6 Keunggulan Daihatsu Xenia yang Perlu Anda Ketahui !

  • Whatsapp
Keunggulan Daihatsu Xenia
Source img rentalmobilbali.net

Daihatsu memang tidak pernah ketinggalan dalam meluncurkan beberapa produk andalannya. Tak terkecuali dengan Daihatsu Xenia, yang bisa dibilang sebagai mobil keluarga terlaris di sepanjang 1 dekade ini. Namun tentunya, sebagai calon pengguna mobil ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa keunggulan Daihatsu Xenia ini. Sehingga Anda bisa lebih yakin untuk memiliki salah satu mobil impian keluarga Indonesia ini.

Keunggulan Daihatsu Xenia dari Masa ke Masa

Daihatsu Xenia merupakan mobil keluaran Astra Daihatsu Motor. Bisa dibilang, mobil dengan jenis MPV ini memang dirancang secara khusus sebagai mobil keluarga. Dimana dengan ruang kabin yang lumayan luas, memungkinkan mobil ini bisa mengangkut anggota keluarga dengan jumlah maksimal antara 7-9 orang.

Belum lagi dengan tenaga yang mumpuni untuk sekelas family car, dan juga mobil dengan penggunaan bahan bakar yang super irit, menjadikan Daihatsu Xenia sering dijadikan pilihan bagi keluarga yang senang traveling, ataupun bepergian ke luar kota.

Daihatsu Xenia mulai diperkenalkan pada tahun 2004. Merupakan mobil MPV dengan jenis yang hampir sama dengan Toyota Avanza. Karena kedua mobil ini memang diproduksi oleh produsen yang sama, yaitu Astra Daihatsu Motor yang bekerjasama dengan Toyota Astra Motor.

Hanya saja, untuk pemasarannya, menggunakan nama merk yang berbeda. Diantaranya Daihatsu Xenia yang dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor, serta Toyota Avanza, yang dipasarkan oleh Toyota Astra Motor.

Meskipun demikian, untuk membedakan antara keduanya, maka disematkanlah beberapa fitur tambahan pada kedua mobil tersebut. Tentunya, kedua peminat dari mobil ini memiliki alasan tersendiri untuk memilih mobil pilihannya masing-masing, bukan?

Daihatsu Xenia Telah Diluncurkan Berapa Generasi?

Hingga kini, Daihatsu Xenia telah diluncurkan sebanyak 2 generasi. Dimana Daihatsu Xenia generasi pertama diluncurkan poada periode tahun 2004 hingga 2011 yang lalu. Sedangkan untuk generasi kedua, diluncurkan pada tahun 2011 hingga sekarang ini.

1. Generasi Pertama

Untuk Daihatsu Xenia pertama ini diproduksi dengan 3 tipe sekaligus, yaitu tipe Mi, Li, dan juga tipe Xi. Apa saja yang membedakan dari ketiga tipe ini? Ini dia rinciannya!

  • Tipe Mi terdiri dari kapasitas 1.0 liter, namun belum memiliki power steering, dan velg masih menggunakan velg besi yang tertutup dop
  • Tipe Li, memiliki kapasitas mesin sebesar 1.0 liter, namun telah memiliki power steering. Sedangkan velg-nya telah dilengkapi dengan velg alumunium, serta memiliki spion elektrik
  • Tipe Xi, merupakan tipe dari mobil Daihatsu Xenia generasi pertama dengan kapasitas mesin 1.3 liter, dengan velg racing yang beraksen chrome, serta adanya spion elektrik

2. Generasi Kedua

Generasi kedua dari Daihatsu Xenia, yang diluncurkan sejak tahun 2011 ini diproduksi dengan 4 tipe, yaitu :

  • Tipe 1.0 D, yang merupakan Daihatsu Xenia standar, dengan kapasitas mesin sebesar 1000cc
  • Tipe 1.0M, untuk ukuran mobil Xenia 1000cc, namun dengan spek tertinggi
  • Tipe 1.3X, sebagai mobil Daihatsu Xenia dengan 1.300cc, namun masih dalam spek standar, serta
  • Tipe 1.3R, dengan 1.300cc, serta spek tertinggi di kelasnya

Bukan hanya dengan tipenya saja yang berbeda, peluncuran generasi kedua dari Daihatsu Xenia ini juga ditandai dengan adanya AC blower ganda, dan sejumlah fitur tambahan lainnya. Belum lagi, dengan adanya facelift baru yang diluncurkan dari generasi kedua ini, membuat Daihatsu Xenia menjadi lebih powerful dan dinamis.

Contohnya dengan adanya Great New Xenia, dan juga Grand New Xenia. Dimana Great New Xenia terdiri dari 4 tipe utama. Diantaranya 1.0M deluxe, 1.3X deluxe, 1.3R deluxe serta tipe 1.3R custom. Sementara untuk Grand New Xenia terdiri dari tipe 1.3X dan juga tipe 1.3R.

Keunggulan dan Kelebihan dari Daihatsu Xenia

Jika dibandingkan dengan mobil keluaraga lainnya, keunggulan Daihatsu Xenia ini terletak pada beberapa fiturnya. Meskipun demikian, ada beberapa keunggulan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih mobil MPV yang satu ini. Diantaranya :

  • Desain yang simpel, namun terkesan elegan dan modern
  • Penggunaan bahan bakar yang terbilang irit
  • Ruang kabin yang luas dan nyaman
  • Harganya yang terbilang murah
  • Cara perawatannya yang terbilang mudah, serta
  • Dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Seperti power window, AC, Audio 1DIN, dan sebagainya

Tips Merawat Mobil Daihatsu Xenia

Meskipun Anda membeli mobil Daihatsu Xenia baru, namun tak ada salahnya jika Anda selalu merawat mobil Anda tersebut. Selain mobil bisa tetap awet, merawat mobil juga bisa menghindarkan mobil Anda dari sejumlah kerusakan.

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat mobil Daihatsu Xenia ini? Berikut ini adalah langkah-langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan. Diantaranya :

1. Mengganti Oli Secara Rutin

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam merawat mobil Daihatsu Xenia ini yaitu dengan melakukan penggantian oli secara berkala (rutin). Baik itu untuk oli pada gardan mesin, maupun pada persneling.

Dengan penggantian oli secara rutin ini akan membuat mobil Anda bisa berakselerasi dengan ringan. Bukan hanya itu saja, penggantian oli secara rutin ini juga secara tidak langsung bisa menghemat bahan bakar. Pada umumnya, penggantian oli ini sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan hingga 12 bulan sekali.

2. Jangan Lupa untuk Selalu Memeriksakan Tie Root, Leher Roda Roda dan dan Juga Ball Join

Sama halnya dengan memeriksakan body dan juga mesin dari mobil Daihatsu Xenia Anda, memeriksakan kaki-kaki pada mobil juga bisa menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Terutama pada tie root, leher  roda dan juga ball join. Mengingat kaki-kaki inilah yang akan membuat mobil bisa bergerak stabil.

Jika ternyata kaki-kaki pada mobil Anda tiba-tiba berbunyi, maka mungkin saja salah satu dari ketiga komponen tersebut tengah dalam masalah. Maka dari itu, segera periksa tie root, leher roda dan juga ball join. Bila perlu, Anda bisa membawa mobil Daihatsu Xenia Anda ke tempat servis, jika hal ini tidak bisa Anda atasi sendiri.

3. Lakukan Perawatan di Tempat Servis Resmi Secara Rutin

Selain melakukan perawatan sendiri, ada baiknya agar Anda selalu membawa mobil Daihatsu Xenia yang Anda miliki ke tempat servis resmi, untuk dilakukan perawatan secara berkala. Setidaknya hingga mobil telah menempuh perjalanan antara 10 ribu hingga 20 ribu kilometer.

4. Bersihkan Interior Hingga Plavon Mobil

Meskipun mobil jarang Anda gunakan, namun ada baiknya untuk selalu merawat dan juga memelihara kebersihannya. Terutama pada bagian dalam mobil (interior), seperti kaca, dashboard serta bagasi mobil. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa dan membersihkan plavon mobil Daihatsu Xenia Anda.

Demikian penjelasan mengenai keunggulan Daihatsu Xenia, serta tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil keluarga keluaran Daihatsu ini. Dengan menyimak ulasan diatas, tentunya Anda kini tak ragu lagi untuk segera membeli mobil Daihatsu Xenia ini, bukan? Apalagi jika Anda memang menginginkan sebuah mobil keluarga yang nyaman, dan irit bahan bakar. Maka sudah pasti, Daihatsu Xenia jawabannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − seven =