Juli 14, 2020

Ketahuilah Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari

IDWARTA.com – Kebiasaan dipagi hari sebelum bangun tidur ketika mendengar alarm berbunyi dan kita akan menunda-nunda, tidak segera bangun dari tempat tidur dan masih bermalas-malasan.

Memang kebiasaan tersebut sudah terbiasa dilakukan sehingga tidak segera bergegas bangun dari tempat tidur dan mencuci muka atau mandi. Padahal jika kita bangun tidur dan langsung mandi air dingin dipagi hari itu memilik manfaat untuk kebugaran tubuh agar supaya lebih semangat dan memberikan energi yang cukup sehingga tidak bermalas-malasan.

Tetapi pada saat pagi hari kebanyakan orang memilih mandi menggunakan air hangat mungkin jika pagi hari masih terasa dingin. Namun tahukan kalian jika mandi menggunakan air hangat justru malah akan membuat mengantuk sehingga akan malas untuk melakukan aktivitas.

Tanpa kalian sadari itu akan membuat gelisah dan menurunkan kualitas hari-hari kalian yang seharusnya lebih giat lagi dalam melakukan sesuatu atau beraktivitas dengan baik.

Bahkan jika mandi dengan air hangat selain membuat mengantuk, kalian akan menjadi lebih lamban dalam melakukan sesuatu. Sehingga akan tergesa-gesa dan melupakan sarapan dipagi hari dan mungkin malah hanya sempat untuk meminum kopi saja. Padahal dengan minum kopi itu tidak cukup untuk menambah energi.

Jika memiliki kulit yang cenderung berjerawat apabila kita mandi dengan air hangat pori-pori kulit akan terbuka sehingga produk yang kita gunakan akan lebih mudah terserap. Tetapi saat kita membilasnya dengan air dingin pori-pori kulit akan menutup kembali sehingga produk akan tetap terserap dengan baik dan juga akan terhindar dari radikal bebas yang bisa menyumbat pori-pori kulit.

Mandi dengan air hangat juga dapat membuat kulit menjadi lebih kering tidak lembab karena air hangat sifatnya mengikis lapisan minyak yang ada dipermukaan kulit dan rambut. Padahal sebenarnya lapisan minyak tersebut sangat dibutuhkan oleh kulit kita.

Sehingga jika kita mandi air dingin dipagi hari bisa membuat kulit menjadi lembab dan rambut menjadi lebih sehat berkilau. Selain itu mandi air dingin dipagi hari juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Saat kita merasa kedinginan jika mandi air dingin dipagi hari itu akan membuat jantung lebih cepat berdetak sehingga membantu darah mengalir dan terpompa dengan baik didalam tubuh jadi sirkulasi darah akan meningkat.

Manfaat mandi air dingin dipagi hari akan meningkatkan kebugaran tubuh. Yang mana saat pagi hari mata masih terasa ngantuk dan ketika tubuh diguyur dengan mandi air dingin mungkin akan merasa sedikit terkejut dan bernafas dalam-dalam. Tetapi yakinlah dengan mandi air dingin dipagi hari tubuh akan menjadi lebih berenergi.

Peredaran darah yang mengalir lancar didalam tubuh itu sangat bermanfaat untuk tubuh yang mana dapat menyuplai oksigen dengan baik. Sehingga sistem imun tubuh akan menjadi lebih kuat.

Pakar kesehatan juga berpendapat bahwa mandi air dingin dipagi hari bisa mengurangi tekanan darah serta dapat membersihkan pembuluh darah yang tersumbat.

Selain itu mandi air dingin juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran getah bening. Yang mana ketika kita mandi air dingin otot akan berkontraksi sehingga cairan getah bening akan terpompa keseluruh bagian tubuh. Dan cairan getah bening tersebut yang bekerja membantu membersihkan pembuluh darah yang tersumbat sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat yang bisa kita dapat jika mandi air dingin dipagi hari. Yuk mari kita mulai dengan berperilaku hidup sehat dimulai dari hal-hal kecil. Semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*