Juli 4, 2020

Kenapa Motor Terbaru Tak Pakai Kick Starter? Mungkin Karena…

IDWARTA.com – Banyak para pecinta otomotif roda dua yang bertanya. Kenapa motor keluaran terbaru yang sudah mengaplikasikan sistem injeksi kini tak pakai kick starter?

Kick starter alias starter engkol merupakan salah satu perangkat untuk menghidupkan mesin motor. Yang biasanya di gunakan saat pagi hari. Baca juga Penyebab dan Cara mengatasi motor susah hidup dipagi hari.

Sebab alangkah baiknya pertama kali memanaskan mesin perlu pakai kick starter bukan tombol starter. Alasanya karena bisa menyebabkan masalah malfungsi pada kelistrikan. Bila menggunakan electrik starter di pagi hari saat mesin pertama kali dinyalakan.

Alat kick starter ini cara alternatif menghidupkan mesin motor selain dengan electrik starter yang mengandalkan aki motor.

Bagaimana jika aki motor tekor? tentu alat electric starter tidak bisa dipakai, sehingga perlu menggunakan alat kick starter.

Tegangan awal baterai biasanya 12 volt, dan saat penggunaan tombol starter akan drop hingga 9 volt. Maka sangat disarankan memakai kick starter untuk pertama kali menyalakan mesin motor agar aki motor tidak cepat rusak atau tekor. Itulah manfaat kick starter pada motor injeksi.

Tapi cukup di sayangkan motor keluaran terbaru masa kini dari pabrikan yang sudah berteknologi sistem injeksi tidak dilengkapi kick starter.

Peran Penting Aki Pada Motor Injeksi Terbaru

Sudah disebutkan di atas bahwa motor baru keluaran masa kini tidak memakai kick starter, alasanya karena motor bersistem injeksi sangat memerlukan listrik dari aki untuk membuatnya bekerja dengan baik.

Maka penggunaan kick starter apabila aki motor tekor, motor tidak bisa hidup karena sistem injeksi gagal bekerja.

Maka tak heran pihak pabrikan menghilangkan fitur kick starter pada motor injeksi terbaru. Guna efisiensi dari pabrikan motor. Dan model motor matic injeksi masa kini yang memakai electrik starter sudah tak memakai dinamo, jadi lebih hemat konsumsi daya.

Kesimpulan

Kenapa motor injeksi terbaru tidak ada fitur kick starter? Sudah dijelaskan di atas bahwa motor injeksi masa kini lebih mengandalkan aki agar sistem injeksi mampu bekerja dengan aki. Sehingga peran kick starter tidak diperlukan lagi dan akhirnya dihilangkan.

Motor skutik terbaru juga sudah tidak menggunakan dinamo, membuat konsumsi daya juga hemat. Motor jaman sekarang lebih bergantung pada aki motor. Maka alangkah baiknya secara berkala periksa kondisi aki motor supaya tetap dalam kondisi prima.

Dan masa pemakaian aki motor yang wajar biasanya 2 tahun, jadi kalau sudah melebihi batas tersebut sebaiknya diganti dengan aki baru.

Bagi kalian yang membeli motor baru sistem injeksi tanpa adanya kick starter. Kalian harus selalu perhatikan kondisi aki motor, agar tidak mogok dijalan karena aki tekor. Semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*