Juli 4, 2020

Ketahuilah Tips Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis Menurut Islam

IDWARTA.com – Menikah yaitu menyatukan suatu ikatan lahir dan batin antara laki-laki dan perempuan sebagai suami dan istri yang bertujuan membentuk rumah tangga berdasarkan dengan tuntutan Allah SWT. Hukum dari pernikahan didalam islam yaitu sunah muakad.

Seperti yang telah disebutkan dalam ayat al-quran surat Ar-Rum ayat 21 bahwa kebesaran Allah yang telah menciptakan manusia berpasang-pasangan agar hidup tentram dan menjadikan rasa kasih sayang.

Arti dari surat tersebut adalah manusia diciptakan untuk saling berpasang-pasangan dengan menikah. Setelah menikah maka akan terjalin suatu rumah tangga. Dan semua orang pasti ingin hidup berumah tangga yang bahagia, tentram, harmonis dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

Membangun suatu rumah tangga yang bahagia dan harmonis itu tidak ditentukan oleh banyaknya materi. Orang yang menganggap keharmonisan suatu rumah tangga ditentukan berdasarkan faktor materi itu tidak benar.

Yang menjadi kunci utama keharmonisan rumah tangga yaitu berdasarkan rasa ikhlas yang dimiliki pasangan suami istri untuk saling membahagiakan satu sama lain sehingga terjalinlah suatu rumah tangga yang harmonis.

Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah tangga tetap harmonis menurut islam. Dan bisa kalian terapkan didalam hubungan rumah tangga kalian agar tetap harmonis. Yuk kita simak dibawah ini.

 

Tips Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis Menurut Islam

 

1. Sikap saling terbuka

Sikap saling terbuka terhadap pasangan itu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar supaya jalinan rumah tangga tetap harmonis.

Dengan melakukan sikap saling terbuka terhadap suami istri maka akan menimbulkan rasa saling percaya satu sama lain. Tidak ada yang disembunyikan. Selain itu, dengan menerapkan sikap saling terbuka akan mengetahui lebih banyak tentang pasangan. Misalnya kepribadian, kebiasaan, kesenangan bahkan hal-hal yang tidak disukai oleh pasangan.

2. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT

Tips agar rumah tangga tetap harmonis yang kedua yaitu lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena dengan kita mendekatkan diri kepada Allah maka hati kita akan lebih tenang dan tentram sehingga rumah tangga akan berjalan harmonis.

Jadi tidak hanya fokus terhadap sikap pasangan saja, mendekatkan diri kepada Allah juga sangat berpengaruh. Namun sebaliknya jika kita menjauh dan tidak mendekatkan diri kepada Allah, maka juga akan sulit untuk membangun rumah tangga yang harmonis.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat dilakukan misalnya beribadah seperti shalat sunah, berpuasa, berdoa, tilawah, bersodaqoh atau infaq dan hal-hal baik lainnya.

3. Saling menghormati terhadap pasangan

Memiliki sikap saling menghormati terhadap pasangan itu juga sangat penting untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Pasalnya menyatukan suatu perbedaan itu sangatlah sulit jika kita tidak saling menghormati terhadap pasangan karena bisa memicu suatu konflik atau pertengkaran.

4. Kewajiban dan tugas seorang suami

Mengerti dan memahami kewajiban serta tugas dari seorang suami terhadap istri didalam membina suatu rumah tangga yang harmonis. Banyak sekali tugas dan kewajiban-kewajiban yang harus suami lakukan untuk istrinya misalnya seperti memberi nafkah baik lahir maupun batin, menggauli istri dengan baik, membayar mahar dan sebagainya.

Agar tercipta suatu rumah tangga harmonis berbuat baiklah terhadap istri, jangan berbuat dan berperilaku kasar. Dan jangan perhitungan atau pelit didalam memberi nafkah kepada istri dan keluarga.

Ada hal penting didalam membina suatu rumah tangga agar tetap harmonis yaitu suami harus mengajarkan serta membimbing istri agar supaya tetap taat kepada Allah SWT. Pernah dikatakan bahwasanya orang mukmin yang sempurna imannya adalah mereka yang berakhlak baik terhadap istri dan keluarganya.

5. Kewajiban dan tugas seorang istri

Tidak hanya peran suami saja yang penting didalam membina rumah tangga yang harmonis. Tetapi akhlak dan juga bagaimana istri menjalankan tugas dan kewajiban dalam membina rumah tangga juga sangat berpengaruh.

Ada beberapa adab yang harus dilakukan oleh seorang istri diantaranya hendaklah berdiam didalam rumah menjaga kehormatan suami. Seperti yang tercantum didalam surat Al-Ahzab ayat 33 bahwa jika suami dapat memenuhi semua kebutuhan ekonomi keluarga maka lebih baik seorang istri berdiam dirumah.

Disamping itu, sebagai seorang istri lebih baik mengutamakan pekerjaan rumah tangga. Apabila berada dihadapan suami berdandanlah yang rapi agar supaya suami senang melihat kita. Jika suami pulang kerja sambutlah dengan senyuman, jangan menampakkan wajah yang cemberut atau memperlihatkan sifat yang tidak mengenakkan.

Dahulukan hak suami dan beri perhatian terhadap hubungan rumah tangga kalian, agar tercipta suatu rumah tangga yang harmonis.

6. Memahami tujuan dari sebuah pernikahan

Tips agar rumah tangga tetap harmonis selanjutnya yaitu memahami tujuan dari sebuah pernikahan. Tujuan dari sebuah pernikahan yaitu beribadah kepada Allah SWT, mempunyai keturunan, memenuhi tuntutan naluri, membentengi akhlak dan lain sebagainya.

Apabila kita sudah mengetahui tentang apa tujuan dari pernikahan, maka akan tertanam didalam hati kita yaitu sikap saling menyayangi dan menghargai satu dengan yang lain. Jika sudah demikian maka tercipta rumah tangga yang harmonis.

7. Berkomunikasi yang baik

Komunikasi juga merupakan salah satu hal yang penting untuk membina rumah tangga harmonis. Jika tidak ada komunikasi antara suami dan istri takutnya akan menimbulkan suatu kesalah pahaman sehingga akan terjadi pertengkaran dan rumah tangga menjadi tidak harmonis.

Di zaman modern seperti sekarang ini, dengan berkembang pesatnya alat untuk komunikasi. Setiap orang memiliki ponsen atau smartphone. Alat untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan keluarga bahkan bisa menjangkau dengan jarak jauh.

Jika suami sibuk dengan perkerjaan jangan lupa untuk tetap memberi perhatian kepada suami melalui komunikasi, jangan saling cuek atau egois agar hubungan rumah tangga tetap harmonis dan tidak ada kesalahpahaman.

8. Mengungkapkan rasa sayang kepada pasangan

Mungkin tips yang satu ini terlihat sepele. Namun jika terbiasa dilakukan efeknya akan luar biasa. Pasangan kita akan merasa dirinya dicintai dan disayangi. Apalagi jika usia pernikahan sudah berjalan cukup lama biasanya kata-kata sayang sudah jarang sekali untuk diucapkan. Coba lakukan tips ini dengan mengungkapkan rasa sayang kepada pasangan maka akan menambah keharmonisan didalam rumah tangga kalian.

9. Menghabiskan waktu bersama keluarga

Kebersamaan Keluarga

Waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga yang tidak akan pernah bisa terulang kembali. Maka sesibuk-sibuknya kalian bekerja mencari uang luangkanlah sedikit waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Menghabiskan waktu bersama keluarga itu merupakan sebuah momen yang sangat berharga dan tak ternilai harganya. Dengan berkumpul bersama keluarga akan menambah rasa cinta kasih dan keharmonisan rumah tangga.

10. Lakukan sholat 5 waktu

Melakukan sholat 5 waktu merupakan hal yang wajib dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan bagi setiap orang muslim. Sholat juga merupakan salah satu kunci agar rumah tangga tetap harmonis.

Sholat merupakan cara mediasi antara manusia dengan Allah. Kita bisa mengadu kepada Allah tentang keluh kesah yang kita alami melalui doa. Dengan melakukan sholat akan membuat kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT dan hati akan menjadi lebih tentram.

Jangan sampai meninggalkan sholat lima waktu agar rumah tangga tetap harmonis. Sebagai seorang imam didalam keluarga ajak istri beserta keluarga untuk menjalankan sholat 5 waktu.

Kebahagiaan yang cukup sederhana dimulai dari keharmonisan dalam rumah tangga.  Sehingga anda perlu membangunnya dengan hati yang penuh cinta dan kasih sayang. Itulah 10 tips membangun keluarga yang harmonis menurut ajaran islam yang benar dan tepat. Semoga bermanfaat bagi yang sudah menikah atau yang akan melangsungkan pernikahan secara islam agar terwujud keluarga yang harmonis.

JADILAH YANG PERTAMA BERKOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*