Ingin Tahu, Apa Itu Kuota Aplikasi Edu?

  • Whatsapp
Kuota Aplikasi Edu Untuk Dunia Pendidikan di Indonesia

Apa itu kuota aplikasi Edu – Di tengah masa pandemi covid-19, kini aktifitas belajar mengajar di lakukan serba online. Sehingga akhirnya pemerintah meluncurkan program bantuan kuota gratis untuk para mahasiswa, siswa, dan tenaga pengajar.

Dengan adanya bantuan kuota gratis dari pemerintah, sangat membantu sekali dalam dunia pendidikan yang serba online.

Bacaan Lainnya

Karena kegiatan belajar dan mengajar saat pandemi di lakukan secara online, dan tentunya membutuhkan banyak sekali kuota internet.

Bahkan para orang tua sangat mendukung sekali progam itu, sebab menjadi lebih meringankan beban untuk beli kuota dari provider masing-masing. Misalnya paket kuota telkomsel, indosat, axis dan lain sebagainya.

Apa itu Kuota Aplikasi Edukasi

Kuota aplikasi edukasi ini adalah program bantuan kuota internet gratis dari pemerintah yang di tunjukan kepada pelaku dunia pendidikan. Seperti guru, siswa, dosen, mahasiswa.

Adapun kuota edukasi ini terbagi menjadi dua bagian di antaranya kuota aplikasi dan kuota umum.

Untuk kuota umum ini bisa di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan akses website atau aplikasi. Namun untuk kuota aplikasi hanya bisa di pakai pada beberapa aplikasi pembelajaran saja. Misalnya RuangGuru, Edmodo, Zenius dan lain sebagainya.

Apa Saja Website atau Aplikasi yang Bisa di Akses oleh Kuota Aplikasi Edu?

Perlu anda ingat bahwa tidak semua aplikasi maupun website pembelajaran dapat di akses memakai kuota aplikasi edukasi yang di berikan pemerintah.

Sebab pemerintah telah memilih beberapa website atau aplikasi yang bisa menggunakan kuota aplikasi edukasi tersebut. Di antaranya sebagai berikut :

Aplikasi

Adapun kuota aplikasi dari pemerintah hanya bisa mengakses Google Classroom, RuangGuru, Zenius, Edmodo, Quipper, Microsoft Education, WhatsApp dan Duolingo.

Website

Sedangkan untuk website kemendikbud yang bisa menggunakan kuota aplikasi edukasi ini hanya beberapa saja. Misalnya pijarsekolah.id, kelaspintar.id, icando.co.id, dan cambridgeenglish.org.

Website Kampus

Ada sekitar 401 website kampus yang bisa menggunakan kuoata aplikasi edu. Anda bisa cek pada laman website resminya di https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Video Conference

Sedangkan untuk layanan video conference yang bisa di akses menggunakan kuota aplikasi edu adalah Zoom, Google Meet, U Meet Me, dan Cisco Webex.

Baca juga : Bingung Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya

Berapa Kuota Aplikasi Edu yang di dapatkan?

Nah bagi anda yang ingin tau berapa sih kuota aplikasi edu yang di berikan oleh pemerintah di setiap jenjang pendidikan. Berikut ulasannya.

  • PAUD 20GB/bln (5GB umum dan 15GB kuota aplikasi).
  • SD, SMP, SMA 35GB/bln (5GB umum serta 30GB khusus kuota aplikasi).
  • Guru 42GB/bln (5GB umum dan 37GB kuota aplikasi).
  • Mahasiswa dan Dosen 50GB/bln (5GB umum serta 45GB untuk kuoata aplikasi.

Itulah penjelasan mengenai apa itu kuoata edu, jumlah kuota yang di berikan serta aplikasi atau website apa saja yang bisa di akses. Semoga bermanfaat, jangan lupa belajar meski pandemi belum usai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − sixteen =