Juli 4, 2020

Ketahuilah, 18 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Wortel merupakan salah satu dari sekian banyak sayuran yang memiliki kandungan vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. Untuk menikmati sayuran yang satu ini bisa disajikan dalam bentuk jus atau dimasak menjadi sup yang lezat atau bisa juga dikukus.

 

Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya untuk kesehatan mata saja, manfaat wortel bisa juga untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin B karoten yang dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawat pada wajah dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini serta flek hitam di wajah.

 

Untuk mengetahui lebih dalam lagi, mari kita simak apa saja manfaat wortel untuk kesehatan tubuh kita, sebagai berikut:

 

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah wortel dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi wortel setiap hari bisa di buat jus atau langsung dimakan ini bermanfaat untuk mencegah rabun senja, daya penglihatan yang turun serta mampu memperbaiki penglihatan yang kurang jelas.

 

2. Kaya Akan Vitamin Serta Mineral

Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel sangat tinggi yaitu 12000 Ml. Wortel juga kaya akan vitamin dan mineral seperti, vitamin B1, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, beta karoten, kalori, lemak dan banyak lainnya. Sehingga banyak sekali manfaat wortel jika kita rutin mengkonsumsinya setiap hari.

 

3. Kandungan Antioksidan Yang Tinggi

Kandungan antioksidan yang terdapat pada wortel mampu membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jika sering mengkonsumsi wortel setiap hari akan membuat tubuh menjadi lebih sehat pastinya terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti kanker.

 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada wortel mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Konsumsi wortel setiap hari untuk mengurangi resiko terkena sakit flu atau infeksi karena wortel berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Wortel bisa langsung dimakan atau bisa juga untuk jus, atau mungkin dikukus.

 

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan vitamin K yang tinggi yang terdapat pada wortel mampu membantu menguatkan tulang dan gigi. Mengkonsumsi wortel setiap hari bagi usia lanjut dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

 

6. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya yaitu menjaga kesehatan otak. Mengkonsumsi wortel mampu membantu memperbaiki kemampuan berpikir seseorang dan membantu memperbaiki daya ingat seseorang.

 

7. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin A, fosfor, beta karoten yang tedapat pada wortel mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat baik yang terdapat pada buah wortel mampu memberikan perlindungan dari berbagai macam penyakit seperti kanker, jantung dan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan mengkonsumsi wortel berturut-turut selama dua bulan mampu memberikan perubahan yang cukup signifikan.

 

8. Mencegah Penyakit Stroke

Dari beberapa penelitian menunjukkan mengkonsumsi enam buah wortel atau lebih dalam seminggu akan mengurangi resiko terkena penyakit stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak sama sekali mengkonsumsi wortel.

 

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tedapat pada buah wortel mampu membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat ini juga membantu menurunkan berat badan serta mencegah kenaikan kadar gula dalam darah. Wortel juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

 

10. Berfungsi Sebagai Antiradang

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang tedapat pada wortel bermanfaat sebagai antiradang. Mengkonsumsi wortel secara rutin mampu mencegah tubuh dari peradangan.

 

11. Sebagai Penyembuh Luka

Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel bermanfaat membantu penyembuhan luka atau peradangan pada kulit. Caranya yaitu jus wortel kemudian gunakan sebagai masker pada bagian yang luka.

 

12. Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang terdapat pada wortel bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

 

13. Kesehatan Mulut

Tidak hanya untuk kesehatan mata saja, wortel juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. Mengkonsumsi jus wortel  setelah makan bisa membantu mengurangi resiko gigi berlubang. Karena wortel berfungsi meningkatkan jumlah produksi air liur untuk membantu membersihkan gigi.

 

14. Mencegah Kulit Berminyak

Wortel juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah salah satunya mencegah kulit berminyak. Wortel berfungsi untuk mengontrol kadar minyak yang berlebih sehingga mengurangi timbulnya jerawat. Gunakan wortel untuk masker secara rutin dan rasakan manfaatnya.

 

15. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C yang terdapat pada wortel mampu membuat kulit menjadi lebih bersinar. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, glowing dan lembut gunakan secara rutin wortel sebagai masker atau bisa juga langsung dimakan atau di buat jus wortel.

16. Melembabkan Kulit Wajah

Kandungan kalium yang terdapat pada wortel membantu mencerahkan kulit. Kulit wajah yang cenderung kering akan mudah terkena iritasi, untuk mencegah terjadinya iritasi mengkonsumsi wortel mampu membantu melembabkan kulit wajah secara alami. Minumlah secara rutin jus wortel setiap hari untuk mendapatkan wajah yang lembab, cerah berseri.

 

17. Mampu Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

Wortel ternyata mampu menyamarkan noda hitam pada wajah. Caranya yaitu wortel digunakan untuk masker wajah. Jus wortel terlebih dahulu kemudian campur dengan olive oil dan madu. Setelah itu gunakan masker pada wajah dan pijat dengan lembut, tunggu sampai 20 menit lalu bilas wajah menggunakan air hangat.

 

18. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat wortel untuk kecantikan selanjutnya yaitu membantu mencegah penuaan dini. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari membuat kulit wajah menjadi keriput dan membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, lebih baik mengkonsumsi jus wortel secara rutin atau bisa juga dijadikan sebagai masker wajah.

 

Banyak sekali manfaat yang didapat jika kita rutin mengkonsumsi wortel. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, wortel juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*