IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 3, 2023

idwarta.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para investor untuk berinvestasi di lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Berbicara saat memberikan pengarahan di depan kalangan investor di Djakarta Theater, Jokowi mengaku akan memberikan keleluasaan bagi para investor yang memang ingin menanamkan modalnya di lokasi IKN.

“Investasi terbuka lebar mau inves di mana? Mau di kawasan inti, ya harga beda,” kata Jokowi, Selasa (18/10/2022).

Adapun kawasan inti IKN nantinya akan ada Istana Kepresidenan hingga sejumlah kantor pemerintahan. Area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) memiliki luas lahan hingga 900 hektare.

Selain itu, akan dibangun pula plasa seperti Plasa Kebangsaan, fasilitas TNI-Polri, perumahan dan apartemen, fasilitas esensial penunjang lain seperti pendidikan, kesehatan hingga kebutuhan sehari-hari.

Lokasi IKN juga akan dibangun sejumlah tempat hiburan dengan tema yang sesuai dengan kondisi hijau yang ramah lingkungan. IKN sendiri akan menjadi kota pintar masa depan yang berbasis hutan.

“Tolong dicarikan, belum ada ini yang membedakan ini yang menjadi diferensiasi dengan ibu kota negara lain,” katanya.

Jokowi kemudian meminta investor yang sudah menyatakan minatnya untuk menanamkan modalnya di IKN untuk tidak ragu. Jokowi menegaskan, IKN telah disusun dengan rencana yang matang dan payung hukum yang jelas.

“Bapak ibu sekali lagi enggak perlu ragu, tidak perlu bimbang, karena payung hukumnya jelas yaitu UU NO 3/2022 dan itu kita harus tahu semua itu sudah disetujui 93% dari fraksi di DPR,” kata Jokowi.

“Kalau masih ada yang belum yakin, apalagi? Nanti sampaikan. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ini ada Ketua MPR, Bambang Susanto di sini juga,” jelasnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”