Juli 14, 2020

Ketahuilah Penyebab Tidak Bisa Login Instagram Dan Cara Mengatasi

IDWARTA.com – Selain whatsapp, salah satu aplikasi yang sedang banyak digemari oleh berbagai kalangan yaitu aplikasi instagram. Dimana mereka bisa mengupload foto-foto ataupun video dengan gaya dan tren masa kini. Selain itu instagram juga dimanfaatkan sebagai ajang bisnis, media dakwah maupun jual beli secara online.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih memanfaatkan media sosial pun bisa untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan jual beli online memalui instagram.

Tetapi terkadang ada beberapa kendala yang dikeluhkan oleh pengguna instagram yaitu salah satunya tidak bisa login ke akun instagramnya. Biasanya mereka mendapatkan pemberitahuan seperti “Maaf terjadi masalah pada permintaan anda”,  ” Terjadi masalah yang tidak diketahui”, ” Kami mendeteksi upaya masuk yang tidak biasa”, dan lain sebagainya.

Nah untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab tidak bisa login instagram, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Tidak Bisa Login Instagram

 

1. Paket internet habis

Penyebab tidak bisa login instagram bisa dikarenakan kuota internet anda habis. Sebelum login ke instagram jangan lupa cek kuota internet terlebih dahulu dan pastikan anda memiliki kuota internet yang cukup.

Karena mengakses instagram memerlukan kuota internet yang cukup banyak sehingga akan cepat habis. Jika anda tidak memiliki kuota yang cukup atau kuota sedang habis, lebih baik pergi ke warung yang ada free wifinya dan memanfaatkan jaringan wifi.

2. Akun instagram yang terkunci

Penyebab yang kedua yaitu akun instagram yang terkunci. Biasanya setelah kita daftar akun di instagram, kita harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu melalui email.

Jika kita tidak melakukan konfirmasi email terlebih dahulu, lalu tiba-tiba kita logout instagram dan akan ganti smartphone baru. Secara otomatis pihak instagram akan mengunci akun dan kita tidak bisa membukanya atau login karena sebelumnya kita tidak melakukan konfirmasi email.

3. Terlalu sering melakukan login dan logout dengan akun yang berbeda

Penyebab selanjutnya yaitu anda terlalu sering melakukan login dan logout dengan akun instagram yang berbeda namun tetap menggunakan perangkat yang sama.

Kegiatan seperti ini bisa dicurigai oleh pihak dari instagram karena dinilai tidak wajar. Jika anda sering melakukan hal ini biasanya anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti “Maaf terdapat masalah pada permintaan anda”.

4. Akun diblokir oleh pihak instagram

Penyebab yang terakhir yaitu akun diblokir oleh pihak instagram. Jika anda taat mengikuti kebijakan-kebijakan privacy yang dibuat oleh pihak instagram tidak mungkin anda akan diblokir.

Pihak instagram memblokir akun karena mungkin anda melanggar dari kebijakan privacy tersebut. Pemblokiran akun instagram ini bisa bersifat sementara ataupun permanen. Jadi disarankan lebih baik ikutilah kebijakan privacy yang telah dibuat oleh pihak instagram agar supaya akun anda tidak diblokir.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram

Nah setelah mengetahui apa saja penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasi tidak bisa login instagram. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Lakukan reset password

Cara mengatasinya yang pertama yaitu melakukan reset password. Cara ini sebenarnya paling mudah dilakukan tetapi sering dilupakan. Kebanyakan mereka panik terlebih dulu ketika mengetahui tidak bisa melakukan login akun instagram.

Lupa password bisa menjadi penyebab tidak bisa login instagram. Lakukan cara ini untuk mengatasinya. Caranya yaitu pada halaman pertama instagram ada pilihan menu tombol ” Forget Password ” kemudian buka dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Cobalah login instagram melalui komputer

Jika anda tetap gagal melakukan login instagram melalui ponsel anda, coba lakukan melalui perangkat lain seperti misalnya komputer. Ini untuk memastikan apakah pihak instagram memblokir akun instagram anda semuanya baik melalui ponsel ataupun komputer.

Tetapi jika anda berhasil dan bisa melakukan login akun instagram melalui komputer. Itu berarti sudah tidak ada masalah. Pihak instagram hanya memblokir khusus ponsel anda untuk tidak bisa melakukan login akun instagram. Mungkin ada sesuatu kesalahan yang terjadi pada ponsel yang anda gunakan.

3. Periksa koneksi jaringan internet

Periksa koneksi jaringan internet anda dan pastikan tidak ada masalah pada koneksi internet. Sebagian besar pengguna instagram tidak bisa melakukan login karena terjadi masalah pada jaringan internet yang mereka gunakan.

Anda bisa mengecek kecepatan internet melalui website atau aplikasi yang ada fasilitas tersebut. Atau coba login menggunakan jaringan wifi untuk memastikan bisa atau tidak. Namun, jika masih tetap gagal anda bisa melakukan cara dengan terlebih dahulu mereset router dan coba lakukan login akun ke instagram kembali.

4. Hapus cache pada aplikasi instagram

Cara yang satu ini bisa dicoba untuk mengatasi masalah error pada instagram dan saat tidak bisa login akun instagram. Dengan melakukan delete cache secara otomatis akan membersihkan sampah-sampah yang ada di aplikasi instagram.

Caranya cukup mudah yaitu buka setting lalu aplikasi. Kemudian cari aplikasi instagram lalu pilih penggunaan memori pilih hapus cache dan kemudian klik tombol tersebut.

5. Terjadi error di instagram

Pada bulan maret 2019 lalu pernah terjadi error secara keseluruhan baik instagram maupun facebook tidak bisa diakses. Kesalahan itu bukan sepenuhnya berasal dari diri kita melainkan dari pihak instagramnya sendiri. Jadi, kita bisa mencari informasi di sosial media jika terjadi masalah error pada akun instagram.

Dan perlu diketahui jika anda melakukan cara di atas jangan lupa dengan alamat email yang digunakan untuk login pada akun instagram anda. Demikian informasi mengenai penyebab tidak bisa login instagram dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*