IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 1, 2022

idwarta.com – Hepatitis B merupakan suatu penyakit hati yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB). Virus ini tidak menyebar melalui makanan atau kontak biasa, tetapi dapat menyebar melalui darah atau cairan tubuh dari penderita yang terinfeksi.

Di sebagian orang, infeksi ini bisa menjadi penyakit kronis, artinya penyakit ini bisa berlangsung lebih dari enam bulan. Sedangkan di sebagian orang lain lainnya, kondisi ini biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

Infeksi VHB kronis bisa meningkatkan risiko Anda terkena gagal hati, kanker hati atau sirosis, suatu kondisi yang secara permanen meninggalkan bekas luka pada hati.

Di awal kemunculannya, infeksi virus Hepatitis B menyerang sistem kekebalan tubuh secara diam-diam sehingga jarang disadari pengidapnya. Kebanyakan orang yang mengidap hepatitis tidak memiliki gejala atau bahkan tidak mengetahui mereka terinfeksi.

Selain itu, gejala hepatitis virus kronis dapat memakan waktu puluhan tahun untuk berkembang.

Berikut adalah beberapa gejala hepatitis B yang wajib diwaspadai:

Pencegahan Infeksi Virus Hepatitis B

Selain mengetahui gejala hepatitis pada orang dewasa, masyarakat juga perlu tahu bagaimana cara pencegahan untuk terhindar dari penyakit ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”