3 Penyebab dan Cara Mengatasi Lokasi Tidak Muncul di Google Maps

  • Whatsapp
3 Penyebab dan Cara Mengatasi Lokasi Tidak Muncul di Google Maps

Bagi Anda yang pernah mendaftarkan tempat usaha di Google Maps, mungkin Anda pernah mengalami mengenai lokasi tidak muncul di Google Maps. Hal ini bisa saja terjadi, bukan hanya pada diri Anda saja. Karena ada banyak pemilik usaha lainnya yang mungkin mengalami masalah yang sama.

Meskipun demikian, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Anda bisa melakukan cara-cara dibawah ini untuk membuat lokasi tempat usaha Anda bisa tampil dan muncul di Google Maps. Hanya saja, sebelum melakukannya, Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

Penyebab dan Cara Mengatasi Lokasi Tidak Muncul di Google Maps

Penyebab Lokasi Tidak Muncul di Google Maps

Sebenarnya ada banyak penyebab mengapa akhirnya lokasi tempat usaha yang telah Anda daftarkan sebelumnya tidak muncul di Google Maps. Beberapa penyebab tersebut diantaranya :

1. Lupa Menulis Deskripsi dan Kategori Tempat Usaha 

Lokasi tempat usaha yang tidak muncul di Google Maps mungkin saja terjadi, karena Anda lupa menulis kategori serta deskripsi mengenai lokasi tempat usaha ini tidak spesifik. Karena sebagaimana diketahui, saat Anda mendaftarkan tempat usaha di Google Maps, tentunya Anda akan diminta untuk memasukkan data-data.

Salah satunya mengenai deskripsi hingga kategori dari tempat usaha yang Anda miliki. Misalnya, toko baju, cafe, toko mainan, dan yang lainnya. Nah, bisa jadi, lokasi tempat usaha yang Anda miliki tersebut tidak muncul di Google Maps, karena Anda lupa menuliskan kategori/deskripsi tersebut.

Bagaimana cara mengatasinya? Tentunya dengan melakukan pengeditan pada lokasi tempat usaha di Google Maps, serta menambahkan deskripsi, kategori, hingga keterangan lainnya yang berkaitan dengan tempat usaha Anda tersebut.

2. Belum Mendapatkan Verifikasi Atau Klaim Listing dari Pihak Google          

Meskipun Anda telah mendaftarkan lokasi tempat usaha Anda di Google Maps, namun hal ini tidak secara langsung bisa membuat lokasi tersebut muncul di Google Maps. Lantas berapa lama alamat muncul di google maps? Ini juga harus Anda ketahui karena fungsi Google dalam meninjau/melakukan review, apakah lokasi tersebut layak untuk dimunculkan di Google Maps ataukah tidak.

Jika memang kejadiannya seperti ini, maka tak ada cara lain selain menunggu hingga proses verifikasi selesai, dan Anda mendapatkan klaim listing dari Google. Barulah jika dalam waktu 1 minggu tersebut, Anda tidak menerima verifikasi sama sekali, maka Anda bisa mengajukan keluhan ke pihak Google di laman https://support.google.com.

3. Membutuhkan Kontribusi/Masukan Lainnya dari Pemilik Usaha

Kontribusi disini yaitu beberapa tambahan informasi mengenai tempat usaha yang Anda daftarkan di Google Maps. Seperti gambar dan foto, review dari pelanggan, informasi mengenai rute yang harus dilalui untuk sampai ke lokasi, menu ataupun produk yang dijual, perkiraan list harga, dan yang lainnya.

Untuk mengatasi lokasi tidak muncul di Google Maps karena hal ini yaitu bisa dilakukan dengan melakukan pengeditan informasi pada tempat usaha tersebut. Maupun dengan melakukan penambahan gambar-gambar serta foto-foto yang menarik.

Demikian informasi mengenai penyebab hingga cara mengatasi lokasi tidak muncul di Google Maps ini. Jika Anda sudah tahu cara mendaftarkan alamat di google maps lewat hp dan tidak terdaftar maka bisa ikuti langkah di atas. Jadi, meskipun masalah ini seringkali terjadi, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengatasinya. Tentunya dengan mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya, barulah melakukan cara-cara yang telah dijelaskan diatas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =