IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 4, 2022

idwarta.com – Presiden Joko Widodo optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2022 dapat melampaui capaian pada kuartal kedua sebesar 5,44 persen asalkan semua pihak kompak bekerja sama.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Naik Kelas, Senin (3/10/2022).

“Saya masih meyakini di kuartal ketiga kita masih bisa tumbuh di atas angka tadi. Kuncinya kita semua harus kompak, kita semuanya harus bersinergi,” kata Jokowi, Senin, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, semua pihak harus memiliki perasaan yang sama karena menghadapi tantangan yang tidak mudah.

Ia mencontohkan, pandemi Covid-19 bisa tertanggulangi karena kerja sama antara pihak swasta serta pemerintah dari tingkat pusat hingga desa.

“Semuanya saya lihat bekerja sama, pemerintah, swasta, dari pusat sampai ke desa semuanya bekerja sama dan Alhamdulillah kita menyelesaikan, ini juga sama harus kompak betul,” ujar Jokowi.

Ia mengatakan, kerja sama antara pengusaha besar, kecil, maupun menengah juga perlu dilakukan supaya sektor usaha di Indonesia menjadi kekuatan besar.

“Perlu yang namanya Indonesia incoporated, yang besar, yang menengah, yang kecil, bekerja sama berkolaborasi bersama menyelesaikan persoalan-persoalan di lapangan secara konkret dan nyata,” ujar Jokowi.

Menurut dia, salah satu buah dari kerja sama itu terlihat dari turunnya angka impor jagung dari 3,5 juta ton per tahun menjadi 800.000 ton per tahun.

“Karena apa, petani jagung ada yang mendampingi, petani jagung ada yang mengawal, tadi disampaikan di depan, biasanya 1 hektar hanya 4 ton sekarang 1 hektar bisa 8 ton,” kata Jokowi.

Ia berharap, pola kerja sama ini juga diimplementasikan pada komoditas lainnya seperti padi, singkong, dan kopi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”