IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 3, 2023

idwarta.com – Batu bara Indonesia laku keras. Sejak perang Rusia dan Ukraina berlangsung, negara-negara Eropa mencari subtitusi impor batu baranya ke Indonesia. Tercatat, sampai saat ini yang memesan batu bara dari Indonesia terus bertambah.

Pada September 2022 lalu, pemesanan batu bara Indonesia berasal dari beberapa negara Eropa seperti Polandia, Belanda, Yunani, Spanyol dan Jerman. Yang terbaru Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) mencatat, Indonesia juga mengekspor batu bara ke Slovenia.

“Saya kurang tahu persis mengenai tambahan ekspornya karena sifatnya Bussines to Bussines (B to B). Malah ada juga pengirimannya ke negara seperti Yunani, Slovenia walaupun gak banyak,” ungkap Hendra Sinadia Direktur Eksekutif APBI kepada CNBC Indonesia, Senin (24/10/2022).

Sebelumnya, pada September 2022 ini, dalam Unofficial APBI, jumlah ekspor batu bara asal Indonesia ke negara-negara Eropa tersebut mencapai 3,5 juta ton sampai 4 juta ton. Ekspor ke Eropa dengan jumlah tersebut, dikatakan Hendra menjadi yang terbesar pertama dalam sejarah.

Hendra bilang, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, volume ekspor batu bara Indonesia ke Eropa biasanya kurang dari 1 juta ton per tahun. “Tentu saja jumlah tersebut ada peningkatan yang signifikan. Ini memang belum angka resmi, kalau memang jumlahnya segitu (4 juta ton) ini yang terbesar (sepanjang sejarah),” terang Hendra kepada CNBC Indonesia, Selasa (4/9/2022).

Hendra memang belum bisa menyebutkan secara pasti, negara-negara Eropa mana saja yang memesan batu bara dari Indonesia. Yang jelas kabar yang didapat Hendra, ekspor batu bara Indonesia ke negara Eropa dikirim ke Polandia, Belanda, Greece, Spanyol hingga Jerman. “Persisnya berapa kabarnya 3,5 juta ton – 4 juta ton,” tandas Hendra

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”