Ingin Tahu Gejala Tipes yang Umum Terjadi
KESEHATAN

Ketahuilah Gejala Tipes Yang Umum Perlu Di Waspadai

IDWARTA.com – Gejala tipes umum sering kali diabaikan oleh sebagian orang dan dianggap sebagai sakit demam biasa. Tipes merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri salmonela typhi sehingga penderitanya merasa tidak nyaman.

Gejala tipes secara umum yang dialami oleh sebagian orang memiliki perbedaan yang tipis bahkan hampir sama. Namun, jika diteliti sebenarnya gejala tipes pada anak dan gejala tipes pada orang dewasa mempunyai beberapa perbedaan.

Akan tetapi bukan berarti orang-orang dengan gejala tipes dianggap benar-benar terkena tipes. Ada beberapa hal yang dialami sebelum mengarah pada tanda-tanda tersebut. Ada beberapa hal penyebab gejala tipes misalnya dari pola makan dan cuaca meskipun dianggap kurang tepat oleh ilmu kedokteran.

Di bawah ini ada ulasan mengenai gejala tipes yang perlu di waspadai agar kondisi tidak semakin parah.

Gejala Tipes Pada Anak

Gejala tipes pada anak biasanya terjadi karena adanya bakteri yang berkembang pada makanan atau minuman. Bisa jadi karena pengolahan makanan tidak matang atau tidak higienis. Anak-anak mempunyai daya tahan tubuh yang masih lemah dan terkadang mengalami perubahan sehingga sangat rentan terkena gejala tipes.

Setelah anak terkena infeksi bakteri biasanya gejala akan muncul setelah satu sampai dua minggu. Jika anak terindikasi gejala tipes, ada beberapa hal yang perlu anda kenali, misalnya yaitu :

  • Demam tinggi dalam waktu satu minggu dan tidak lekas mereda.
  • Sakit kepala dan juga badan terasa lemas hingga rasa pegal pada persendian.
  • Sakit perut, mual dan muntah yang tidak lekas membaik.
  • Gangguan pada pencernaan seperti diare dan susah buang air besar.
  • Nafsu makan menurun.

Gejala tipes ada dua macam yaitu ringan dan berat. Pada umumnya, gejala yang dialami bisa menetap hingga satu bulan bahkan lebih jika tidak segera mendapatkan penanganan.

Gejala Tipes Pada Orang Dewasa

Gejala tipes pada orang dewasa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gejala tipes pada anak-anak. Pada awal terjangkitnya gejala tipes, penderita mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 40 derajat celcius. Selain itu, penderita juga mengalami sakit kepala, mual muntah, badan terasa lemas bahkan bisa terjadi kemungkinan akan mengalami pendarahan pada rongga hidung atau mimisan.

Setelah melewati tahap awal, penderita gejala tipes akan mengigau ketika tidur karena suhu tubuh yang tinggi. Munculnya gejala lain seperti susah buang air besar atau diare bahkan terjadi perubahan warna pada tinja.

Pada tahap selanjutnya penderita gejala tipes akan mengalami turunnya suhu tubuh secara drastis. Namun hal ini perlu di waspadai karena penurunan suhu tubuh secara drastis bisa berpotensi terjadinya komplikasi penyakit yang lebih serius.

Gejala Tipes Secara Umum

Gejala tipes yang umum muncul secara bertahap dalam waktu beberapa minggu. Gejala akan semakin parah bahkan dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius jika tidak segera ditangani.

Tipes lebih sering terjadi pada daerah yang kebersihannya buruk. Untuk menghindarinya kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan termasuk sumber air dan makanan. Dengan cara mencuci tangan sebelum makan, pastikan juga kebersihan makanan dan minuman yang akan di konsumsi.

Beberapa gejala tipes secara umum yaitu demam dengan suhu naik turun cenderung naik pada saat malam hari, tidak enak badan, tubuh lemas, sakit kepala, batuk kering, mimisan, nyeri otot, tidak nafsu makan, sakit perut, gangguan pencernaan, mual dan muntah.

Lebih baik waspada jika sudah pernah mengalami gejala tersebut. Sebab gejala tipes dapat kambuh kapan saja jika kita mengabaikan kebersihan, apa lagi saat kondisi tubuh imun kita lemah. Untuk mencegahnya jangan lupa selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *