IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 4, 2023

idwarta.com – Mencerahkan atau secara alami memiliki banyak keunggulan.

Selain hasilnya cukup efektif, penggunaan beberapa juga tidak memiliki efek samping jika digunakan dalam jangka panjang.

Sejauh ini para peneliti telah mengungkapkan ada beberapa bahan alami yang secara ampuh bisa membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak glowing dan lebih bersinar.

Bahan alami yang bisa memutihkan wajah

Sejumlah bahan berikut ini memiliki kandungan yang dapat membantu secara alami.

Di antaranya adalah madu, tomat dan beberapa bahan lainnya yang cukup mudah kita temukan.

Beberapa bahan yang dimaksud secara umum mengandung vitamin C, antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasi yang berkhasiat untuk menjaga dan merawat kulit.

Seperti dilansir The Health Site, berikut enam bahan natural yang dapat membantu memutihkan kulit wajah.

1. Susu murni

Bahan alami ini dapat digunakan sebagai pembersih wajah dan kulit secara keseluruhan. mengandung asam laktat, vitamin A, D, E, K serta protein.

Asam laktat bertindak sebagai bahan eksfoliasi secara lembut yang bisa membantu membuang sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam.

Namun untuk hasil yang maksimal, susu murni yang digunakan lebih baik yang masih dalam keadaan mentah atau belum diproses.

Cara memanfaatkannya juga cukup mudah, susu murni tersebut bisa dioleskan ke wajah menggunakan kapas dan biarkan mengering sekitar 15 menit.

Setelah itu bilas wajah dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan secara rutin seperti kita menggunakan cleanser biasa.

2. Yogurt

Selain susu murni, produk turunan susu lain yang bisa dimanfaatkan dalam adalah yogurt.

Makanan yang terbuat dari hasil fermentasi ini bisa membantu mencegah munculnya jerawat serta komedo, karena khasiatnya dapat mengecilkan pori serta mencegah produksi sebum berlebihan.

Selain itu, sejumlah kandungan lain pada yogurt juga berkhasiat dalam mendukung pertumbuhan sel kulit yang baru.

Dengan kata lain, ketika yogurt digunakan dalam perawatan wajah yang rutin, maka manfaatnya dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan glowing.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yogurt tawar bisa dicampur dengan oatmeal, kemudian dijadikan masker wajah dan leher selama 10-15 menit.

Saat membilasnya, lakukan pijatan lembut di area wajah dengan gerakan melingkar untuk meluruhkan sel kulit mati.

3. Lidah buaya

Penggunaan gel buaya bisa menjadi cara efektif dalam memutihkan wajah karena efeknya yang mampu mendinginkan dan menenangkan kulit.

Ketika digunakan sebagai , sejumlah kandungan seperti anti-inflamasi dapat mengatasi jerawat, eksim, sunburn dan sejumlah masalah kulit lainnya.

Di samping itu, lidah buaya juga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan mendukung regenerasi sel kulit baru.

4. Madu

Selain sehat jika dikonsumsi, madu juga menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan wajah.

Cairan berwarna coklat dan manis ini memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan infeksi kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Madu juga kaya antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab kulit wajah kusam, menghidrasi kulit dan membuat tekstur kulit wajah menjadi lebih lembut.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam memutihkan wajah, madu dapat dicampur dengan lemon atau tomat untuk dijadikan masker wajah selama 20 menit.

Setelah itu bilas wajah sampai kering dan lakukan rutinitas ini secara rutin.

5. Pepaya

Buah pepaya kaya akan senyawa yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Tak heran jika di pasaran terdapat banyak produk perawatan wajah yang terbuat dari pepaya.

Buah dengan rasa oranye ini dapat bertindak sebagai eksfoliator alami yang bisa mengangkat sel kulit mati dan menutrisi kulit wajah.

Ketika digunakan untuk merawat wajah, kita dapat memilih buah pepaya matang yang haluskan dan dicampur air lemon untuk dijadikan masker wajah.

6. Tomat

dikemas dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Nutrisi tersebut mampu bertindak sebagai pencerah kulit alami.

Di samping itu tomat juga mengandung likopen yang dapat mencegah kerusakan sel kulit dan mencegah peradangan.

Menggunakan masker wajah yang terbuat dari tomat secara efektif telah terbukti dapat meningkatkan tone kulit, mengatasi kusam, bintik hitam, pigmentasi dan mengecilkan pori-pori.

Segera siapkan buah tomat segar dan haluskan, kemudian campur beberapa sendok teh madu dan diamkan di wajah selama 15 menit. Setelah itu masker wajah bisa dibilas dengan air hangat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”