Bingung Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya

Alasan Kenapa Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Di gunakan – Belakangan ini di tahun 2021, pemerintah telah membagikan paket kuota kemendikbud serentak di seluruh penjuru Nusantara. Dengan bantuan kuota internet gratis ini sangat bermanfaat sekali dan di sambut positif oleh semua masyarakat.

Namun beberapa waktu ini ada yang mengeluh saat menerima paket kuota kemendikbud. Mulai dari lemot hingga tidak bisa di gunakan secara tiba-tiba. Sehingga banyak orang bertanya, kenapa kuota kemendikbud tidak bisa di gunakan?

Untuk itu mari simak penjelasan penyebab kuota kemendikbud tidak bisa di pakai, lengkap dengan cara mengatasinya secara mudah dan benar.

Alasan Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Di Pakai

Ada beberapa penyebab kuota kemendikbud tidak dapat di gunakan oleh penerima alias pelajar maupun guru, di antaranya sebagai berikut :

Akses Aplikasi Yang Di Blokir Kemedikbud

Perlu anda ketahui sebenarnya ada beberapa aplikasi yang di blokir oleh kemendikbud, sehingga menyebabkan kuota kemendikbud tidak bisa di pakai saat akses aplikasi tersebut.

Jadi jangan mengeluh apabila tidak bisa akses aplikasi di luar ketentuan kemendikbud, internet jadi lemot bahkan hanya loading terus tampilannya.

Pakai VPN

Penggunaan VPN juga termasuk dalam penyebab kuota kemendikbud menjadi lebih lemot. Bahkan tidak bisa di akses sama sekali. Maka solusinya hindari penggunaan VPN pada smartphone milikmu agar kuota gratis pemerintah itu bisa di gunakan selayaknya.

Masalah Jaringan HP

Ternyata masalah jaringan pada HP bisa berimbas pada kuota gratis dari pemerintah tidak bisa di gunakan. Meski sebenarnya sisa kuota masih cukup banyak.

Kuota Kemendikbud Habis

Nah bagi anda yang sering menggunakan paket data untuk akses layanan. Dan tiba-tiba di bingungkan oleh paket kuota kemendikbud tidak bisa di gunakan?

Untuk itu cobalah cek kuota paket internet gratis tersebut pada provider masing-masing. Jadi apabila terbukti kuota sudah habis jadi ya benar saja tidak bisa di pakai.

HP Error

Penyebab lain kuota kemendikbud tidak bisa di gunakan ialah masalh pada smartphone anda. Bisa jadi HP rusak atau tidak bisa di pakai untuk menjalankan aplikasi atau akses internet, meskipun gratis sekalipun.

Cara Mengatasi Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Di Gunakan

Dari ulasan di atas mengenai penyebab terjadinya kuota internet gratis dari pemerintah tidak bisa di gunakan. Pada kesempatan kali ini beralih pada cara mengatasi kuota kemendikbud tidak bisa di gunakan. Di antaranya sebagai berikut :

Tidak Membuka Aplikasi Yang Di Blokir Kemendikbud

Agar masalah kuota gratis bisa teratasi alangkah baiknya hindari pemakaian aplikasi yang di blokir oleh kemendikbud. Sehingga apabila ingin akses aplikasi cobalah pakai wifi gratis.

Pindah Lokasi Internetan

Apabila di lokasi anda saat ini minim sekali jaringan. Sebaiknya pindah ke tempat lain yang memiliki jaringan operator yang lebih bagus dan lancar.

Hindari atau Matikan VPN

Salah satu alternatif dalam mengatasi kuota kemendikbud tidak bisa di gunakan ialah dengan cara mematikan VPN atau hindari penggunaan VPN saat mau berselancar internet. Terlebih akses aplikasi yang di izinkan oleh pemerintah.

Coba Mode Pesawat

Apabila terjadi error saat mau cek kuota kemendikbud. Solusinya cukup dengan menyalakan mode pesawat di HP selama kurang lebih 5 menitan. Kemudian hidupkan kembali HP yang di mode pesawat, lalu coba cek lagi sisa kuota kemendikbud.

Restart HP

Apabila mode pesawat tidak bisa selesaikan masalah terkait, kenapa kuota kemendikbud tidak bisa di gunakan. Maka Solusi lainnya ialah dengan melakukan restart HP.

Pindahkan Kartu Perdana

Adapun jika cara atau solusi di atas masih tetap tidak bisa mengatasi kuota kemendikbud. Cobalah untuk pindahkan kartu perdana SIM ke HP lain yang smartphone. Bukan HP jadul loh ya.

Kesimpulan

Mungkin seperti itulah ulasan mengenai kenapa kuota kemendikbud tidak bisa di gunakan, dan lengkap dengan cara mengatasinya secara mudah.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *