Kreasi Kandang Ayam Kayu Untuk Pemula
TIPS

Intip Yuk, 7 Kreasi Kandang Ayam Kayu Minimalis Dan Anti Bau

Kreasi Kandang Ayam Kayu – Beternak ayam merupakan salah satu usaha yang diminati kebanyakan orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak sedikit dari mereka yang memulai usaha beternak ayam ini dan membuahkan hasil.

Namun, ada beberapa yang menjadi permasalahan yaitu tempat dan bagaimana cara membuat kandang ayam kayu agar tidak bau. Pasalnya kandang ayam berbau tidak enak karena kotorannya dan rentan terhadap lingkungan lembab.

Sehingga dibutuhkan ide untuk membuat kreasi kandang ayam kayu anti bau. Hanya dengan modal kayu saja kita bisa membuat kurungan ayam yang kreatif. Tanpa perlu menggunakan bahan-bahan yang mahal harganya. Cara membuatnya juga cukup mudah dengan biaya yang sedikit sangat cocok untuk beternak ayam umbaran meskipun bentuknya minimalis dan sederhana.

Untuk anda yang sedang mencari referensi tentang bagaimana cara membuat kandang ayam kayu minimalis dan anti bau, yuk simak penjelasan dibawah ini.

7 Kreasi Kandang Ayam Kayu Minimalis Dan Anti Bau

Kandang Ayam Kayu Dome
Ilustrasi kurungan ayam dome ( source img : hipwee.com )

1. Kurungan ayam kayu dome ( gabungan antara strimin dan kayu )

Kediaman ayam kayu dengan model yang satu ini merupakan perpaduan bahan antara strimin dan kayu. Membutuhkan biaya yang tidak banyak dan cara pembuatannya juga cukup mudah, ketahanannya juga kuat dan tidak diragukan lagi.

Untuk anda yang terkadang masih was-was bahwa kayu akan lapuk jika sering terkena panas dan hujan sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan pembenahan dan perawatan. Rumah ayam kayu model dome ini bisa menjadi solusi yang bisa anda coba menerapkannya.

2. Kandang ayam model simple dan minimalis

Rumah Ayam Minimalis
Rumah Ayam Minimalis ( source img : hipwee.com )

Jika anda tidak mempunyai banyak waktu untuk merawat kandang ayam, mungkin anda bisa mencoba mempraktekkan kandang model simple ini. Bahan yang dibutuhkan sama seperti sebelumnya yaitu kayu dan strimin.

Cara membuatnya cukup mudah dan tidak banyak makan tempat. Kandang ayam modern dan minimalis tersebut mempunyai kesan tersendiri yaitu pintu utama dapat dibuka dan ditutup sehingga cukup mudah untuk membersihkan kotorannya.

3. Kandang ayam full dari bahan kayu

Kurungan Ayam Kayu Full
How to Build a Chicken Coop via Danafashiontrends

Jika anda merasa kurang puas dengan kandang ayam yang terbuat dari bahan strimin tetapi anda memiliki uang yang lebih untuk perawatan kandang. Anda bisa mencoba membuat kurungan ayam full dari bahan kayu saja. Namun untuk model ini tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Cara pembuatan kurungan ayam kayu ini cukup praktis dan simple serta minimalis. Dan jangan lupa jika membuat kandang ayam tersebut sertakan kaki-kaki pada bagian bawah agar supaya alas kayu tidak langsung menempel pada tanah.

4. Kandang ayam kayu dengan roda

 

Jika anda sudah bosan dengan model kandang ayam yang hanya seperti itu saja. Mungkin anda bisa mencoba model yang satu ini. Bahannya sama saja, yang membedakan hanya terdapat pada roda. Dengan adanya roda, kandang ayam berukuran minimalis tersebut dapat anda pindah dimanapun dan kapanpun. Cukup simple dan praktis bukan ?

5. Kandang ayam kayu gaya close house

Kreasi Kandang Ayam Kayu Untuk Pemula

Mempunyai bentuk dua tingkat, bagian atas bisa digunakan sebagai tempat menyimpan makanan sedangkan bagian bawah bisa digunakan untuk umbaran ayam. Tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya dan cara membuatnya juga cukup mudah.

Meskipun kandang ayam tingkat ini terlihat besar namun tidak memerlukan banyak tempat. Sehingga bisa dibilang cukup efektif dan minimalis.

6. Kandang ayam kayu model besar

Jika anda memelihara ayam dalam jumlah yang banyak, tempat tinggal ayam kayu model besar bisa menjadi solusinya. Jika dibandingkan dengan kandang ayam minimalis, cara membuatnya cukup dibuat lebih luas dan lebih tinggi saja.

Model besar ini sangat cocok dijadikan sebagai kandang untuk ayam umbaran dalam jumlah banyak sehingga ayam bisa lebih leluasa bergerak.

7. Kandang ayam model bertingkat

Ingin memelihara ayam petelur namun tidak memiliki lahan yang luas. Anda bisa mencoba mengaplikasikan kandang ayam model bertingkat ini. Dibuat dengan model bertingkat, untuk bagian bawah dijadikan sebagai tempat ayam umbaran sedangkan bagian atas bisa digunakan untuk tempat tidur ayam jika pada musim hujan dimalam hari. Sehingga jika ayam bertelur suhu lembapnya akan tetap terjaga.

Itulah beberapa contoh 7 Kreasi Kandang Ayam Kayu Minimalis Dan Anti Bau. Cara membuatnya cukup mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas. Bisa anda coba terapkan dipekarangan rumah untuk memulai usaha beternak ayam. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *