IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 1, 2022

idwarta.com – Badan kesehatan masyarakat Kanada, Health Canada, pada Jumat (7/10) memberikan izin untuk vaksin penguat (booster) COVID-19 bivalen kedua yang menargetkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Mengantongi izin untuk digunakan sebagai dosis penguat (booster) pada individu berusia 12 tahun ke atas, vaksin ini merupakan versi baru dari vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech Comirnaty, kata Health Canada.

Vaksin booster ini diharapkan dapat memicu respons kekebalan yang kuat terhadap galur (strain) awal SARS-CoV-2 maupun subvarian Omicron BA.4/BA.5, ujar Health Canada. Mereka menambahkan bahwa vaksin booster tersebut diharapkan memiliki profil keamanan yang sama dengan versi awal vaksin Pfizer-BioNTech Comirnaty, dengan efek samping yang sebagian besar ringan.

Menurut Health Canada, semua vaksin mRNA COVID-19 yang mengantongi izin untuk digunakan di Kanada masih sangat efektif dalam mencegah kasus sakit parah, rawat inap, dan kematian akibat COVID-19.

Health Canada memberlakukan syarat dan ketentuan dalam pemberian izin ini, yang mewajibkan Pfizer-BioNTech untuk terus memberikan informasi kepada Health Canada tentang keamanan dan kemanjuran vaksin bivalen BA.4/BA.5 guna mendeteksi sinyal-sinyal keamanan baru potensial, demikian Xinhua dikutip Sabtu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”