatif kecil, namun punya daun yang cukup lebat. Sehingga tanaman ini cocok di jadikan dekorasi di dalam rumah anda. Misalnya di letakkan di atas meja, samping jenndela, maupun di dalam pot tempel di tembok rumah.

5. Warna Sirih Gading Marble Queen

Corak Daun Sirih Gading Marble Queen

Sama seperti jenis sirih gading kuning, varian marble queen juga berasal dari dataran tropis. Uniknya tanaman ini punya corak daun begitu khas antara paduan hijau muda dengan putih. Bahkan tanaman ini juga terbilang suka dengan terik matahari.

Dengan begitu cocok untuk tanaman hias di luar rumah agar nampak asri. Di pasaran jual beli tanaman, varian sirih gading marble queen bisa anda temui dengan mudah. Terlebih dengan pesona warna dan bentuk daun yang cantik serta corak warna yang khas.

6. Jenis Tanaman Sirih Gading Philo Brazil

Jika dilihat secara sepintas varian Philo Brazil ini mirip dengan sirih gading hijau. Namun ketika di dekati dan di perhatikan dengan seksama ternyata memiliki warna daun paduan hijau dengan kuning. Layaknya bendera negara Brazil.

Untuk perawatan tanaman sirih gading philo brazil cukup mudah, tinggal anda sirami setiap hari dan cukup terkena paparan sinar matahari. Tanaman ini nantinya dapat tumbuh dengan subur dan lebat.

7. Sirih Gading Jade Pothos

Diketahui sirih gading jenis ini kerap di jumpai di dataran Polynesia, namun juga masih ada di dataran tropis pada umumnya. Selain itu perawatan yang begitu mudah, membuat tanaman ini paling laris di pasaran jual beli tumbuhan hias.

Bahkan jenis sirih gading ini biasanya lebih cocok di tempatkan pada media pot gantung. Dengan bentuk dan warna daun yang cantik, tentu akan memperindah suasana luar ruangan rumah anda.

8. Sirih Gading Manjula Pothos

Dari namanya saja sudah nampak menawan, tak heran tanaman ini punya gradasi warna hijau dan putih yang begitu senada. Bahkan juga digadang sebagai salah satu tanaman yang punya manfaat sebagai penyaring udara alami dalam ruangan rumah.

Uniknya Manjula phatos bisa tumbuh di media tanam air, namun setidaknya anda rutin seminggu sekali menggantinya. Agar tumbuhan ini tetap segar dan tidak mudah layu.

9. Sirih Gading Cebu Blue Pothos

Jenis tanaman sirih gading cebu blue pathos bisa di tempatkan pada ruangan outdoor ataupun indoor. Punya tekstur daun yang menarik dengan ciri khas oval. Jadi bisa anda tanam pada media polybag serta drainase tanah yang baik.

10. Sirih Gading Satin Pothos

Ada pula varian lain jenis tanaman sirih gading yaitu Satin Pothos. Uniknya tanaman ini punya tiga kombinasi warna daun yang sangat menawan antara hijau, silver dan putih. Terlebih memiliki bentuk daun mirip hati.

Untuk perawatan sirih gading satin pothos relatif sulit, sebab tanaman ini tidak suka dengan banyak air yang dapat menyebabkan mudah layu dan mati. Jadi anda cukup menyiraminya dengan sedikit air saja agar jenis sirih gading ini dapat tumbuh dengan subur.

Manfaat Tanaman Sirih Gading

Beberapa jenis tanaman sirih gading yang telah disebutkan di atas, selain sebagai ornamen penghias taman atau rumah. Ternyata kaya akan manfaat yang jarang orang mengetahuinya, Adapun sebagai berikut :

  1. Dapat menyerap racun serta polusi udara.
  2. Mengolah karbondioksia menjadi pasokan oksigen yang tinggi.
  3. Bisa mengatasi masalah pernapasan.
  4. Mampu mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan rumah anda.
  5. Bisa sebagai tanaman alternatif untuk menghilangkan bau asap rokok.
  6. Dapat menenangkan kondisi psikologis anda, saat anda menatap keindahan daun sirih gading.
  7. Bisa juga untuk penetralisir bau amis di dalam rumah.

Akhir Kata

Demikian ulasan yang bisa di sampaikan terkait jenis tanaman sirih gading di Indonesia, serta cuplikan tentang manfaat sirih gading. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda sobat idwarta.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *