Tanaman Indah Teratai Air
BERITA

Ketahuilah 10 Tanaman Penjernih Air Kolam Ikan

IDWARTA.com – Dengan adanya kolam ikan dirumah, tentu selain bisa memberikan nuansa yang tenang juga bisa sebagai hiburan pelipur fikiran yang suntuk. Tetapi terkadang kita merasa malas ketika waktunya membersihkan kolam ikan yang kotor. Namun anda tidak perlu khawatir bahwa ternyata ada tanaman penjernih air kolam ikan yang bermanfaat untuk membantu menyaring kotoran agar air tidak cepat kotor.

Tidah hanya itu saja, dengan adanya tanaman penjernih air kolam ikan juga memiliki banyak manfaat lain misalnya seperti menyerap racun, sebagai tempat ikan untuk berkembang biak hingga dapat membantu menambah persediaan oksigen untuk penghuni didalam kolam tersebut.

Jika anda menambahkan kolam ikan dengan hiasan tanaman ini juga dapat memberikan keindahan dan nuansa yang asri tentu menjadi nilai positif.

Ada beberapa ulasan mengenai 10 Tanaman Penjernih Air Kolam Ikan, yuk kita simak beikut ini.

10 Tanaman Penjernih Air Kolam Ikan

Kala Lili

Tanaman Penjernih Air Kolam Ikan Yakni Kala Lili

Kala Lili adalah jenis tanaman penjernih air kolam ikan yang dilihat sekilas mirip dengan lilin.
Memiliki bentuk seperti corong dengan warna putih ditengahnya dilengkapi dengan putik bunga berwarna kuning yang cerah.

Keunikan dari tanaman ini yaitu baunya yang wangi dan lembut, apabila kurang terkena sinar matahari tanaman tersebut akan tumbuh menjadi lebih tinggi.

Eceng Gondok

Tanaman Eceng Gondok Penjernih Air

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar eceng gondok. Ya, eceng gondok merupakan salah satu jenis tanaman penjernih air kolam ikan yang sering kita temui.
Eceng gondok bermanfaat untuk membantu membersihkan kolam ikan. Selain itu, pertumbuhannya begitu sangat cepat.

Jika dirasa tanaman ini sudah tumbuh terlalu banyak dan memakan tempat, segeralah angkat. Apabila tidak segera diangkat dan dipindahkan maka akan mengganggu ketersediaan oksigen dalam kolam ikan tersebut.

Lotus

Lotus atau biasa dikenal dengan water lily adalah jenis tanaman air yang mirip dengan bunga teratai tetapi ukurannya lebih besar.

Mempunyai daun berbentuk bulat, lebar dan dilapisi dengan lilin. Tanaman ini memiliki berbagai macam warna yaitu kuning, putih, merah jambu dan ungu. Berbeda dengan tanaman lain, lotus atau water lily memiliki bau yang harum.

Bambu Air

Tanaman Bambu Air

Bambu air bentuknya tidak jauh berbeda dengan pohon bambu yang anda ketahui selama ini.

Yang menjadi berbeda yaitu tempat hidupnya di air dan memiliki ukuran yang lebih kecil. Tingginya hanya sekitar 25 sampai 100 cm.

Mempunyai bentuk dan ukuran yang kecil bambu air sangat cocok dijadikan sebagai pembatas disekitar keliling kolam ikan.

Teratai

Tanaman Indah Teratai Air

Teratai atau dengan nama lain nyamphaea adalah salah satu jenis tanaman air yang paling sering dimanfaatkan sebagai penyaring air.

Tanaman yang memiliki daun mengambang diatas air serta dilengkapi dengan bunga yang indah dan berwarna warni membuat kolam ikan menjadi lebih menarik. Ukuran bunganya berkisar antara 45 hingga 90 cm.

Apabila anda berminat untuk menempatkan tanaman ini dikolam ikan, anda bisa memilih dengan berbagai macam jenisnya yang membedakan hanya bunganya saja.

Ganggang Rantai

Ganggang Rantai memiliki peran penting yaitu untuk menambah kadar oksigen didalam air kolam.

Jika anda menempatkan tanaman ini kedalam kolam maka ikan ikan tersebut akan mendapatkan oksigen yang cukup maksimal dan air akan tetap terjaga kebersihannya.
Selain bermanfaat untuk membersihkan kolam ikan, tanaman tersebut memiliki bentuk yang besar sehingga digunakan oleh ikan untuk berteduh dan berlindung dibawah daunnya.

Apu-Apu

Tanaman Penjernih Air Yakni Apu Apu

Apu-Apu mempunyai permukaan yang ditumbuhi oleh bulu halus layaknya seperti beludru. Memiliki daun berwarna hijau dan akarnya yang berwarna putih.

Jika menanan tanaman apu-apu ini, anda tidak perlu repot mengurusnya karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Pisang Air

Pisang air memiliki bentuk persis layaknya seperti pohon pisang yang tumbuh di daratan. Yang berbeda hanyalah ukurannya yang lebih kecil dan mirip seperti daun talas.

Mempunyai bentuk yang lebih kecil dengan ukuran sekitar 1,5 meter sangat cocok jika digunakan untuk mencegah kolam yang terlalu panas karena terkena paparan sinar matahari langsung. Sehingga jika ditanami pisang air akan menjadi lebih sejuk.

Tifa

Tifa dalam bahasa latin Typha Latifolia adalah jenis tanaman air yang paling sering ditemukan pada alam liar.

Mempunyai bentuk bunga seperti cerutu dan batangnya yang panjang. Sehingga bermanfaat sebagai tanaman penjernih air kolam ikan anda.

Papyrus Payung

Papyrus Payung atau dengan nama lain cyperus alternifolius adalah jenis tanaman air yang tumbuhnya secara bergerombol.

Mempunyai batang berbentuk segitiga dengan tinggi mencapai 1 meter. Ujung dari tanaman ini juga ditumbuhi bunga yang mirip seperti daun.

Itulah contoh 10 Tanaman Penjernih Air Kolam Ikan yang dapat membantu menyaring kotoran sehingga air kolam akan tetap bersih secara alami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *