IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 7, 2023

idwarta.com – jungan wisatawan ke sejumlah wisata pantai di kawasan Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menurun drastis akibat banjir bandang yang terjadi sepekan sebelumnya.

“Kami belum tahu persisi data resminya. Tapi angka kunjungan (wisatawan) yang pasti turun drastis, bisa lebih dari 50 persen,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, dikutip dari Antara, Senin (17/10/2022).

Ia menerangkan bahwa penurunan jumlah kunjungan wisatawan terasa pada akhir pekan, tepatnya pada 15-16 Oktober 2022.

Biasanya jumlah kunjungan wisatawan pada hari Sabtu dan Minggu sekitar 2.500-3.500 orang, namun pada akhir pekan setelah banjir bandang jumlahnya menjadi kurang dari 1.500 orang.

Menurut salah satu warga di Trenggalek, Masfla, sebagian besar pengunjung yang datang adalah warga yang ingin melihat dampak banjir.

“Akses jalan tertutup banjir masih menutup jalur-jalur menuju obyek-obyek wisata pantai yang ada di sini,” kata Masfla.

Untuk diketahui, kawasan Teluk Prigi memiliki beragam daya tarik wisata, antara lain Pantai 360 atau Pantai Prigi dan Pantai Mutiara.

Adapun banjir bandang juga berdampak terhadap jumlah kunjungan di tempat wisata lainnya, di antaranya Goa Gong dan Pantai Cengkrong.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”