IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Presiden Joko Widodo membuka peluang bahwa pemerintah akan menyatakan pandemi Covid-19 sudah berakhir dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Naik Kelas, Senin (3/10/2022).

“Pandemi memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati demikian, Jokowi mengingatkan, situasi perekonomian global tetap harus diperhatikan karena pemulihan ekonomi pascapandemi belum kembali normal, bahkan memburuk.

Jokowi mengatakan, penyebabnya bukan hanya pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun lebih tetapi juga perang yang meletus di Ukraina.

Ia menyebutkan, hal itu menyebabkan krisis pangan, energi, dan finansial yang melanda di banyak negara, termasuk negara-negara maju.

“Ekonomi dunia saat ini betul-betul pada posisi yang tidak baik-baik saja, ketidakpastiannya sangat tinggi. Semua negara pada posisi yang sangat sulit sekarang ini, bahkan negara-negara maju pun berada pada posisi yang sangat sulit,” ujar Jokowi.

Akan tetapi, ia tetap bersyukur karena pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua tahun 2022 mencapai 5,44 persen.

“Saya masih meyakini di kuartal ketiga kita masih bisa tumbuh di atas angka tadi,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan bahwa akhir pandemi sudah ada di depan mata berkaca pada data kasus Covid-19 di dunia menurun secara drastis sejak 2020.

Menurut Tedros, Covid-19 telah menewaskan jutaan orang dan menginfeksi 606 juta sejak muncul pada akhir 2019, pekan lalu turun ke level terendah sejak Maret 2020.

Dikutip dari The Guardian, jumlah kematian mingguan yang dilaporkan akibat Covid-19 mencapai angka terendah sejak Maret 2020.

“Kami tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi,” kata Tedros.

“Kami belum sampai di sana (akhir pandemi), tetapi akhir sudah di depan mata,” imbuh dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”