IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Banjir menyebabkan beberapa mobil terendam air. Hal itu menjadi kabar yang menyedihkan bagi pemilik mobil.

Pasalnya, mobil yang terendam banjir biasanya akan mengalami banyak masalah terutama pada sektor mesin.

Selain mesin yang mogok, rupanya genangan air juga bisa menyebabkan komponen lain bermasalah seperti kompresor AC.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan kompresor AC bisa rusak karena terendam air, meski bukan komponen elektrik.

“Air tidak hanya merusak komponen yang ada bagian elektriknya, tapi mekanisme komponen yang berputar juga bisa rusak karena terendam banjir, seperti kompresor AC,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022).

Dia mengatakan rusaknya kompresor bukan karena arus listrik yang tidak sampai, tapi lebih ke mekanismenya.

“Bisa saja dari arus listriknya, tapi itu mudah saja karena jika terjadi korsleting dari tergenangnya kompresor AC masalahnya hanya satu kabel yang menuju kompresor, tinggal periksa fuse-nya,” ucap Agus.

Justru dia mengatakan air bisa membuat mekanisme kompresor macet. Hal itu tentu saja membuat AC mobil menjadi tidak dingin.

“Beberapa kali menjumpai, kompresor macet, setelah diperiksa riwayatnya mobil belum lama mengalami kebanjiran, jadi puli kompresor bisa benar-benar macet, bahkan bisa sampai bikin mobil mogok karena mesin tidak mau berputar,” ucap Agus.

Dia menjelaskan putaran mesin akan selalu berbarengan dengan putaran puli, sehingga ketika ada puli yang macet maka putaran mesin akan terganggu, ada yang sampai mogok, ada juga yang masih bisa menyala tapi drive beltnya yang terbakar.

“Jika puli kompresor macet, mobil mogok atau drive belt yang bau gosong atau terbakar karena slip,” ucap Agus.

Dia mengatakan meski kompresor AC rusak karena banjir, biasanya tidak sampai harus ganti kompresor satu gelondong.

“Rusaknya hanya di magnetic clutchnya saja kalau disebabkan dari banjir, beberapa mobil sih ada yang bisa diganti magnetic clutchnya saja, tapi ada juga yang mengharuskan ganti satu gelondong,” ucap Agus.

Dia menjelaskan bila puli sudah macet biasanya fisiknya sudah cacat, bisa karena sudah tidak presisi atau berubah wujud akibat gesekan yang tidak diinginkan ketika macet terjadi.

Jadi, bila kompresor AC terendam banjir bisa membuat mekanisme puli kompresor yang ada pada magnetic clutch rusak, tidak presisi dan macet.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”